PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN

DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG
JL. Raya Karangrayung – Juwangi Km. 1 Kec. Karangrayung, Kabupaten Grobogan

PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KURIKULUM TAHUN PELAJARAN 2013/2014
NO 1 JENIS PROGRAM PEMBAGIAN TUGAS GURU LATAR BELAKANG Program Kerja Bidang Kurikulum harus disusun setiap tahun ajaran dan atau setiap kali terjadi pergantian pegawai/guru TUJUAN Meningkatkan mutu pelaksanaan kegiatan akademik sehingga berjalan secara terarah, terpadu dan menyeluruh serta sesuai dengan Kalender Akademik SMAN 1 Karangrayung Meningkatkan gairah belajar bagi siswa dan semangat guru sehingga grrafik keberhasilan siswa dalam belajar meningkat. Proses belajar mengajar berjalan baik, lancar dan efektif. BENTUK KEGIATAN Menyusun Daftar: 1. Pembagian Tugas Mengajar Guru 2. Wali Kelas 3. Koord. Laboratorium 4. Koord. Perpustakaan 5. Koord. Mata Pelajaran 6. Guru Piket 7. Jam Mata Pelajaran per Kelas Menyusun Kalender Sekolah: 1. Waktu Belajar Efektif 2. Waktu Ulangan Bersama 3. Waktu Remedial Bersama 4. Waktu Pra US/UN, US/UN dan Praktik 5. Waktu Try Out 6. Waktu Penyerahan Nilai KETERANGAN Pembagian tugas guru sudah tersusun paling lambat satu minggu sebelum hari pertama masuk sekolah di tahun pelajaran baru.

2.

MENGATUR HARI EFEKTIF BELAJAR

Program Kurikulum perlu disusun ulang agar kegiatan akademik senantiasa sesuai dengan Kalender Pendidikan. Jumlah hari efektif belajar didata dan disusun sehingga proses belajar mengajar berlangsung penuh sepanjang tahun ajaran.

Agar Kalender Pendidikan termuat dalam Kalender Sekolah maka penyusunannya berkoordinasi dengan waka. Kesiswaan.

Daftar Nilai 2. MENYUSUN JADWAL MATA PELAJARAN Menyusun Jadwal Pelajaran untuk setiap semester Jadwal sudah harus diinformasikan kepada siswa dan guru sebelum hari pertama tahun ajaran baru . Pemahaman yang kurang bagi guru akan menghambat jalannya program.7. sasaran dan cara-cara untuk merealisasikannya. penggandaan yang dilakukan oleh pihak sekolah. Waktu Libur Sekolah NO 3. JENIS PROGRAM PEMBUATAN FORMAT PERANGKAT KELAS. Kelas Reguler/ Penjurusan Ketidakseimbangan ratio kemampuan akademik dan kepribadian bagi siswa dalam menempatkan kelas dapat berakibat pada ketidakharmonisan kelas sehingga dapat mengganggu proses belajar mengajar. ADMINISTRASI PEMBELAJARAN GURU LATAR BELAKANG Dari beberapa evaluasi tentang perangkat pembelajaran guru. kurikulum Pola pelaksanaan pembelajaran/ akademik terkadang meangalami penyempurnaan dlam rangka menyelaraskan dengan perkembangan IPTEK ataupun potensi siswa/lingkungan. Pedoman pelaksanaan remedial 5. Catatan Mengajar Guru. KENAIKAN KELAS 6. 4. Daftar hadir Siswa 3. BENTUK KEGIATAN Pembuatan Format: 1. Ped. Waktu Pembagian Rapor 8. pembelajaran belum efektif. PENYUSUNAN ANGGOTA KELAS a. TUJUAN Terciptanya efisiensi dan efektifitas karena semua bahan yang diperlukan sesuai dengan yang dikehendaki oleh guru Terciptanya efektifitas guru dalam melaksnakan pembelajaran sehari-hari Guru memiliki pemahaman yang baik tentang system pelaksanaan setiap program akademik yang sedang berjalan. Menyusun anggota kelas 6.dll. Penyampaian Informasi tentang program akademik. beberapa bahan tidak digunakan oleh guru karena bentuk/format ketinggalan zaman. Sehingga nantinya. SOSIALISASI SISTEM AKADEMIK Disampaikan bertepatan dengan pemberian informasi tentang Pembagian Tugas Mengajar 5. KETERANGAN Diserahkan kepada guru selambat-lambatnya minggu pertama jam mengajar. Tugas dan Kewajiban Guru 4. formtnya ditentukan oleh bid. Keterlambatan menyelesaikan Jadwal Pelajaran menjadikan suasana disekolah pada awal tahun ajaran sangat tidak tertib dan tidak kondusif Menciptakan kelas yang seimbang antara kelas yang satu dengan yang lain sehingga lebih mudah bagi siswa dalam mengikuti proses belajar atau kegiatan yang lain. Menghapus kesan bagi siswa maupun guru bahwa mingguminggu pertama awal tahun ajaran.

Memperluas wawasan guru dan siswa tentang muatan konsep kurikulum. Life Skill e. Menyusun konsep yang baik untuk mencegah terjadinya kekosongan belajar bagi siswa sekalipun guru berhalangan mengajar Rapat kerja guru untuk mengkaji perlu tidknya melakukan perubahan jumlah hari belajar dalam satu minggu Kepada siswa dapat disampaikan saat Upacara atau kesempatan-kesempatan lain. TUJUAN Menumbuhkan minat belajar yang tinggi pada siswa dan meningkatkan semangat mengajar bagi guru Memberikan dorongan/motivasi kepada siswa untuk mengikuti pelajaran dengan sebaikbaiknya Agar pembelajaran Lebih kondusif di dalam ruang kelas. MPMBS d. Mastery Learning f. PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN MANAJEMEN SEKOLAH Kurikulum dan manajemen sekolah senantiasa akan terus berkembang baik konsep maupun persepsi pengambil kebijakan dalam dunia pendidikan. Rapat Dinas Guru dan Pegawai Alternatif sementara: mengefektifkan tugas guru piket untuk menayangkan berbagai obyek sesuai dengan matapelajarannya. BP/BK dalam mengatasi masalah siswa ini. seperti: a. 7. PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Menyusun startegi dan kiat agar siswa tidak keluar kelas saat PBM berlangsung dan tidak terlambat saat jam pertama pada awal hari belajar Ada beberapa guru yang meninggalkan kewajiban mengajarnya karena sesuatu hal. KTSP c. Kurang efektifnya pelaksanaan Program Sabtu Pagi pada TP. Kesiswaan. Selain itu penyempurnaan kurikulum tetap akan mengacu pada perkembangan IPTEK dan kebutuhan siswa. 2006/2007 8. Menciptakan kondisi yang tidak pernah ada jam kosong bagi siswa sekalipun ada guru yang berhalangan Mengefektikan kembali 6 hari belajar. Banyaknya siswa yang terlambat pada saat jam pertama pada setiap harinya. Bagi Guru Kegiatan tersebut termasuk dalam kategori: PENYEGARAN . KBK b.NO JENIS PROGRAM LATAR BELAKANG Penyusunan jadwal pelajaran yang tidak strategis dan kurang akomodatif akan mengganggu pelaksanaan tugas guru Masih banyak siswa yang keluar pada waktu jam pelajaran sedang berlangsung dengan berbagai alasan. Kepada Guru dapat disampaikan melalui: a. Konsep Kelas Unggul BENTUK KEGIATAN KETERANGAN Hari mengajar bagi guru tetap diupayakan selama 5 hari dalam seminggu dan 1 hari untuk kegiatan MGMP/MGMS Berkoordinasi dengan waka. sebab siswa yang masuk setelah mendapatkan izin masuk sangat mengganggu konsentrasi baik siswa maupun guru.

Kurikulum Dilaksanakan di akhir semester. Beberapa Kegiatan yang dilakukan: 1. PROGRAM PENYIAPAN SISWA DALAM KOMPETISI AKADEMIK . terprogram dan terarah. Ulangan Mid Semester c. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang Penyusunan Jadwal:” 1. Konsep Kelas Akselerasi h. Evaluasi harus disikapi sebagai bentuk kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembelajaran. Menyiapakan para siswa yang selalu siap dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan diluar sekolah 2. Ulangan Bersama Akhir Semester d. Class meeting dlam bidang Akademik (lomba matapelajaran. kesiswaan 11. cara mengajar dapat diterima dengan baik oleh siswa ataupun tidak. Ujian Praktek f. pengelola dan pelatihan yang berkesinambuangan.NO JENIS PROGRAM LATAR BELAKANG TUJUAN g. Dari momen ini guru akan dapat menemukan apakah metode. Berkoordinasi dengan waka. Kurikulum dengan Koord Mata Pelajaran Menugaskan guru untuk mengikuti Diklat atau kegiatan yang berkaitan dengan bidang tugasnya KETERANGAN 9. Nilai ulangan Blok disampaikan kepada Waka. EVALUASI KBM Evaluasi KBM bukan merupakan suatu rutinitas belaka. 1. Melaksanakan evaluasi KBM bagi peningkatan mutu belajar siswa dan kemampuan guru dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik Evaluasi dilakukan dalam bentuk: a. Dibentuk suatu tim. tehnik. Pembelajaran Remedial 2. PROGRAM REMEDIAL Pelayanan kepada siswa dalam bentuk pengulangan kembali pada beberapa SK/KD yang belum dituntaskan oleh siswa berjalan kacau bila waktu pelaksanannya ditentukan oleh guru masing-masing. Prestasi siswa dalam bidang akademik masih sangat kurang. sedangkan mereka memiki potensi yang dapat dikembangkan Memberikan kesempatan kepada setiap siswa yang belum menuntaskan beberapa SK/KD dalam bentuk pembelaran dan ulangan remedial. Dll. debate dan pidato bahasa inggris) Ulangan harian dilakuan oleh guru minimal 4 kali dalam satu semester. Pelaksanaan Ulangan Umum akan dibentuk dalam suatu panitia dan langsung dibawah koordinasi waka. Pra US/UN e. Ujian Remedial Pada masing-masing tingkatan kelas. berkoordinasi dengan Waka. Disamping itu melalui kegiatan ini guru akan mendapatkan data-data tentang tingkat penguasan materi yang diterima oleh siswa. Ulangan Harian b. IHT c. BENTUK KEGIATAN b. US/UN 10. Kurikulum untuk diinformasikan kepada orang tua siswa sekurangkurangnya dua kali setiap semester. Kesiswaan agar Program Class meeting berjalan dengan baik. Try Out g. Raker Waka.

Mengenalkan secara langsung obyek. Meningkatkan peringkat Sekolah dalam bidang pencapaian Prestasi Akademik BENTUK KEGIATAN 2. 1. 13. Melalui Les siswa diharapkan dapat: 1. OBSERVASI MATA PELAJARAN Menyeimbangkan pembelajaran di dalam kelas dengan realita yang ada dimasyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah untuk disampaikan kepada anak didik. bendabenda ataupun situs-situs sejarah. Pembentukan Tim Olympiade yang permanent KETERANGAN 12.NO JENIS PROGRAM LATAR BELAKANG TUJUAN sehat dikalangan siswa SMA Negeri 1 Karangrayung. Dalam rangka mentransfer materi pembelajaran dikelas sehingga para siswa dapat menerapkan aplikasi ilmu yang diterima saat belajar di kelas. PROGRAM BELAJAR TAMBAHAN KELAS XII Hasil Ujian Nasional di Propinsi Jawa Tengah secara umum bila dilihat dari sisi kualitas masih tertinggal dengan propinsi-propinsi lain di Indonesia. Berkoordinasi dengan seluruh waka. Menyerasian dan menyelaraskan antara pembelajaran didalam kelas dengan realita atau keadaan masyarakat yang sebenarnya. 3. kebudayaan dan peradaban masyarakat 2. 3. spritual dan emosional siswa. Mmengenali keberagaman jenis-jenis soal ujian nasional sehingga dapat memprediksi bentuk dan variasi soal Ujian nasional Kegiatan dalam bentuk perjalanan menuju objek penelitian/atau situs-situs sejarah. Mengembangkan kemampuan berfikir dan kreatifitas siswa dalam mengenali dan mencintai lingkungannya yang rasionalitas akan dapat memacu kemampuan siswa secara optimal dalam meningkatkan kecerdasan intelektual. Prosentase kelulusan yang terus membaik di SMA Negeri 1 Karangrayung Pemberian Materi minimal dan bersesuaian dengan SKL Ujian Nasional Try Out dilaksanakan pada bulan januari – maret 2014 sebanyak 4 kali Dilaksanakan sedini mungkin . dengan lingkungan tempat tinggalnya dan agar dapat hidup dan berperan serta di tengah-tengah masyarakat maka perlu mengenal obyek dan realita dimasyarakat yang sesungguhnya.

3.pelajaran 2003/2004 sampai th. PROGRAM PELAYANAN DAN PERSIAPAN CALON SNMPTN Prosentase lulusan yang diterima melalui jalur Non tes (SNMPTN) di PTN masih sangat rendah. Terus mengasah kemampuan untuk berfikir dan meningkatkan motivasi diri sendiri. salah satu bentuk Les Belajar Tambahan. TUJUAN dari masing-masing Pokok / Sub Pokok Bahasan dari materi pembelajaran. SBNMPTN Prosentase lulusan yang diterima di PTN favori sangat kecil Meningkatkan jumlah lulusan yang diterima di PTN favorit melalui jalur tes (SBNMPTN) Mendata siswa yang memiliki potensi program tersebut sedini mungkin Meneliti dan mengawal berkas akademik siswa yang dinominasikan untuk dikirim sebagai calon mahasiswa jalur SNMPTN Menyiapkan dan membuat sertifikat atau piagam bagi setiap siswa yang berprestasi dibidang akademik/non akademik secara lengkap dan rapi Mendata dan menyampaikan informasi tentang Lembaga BImbel SNMPTN yang baik. Keputusan untuk mengikuti bimbingan belajar benarbenar berdasarkan kesepakatan/kesediaan dari siswa/orang tua sendiri. waka kesiswaan dan BK. Keberagaman soal-soal ujian nasional dan perbedaan kemampuan dari masing-masing peserta ujian. 2. Humas. Berkoordinasi dengan waka . perlu mempersiapkan calon-calon Peserta SNMPTN sedini mungkin 15.NO JENIS PROGRAM LATAR BELAKANG Sejak th. Bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar atau lembaga lain seperti Berkoordinasi dengan Waka. Meningkatkan jumlah siswa yang diterima melalui jalur non tes di PTN favorit BENTUK KEGIATAN KETERANGAN 14.pelajaran 2010/2011 yang prosentase kelulusannya mencapai 100% tidak terlepas dari upaya yang dilakukan pihak sekolah melalui persiapan siswa dalam menghadapi UN. akan menumbuhkan ‘kiat’ dari diri sendiri agar sukses dalam ujian Nasional.

Dilaksanakan awal tahun pembelajaran Minimal 2 bulan sekali.Pengawasan . atau .Pertanggungjawaban Menyusun buku laporan yang meliputi: • Kegiatan akademik dan hasilnya • Catatan dan perangkat yang diperlukan untuk mendata seluruh kegiatan kurikulum Rapat kerja Waka. lengkap dan akurat. MPD NIP. atau . ARIS SUPRIYADI. 13 juli 2013 Waka. MENYUSUN LAPORAN KEGIATAN KURIKULUM SECARA BERKALA Frekuensi. kuantitas dan kualitas kegiatan kurikulum dapat segera dievaluasi berdasarkan laporan dan pencatatan kegiatan secara baik. 19640305 199702 1 001 . Humas.Koordinator atau Guru BP/BK. rapi dan akurat sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan Kurikulum memiliki data setiap kegiatan yang diikuti oleh guru baik didalam maupun diluar sekolah yang berkaitan dengan kegiatan kurikulum Setiap kegiatan berlangsung melalui bebrapaproses: .LPMP dll dan mendorong NO JENIS PROGRAM LATAR BELAKANG TUJUAN BENTUK KEGIATAN siswa untuk ikut dalam bimbingan belajar Mendata siswa yang mengikuti bimbingan belajar di Luar Propinsi 16.Evaluasi . Kurikulum dengan: .Pelaksanaan .Antisipasi .Pengorganisasian . Memiliki data yang lengkap. terprogram dan berkesinambungan agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar sesuai tujuan peningkatan kualitas pembelajaran.Koordinator matapelajaran. Sapto Hardijono Nip. Kurikulum. KETERANGAN Dilakukan setiap periode minimal per tri wulan 17 MENYUSUN PROGRAM DAN JADWAL PEMBINAAN KURIKULUM Pembinaan guru harus dilakukan secara terrencana. 19590914 198603 1 011 Drs. MENGETAHUI: Kepala SMA Negeri 1 Karangrayung Karangrayung.Perencanaan .Staf Kurikulum.Prediksi . DRS.

URUSAN AKADEMIS/KURIKULUM .PROGRAM KERJA WAKA.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful