A.

PENGERTIAN ATOM HIDROGEN
Atom Hidrogen merupakan atom paling sederhana yang terdiri dari satu proton sebagainukleus dan satu elektron yang mengitarinya.Persamaan Schrodinger untuk mendiskripsikangerak elektron relatif terhadap proton sehinggaenergi potensial sistem adalah energi potensial elektron yang terikat pada inti.Karena elektron mengorbit inti pada kulit yangberbentuk bola maka fungsi gelombang dan tingkat-tingkat energi elektron ditentukan berdasarkanpenyelesaian persamaan Schrodinger dengankoordinat bola.Hasil dari penyelesaian persamaan Schrodinger untuk atom Hidrogen dapat digunakan untuk menjelaskan teori atom menurut Bohr dan sebagai dasar teori atom secara umum.

B. PERSAMAAN SCHRODINGER ATOM HIDROGEN
Massa proton mp jauh lebih besar dibandingkan massa electron me. didalam pembahasan pada bab ini dilakukan penyederhanaan berupa asumsi proton diam di pusat koordinat dan electron bergerak mengelilinginya di bawah pengaruh medan atau gaya Coulumb. Pendekatan yang lebih baik dilakukan dengan memandang kedua pertikel proton dan electron berotasi di sekitar pusat massa bersama dengan yang berada di dekat pusat proton. Tetapi sekali lagi untuk penyederhanaan, efek ini diabaikan Karena proton dianggap diam, maka kontribusi energy system hanya diberikan oleh electron yaitu energy kinetic. dalam merumuskan persamaan Schrodinger untuk atom hidrogen,

diperlukan berbagai tahapan yang perlu diperhatikan agar dapat dipahami dengan jelas. Tahapyang pertama adalah merumuskan model dasar atom hidrogen, tahap berikutnya yaitumentransfer persamaan Schrodinger dari koordinat Cartesien ke dalam koordinat bola(polar). Tahap ini diperlukan karena energi potensial V merupakan fungsi dari jari- jari. Untuk menyelesaikan persamaan Schrodinger dari atom hidrogen diperlukansuatu metode pemisahan variabel, yaitu memisahmisahkan variabel yang sejenisuntuk dikelompokkan menjadi persamaan yang bebas.

1|Atom Hidrogen

m . bahwa dari penyelesaian persamaan Shcrodinger untuk atom hidrogen di dapat tiga bilangan kuantum yang dimaksud adalah bilangan n . m .Atom hidrogen terdiri dari sebuah elektron yang bermuatan negatip bermassa mo yang bergerak mengelilingi intinya.Model dasar atom hidrogen adalah sebagai berikut : 1.Inti atom adalah partikel bermuatan positip yang disebut proton dan massanya1.Elektron mengelilingi inti karena pengaruh gaya Coulomb dalam bentuk potensial C. dan untuk menunjukan ketergantungan fungsi i gelombang terhadap bilangan tersebut adalah Setiap pasangan dari bilangan kuantum (n. l dan .l ) akan menggambarkan suatu keadaan yang khusus dari atom hidrogen. Sebagai contoh. 2. 3. Bilangan Kuantum Telah di uraikan terdahulu. Pasangan Bilangan Kuantum N i m 1 0 0 1 2 0 0 4 1 -1 1 0 1 1 Jumlah pasangan yang di mungkinkan 2|Atom Hidrogen . berikut ini adalah tabel yang menggambarkan tentang beberapa keadaan kuantum.836 mo.

Hal ini berarti bahwa keadaan kuantum yang berbeda. jadi arahnya di tentukan oleh aturan tangan kanan. Bilangan kuantum orbital (l) Bilangan kuantum orbital l menentukan besarnya momentum sudut elektron. Energi kinetik elektron terdiri dari energi kinetik orbital yang di timulkan karena elektron mengelilingi inti dan energi kinetik radial yang di timbulkan oleh gerak elektron yang menjauhi atau mendekati inti . Arah vektor adalah tegak lurus bidang rotasional. E. 3. BilanganKuantum Magnetik (m) Karena momentum sudut L merpakan besaran vektor maka kecuali mempunyai besar juga di tentukan oleh arah. 3|Atom Hidrogen . tetapi yang memiliki bilangan kuantum utama sama akan memiliki energi total yang sama. Π dan h di masukan maka di dapatkan ternyata bahwa energi total dari ato hidrogen hanya tergantung dari bilangan kuantum utama n. 2.1. Bilangan Kuantum Utama (n) Dari persamaanenergi untuk elektron dalam atom hidrogren di rumuskan sebagai Jika harga m.

. menentukan spesifikasi arah L.. D.Maka akan terpengaruh jika ada medan magnit luar (B). ±l. (Kombinasi linear di atas belum saya normalisasi.) Cara yang sama kita lakukan untuk orbital d (ada lima fungsi gelombang. empat di antaranya fungsi kompleks). ±4. FUNGSI GELOMBANG ATOM HIDROGEN Fungsi gelombang elektron yang diberikan oleh persamaan Schödinger mengandung fungsi spherical harmonics yang membuat fungsi itu menjadi kompleks (ada bagian real dan imajiner) – kecuali fungsi gelombang untuk m = 0. ±3. Tentu saja hanya bagian real saja yang memiliki arti fisis...Gerak elektron dalam atom merupakan arus listrik dan memiliki dwi kutub. ±2. tidak memiliki bagian imajiner. Kita dapat menyingkirkan bagian imajiner dengan cara mengambil kombinasi linear dari fungsi-fungsi kompleks tersebut. Bilangan kuantum magnetik m1 yang berharga m1 = 0. dengan menentukan komponen L dalam arah medan B. Fungsi gelombang hidrogen yang tidak lagi memiliki bagian real disebut fungsi gelombang seperti-hidrogen. 4|Atom Hidrogen ...

febdian.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA http://diary.com/doc/95809452/Teori-Kuantum-atom-Hidrogen-ppt 5|Atom Hidrogen .colorado.wordpress.org/wiki/Atom_hidrogen http://kurniafisika.edu/in/simulation/hydrogen-atom http://www.net/2010/12/22/fungsi-gelombang-seperti-hidrogen/ http://id.scribd.com/2011/12/16/atom-hidrogen-mekanika-kuantum-dalam-tigadimensi-bagian-2/ http://phet.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful