SCIENCE SKILL 3

SCIENCE SKILL
KELAS 3 SD

1

SCIENCE SKILL 3

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta Lingkup Hak Cipta Pasal 2: Hak Cipta merupakan hak eksklusif bagi Pencipta atau Peme gang Hak Cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya, yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ketentuan Pidana Pasal 72: Barangsiapa dengan sengaja atau tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 49 ayat (1) dan (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah). Barangsiapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkait sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

2

SCIENCE SKILL 3

BAB 1 MAKHLUK HIDUP
A. Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
1. Makhluk Hidup Bergerak dan Menanggapi Ragsang Pada umumnya semua makhluk hidup dapat bergerak. Manusia dan hewan dapat bergerak dan berpindah tempat dengan kakinya. Selain manusia dan hewan, tumbuhan pun juga dapat bergerak tetapi tidak berpindah tempat. Tumbuhan bergerak menuju arah datangnya sumber cahaya. Misalnya bunga matahari bergerak sesuai dengan arah datangnya sinar matahari. Di pagi hari, bunga matahari menghadap ke arah timur. Di tengah hari, bunga matahari menghadap ke atas dan di sore hari bunga matahari menghadap ke arah barat. Makhluk hidup bergerak karena ada rangsangan. Tujuan makhluk hidup bergerak bermacam-macam. Ada yang bergerak dengan tujuan untuk mencari makanan, ada pula yang bertujuan untuk menghindari serangan musuh.

Makhluk Ragsang ü Pada

Hidup

Bergerak

dan semua dapat

Menanggapi makhluk bergerak

umumnya dan hewan

hidup…………………….. ü Manusia dan………………....dengan kakinya.

3

SCIENCE SKILL 3 ü Tumbuhan bergerak menuju ……………………… Misalnya bunga matahari bergerak sesuai dengan arah datangnya sinar matahari. Di pagi hari, bunga matahari menghadap........................ Di tengah hari, bunga matahari menghadap................. dan di sore hari bunga matahari menghadap ………………. ü Makhluk hidup bergerak karena ada ………….. ü Tujuan makhluk hidup ada bergerak pula yang bermacambertujuan macam. Ada yang bergerak dengan tujuan untuk……………., untuk……………. 2. Makhluk Hidup Memerlukan Makanan Makhluk hidup membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Melalui makanan, makhluk hidup memperoleh energi (tenaga) untuk melakukan segala aktivitasnya. akarnya untuk Tumbuhan menggunakan menyerap zat makanan yang terkandung di dalam tanah. Selain itu tumbuhan juga mampu membuat makanannya sendiri dengan berfotosintesis. Fotosintesis terjadi di dalam daun yang mengandung klorofil (zat hijau daun). Daun yang mengandung klorofil ini dapat mengubah karbon dioksida (CO2) dan air menjadi zat tepung (zat pati) dan oksigen (O2) dengan bantuan cahaya matahari.

4

SCIENCE SKILL 3

Makhluk Hidup Memerlukan Makanan ü Makhluk hidup membutuhkan untuk……………….
ü

makanan memperoleh segala untuk

Melalui

makanan,

makhluk

hidup

…………...............untuk aktivitasnya.
ü

melakukan akarnya

Tumbuhan tanah.

menggunakan

…………………………….. yang terkandung di dalam Selain itu tumbuhan terjadi di juga mampu membuat yang dapat menjadi

ü

makanannya sendiri dengan……………….
ü

Fotosintesis Daun yang

dalam

............ ............. ........

mengandung .............................
ü

mengandung

mengubah.............................dan matahari.

...................................... dengan bantuan cahaya

5

SCIENCE SKILL 3 3. Makhluk Hidup Bernafas Ciri makhluk hidup yang lain adalah bernafas. Makhluk hidup memerlukan udara untuk bernafas. Bernafas adalah menghirup oksigen (O2) dari udara dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2).

Ikan bernafas dengan insang

Makhluk Hidup Bernafas · Ciri makhluk hidup yang lain adalah bernafas. Makhluk hidup memerlukan …….. untuk bernafas. · Bernafas adalah menghirup ………. (O2) dari udara dan mengeluarkan …………….. (CO2). 4. Makhluk Hidup Tumbuh Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan adalah perubahan bentuk tubuh dari kecil menjadi besar.

Proses pertumbuhan ayam

6

SCIENCE SKILL 3 Makhluk Hidup Tumbuh · Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan adalah ………… bentuk tubuh dari kecil menjadi ………. 5. Makhluk Hidup Berkembang Biak Satu lagi ciri-ciri makhluk hidup adalah berkembang biak. Berkembang biak berarti dapat menghasilkan keturunan. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah untuk melestarikan keturunan agar jenisnya tidak punah. Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang beranak, bertelur, berbiji dan bertunas.

Ayam berkembang biak dengan bertelur Makhluk Hidup Berkembang Biak · Satu lagi ciri-ciri makhluk hidup adalah berkembang biak. Berkembang biak berarti dapat ………………… keturunan. · Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah untuk …………… keturunan agar jenisnya tidak punah.

7

SCIENCE SKILL 3 · Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang …….., …….., ……….. dan ………….

B. Penggolongan Makhluk Hidup
1. Penggolongan Hewan a. Berdasarkan Habitatnya (Tempat Hidup) Berdasarkan tempat hidupnya, hewan-hewan di kelompokkan menjadi tiga kelompok. Ada hewan yang hidup di darat. Contohnya ayam, sapi, dan domba. Ada hewan yang hidup di air. Contohnya ikan, cumi-cumi, dan kerang. Ada juga hewan yang hidup di darat dan di air. Contohnya katak.

Berdasarkan Habitatnya (Tempat Hidup) ü Berdasarkan tempat hidupnya, hewanhewan di kelompokkan menjadi ...... kelompok. ü Ada hewan yang hidup di ....... Contohnya ayam, sapi, dan domba. ü Ada hewan yang hidup di ..... Contohnya ikan, cumi-cumi, dan kerang. ü Ada juga hewan yang hidup di ....... dan di ...... Contohnya katak. b. Berdasarkan Cara Geraknnya Bedasarkan cara geraknya, hewan dapat dibedakan menjadi : · Berjalan Contoh : ayam, itik, kerbu, kambing, kuda

8

SCIENCE SKILL 3 · Terbang Contoh : burung, kupu-kupu, capung. · Memanjat dan bergelantungan Contoh : beruk, kera, orang hutan · Melata Contoh : ular, cacing, buaya, kadal, cicak · Berenang Contoh : paus, lumba-lumba · Melompat Contoh : kelinci, kanguru, katak.

Berdasarkan Cara Geraknnya ü Bedasarkan cara geraknya, hewan dapat dibedakan menjadi : · ............... Contoh : ayam, itik, kerbu, kambing, kuda · Terbang Contoh : ..........., ........., ........... · .................................................... Contoh : beruk, kera, orang hutan · Melata Contoh : ........, ........., .........., ........., ........ · ............... Contoh : paus, lumba-lumba · Melompat Contoh : .........., .........., .............

9

SCIENCE SKILL 3

c. Berdasarkan Jumlah Kaki Hewan dapat digolongkan berdasarkan jumlah kakinya. · berkaki dua : merpati, ayam, itik, rajawali · berkaki empat : kambing, sapi, kerbau, kuda · berkaki enam : lebah, rayap, capung, lalat · berkaki delapan : laba-laba, kalajengking · berkaki sepuluh : kepiting, udang · berkaki banyak : kelabang, kaki seribu Berdasarkan Jumlah Kaki Ø Hewan dapat digolongkan berdasarkan jumlah kakinya. · berkaki ....... : merpati, ayam, itik, rajawali · berkaki empat : ........., ....., ......., ......... · berkaki ........ : lebah, rayap, capung, lalat · berkaki delapan : ..........., ................. · berkaki ........... : kepiting, udang · berkaki banyak : ............, ............. d. Berdasarkan Jenis Makanan Hewan berdasarkan jenis makanannya dapat dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu : · Hewan pemakan hewan lain (karnivora) Contoh : harimau, singa, buaya

10

SCIENCE SKILL 3

· Hewan pemakan tumbuhan (herbivora) Contoh : kambing, kuda, badak, gajah

· Hewan pemakan tumbuhan dan hewan lain (omnivora). Contoh: tikus, kalong

Berdasarkan Jenis Makanan v Hewan berdasarkan jenis makanannya dapat dibedakan menjadi ...... golongan, yaitu : · Hewan pemakan hewan lain (................. ) Contoh : ………………………….. · Hewan pemakan tumbuhan (...................) Contoh : ………………………………. · Hewan pemakan tumbuhan dan hewan lain (........................). Contoh: ………………………

11

SCIENCE SKILL 3 e. Berdasarkan Cara Berkembang Biak Berdasarkan cara berkemang biak, hewan dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu : · hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Contoh : kerbau, kucing, kambing, kelinci, paus, lumba-lumba.

· hewan yang berkembang biak dengan cara menetaskan telurnya. Contoh : burung, ayam, ikan, katak, kura-kura.

Berdasarkan Cara Berkembang Biak ü Berdasarkan cara berkemang biak, hewan dapat dibedakan menjadi ...... golongan, yaitu : · hewan yang berkembang biak dengan cara .............. Contoh : ……………………………. · hewan yang berkembang biak dengan cara ....................... Contoh : …………………………….

12

SCIENCE SKILL 3 f. Berdasarkan Penutup Tubuhnya Berdasarkan penutup tubuhnya hewan dibedakan menjadi empat golongan, yaitu : · Berbulu : ayam, burung, bebek

Berambut : kelinci, singa, kucing, serigala

· Bersisik : ikan, buaya, ular, bunglon

· Bercangkang : bekicot, siput, kura-kura

Berdasarkan Penutup Tubuhnya Ø Berdasarkan penutup tubuhnya hewan dibedakan menjadi empat golongan, yaitu : · ………….. : ayam, burung, bebek · Berambut : ………, …….., …….., ……… · ………….. : ikan, buaya, ular, bunglon · Bercangkang : …….., …….., …………...

13

SCIENCE SKILL 3 2. Penggolongan Tumbuhan a. Berdsarkan Habitatnya (Tempat Hidup) Berdasarkan habitatnya, tumbuhan dibedakan menjadi dua yaitu tumuhan yang hidup di air (contoh: teratai, enceng gondok) dan tumbuhan yang hidup di darat (contoh: poho mangga, pohon rambutan, dll.) Ø Berdsarkan Habitatnya (Tempat Hidup) · Berdasarkan habitatnya, tumbuhan dibedakan menjadi ….. yaitu tumuhan yang hidup di ……………………. (contoh: teratai, .............................) dan tumbuhan yang hidup di ………………. (contoh: poho mangga, ......................., dll.) b. Berdasarkan Bentuk Daun Ada 4 jenis bentuk daun yang dimiliki oleh tumbuhan yaitu : · Menyirip : daun jambu, daun mangga, daun nangka, daun jati

· Menjari

: daun singkong, daun jarak daun pepaya, daun kapuk

14

SCIENCE SKILL 3 · Melengkung : daun sirih, daun waru, daun genjer, daun telinga gajah.

· Sejajar

: daun tebu, daun jagung, daun padi, daun pandan, daun nanas

Ø Berdasarkan Bentuk Daun Ada 4 jenis bentuk daun yang dimiliki oleh tumbuhan yaitu : · ………… : daun jambu, daun mangga, daun nangka, daun jati · Menjari : daun ……., daun ……, daun ……., daun …….. · …………. : daun sirih, daun waru, daun genjer, daun telinga gajah. · Sejajar : daun ……….., daun ……., daun ……., daun …….., daun nanas c. Berdasarkan Jenis Batang Tumbuhan memiliki tiga jenis batang yaitu batang berkayu (contoh : pohon jati, pohon mangga), batang basah (contoh: bayam, pacar cina) , batang rumput (contoh: padi, jagung).

15

SCIENCE SKILL 3

Ø Berdasarkan Jenis Batang · Tumbuhan memiliki tiga jenis batang yaitu batang …….. (contoh : pohon jati, pohon mangga), batang ……. (contoh: bayam, pacar cina) , batang …….. (contoh: padi, jagung). d. Berdasarkan Bijinya Berdasarkan bijinya tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu monokotil dan dikotil. Ø Monokotil adalah tumbuhan dengan biji berkeping satu. Contohnya padi, jagung, kelapa, salak, tebu.

Ø Dikotil adalah tumbuhan dengan biji berkeping dua. Contohnya adalah kacang tanah, rambutan, durian, mangga.

16

SCIENCE SKILL 3 v Berdasarkan Bijinya Berdasarkan bijinya tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu monokotil dan dikotil. Ø Monokotil adalah tumbuhan dengan biji …………….. Contohnya ......................................... ........................................................... Ø Dikotil adalah tumbuhan dengan biji …………………. Contohnya adalah ........................... ........................................................

17

SCIENCE SKILL 3

Soal Latihan
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau d di buku tugasmu! 1. Dibawah ini yang termasuk makhluk hidup adalah .... a. ayam b. meja c. kursi d. buku 2. Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri makhluk hidup adalah .... a. tidak dapat bergerak b. tidak dapat bernapas c. memerlukan makanan dan air d. tidak mengalami perubahan ukuran tubuh 3. Tumbuhan di bawah ini yang termasuk tumbuhan dikotil adalah .... a. jagung b. padi c. rumput d. kacang tanah 4. Tulang daun pada daun singkong dan daun pepaya berbentuk .... a. menjari b. sejajar c. menyirip d. melengkung 5. Contoh hewan yang bergerak dengan melompat adalah ..... a. ayam b. ikan c. kera d. kelinci 6. Kambing berkembang biak dengan cara .... a. Bertunas b. Bertelur c. Beranak d. Berbiji 7. Fungsi cahaya matahari bagi tumbuhan untuk .... a. menghangatkan tubuh b. mengeringkan tubuh

18

SCIENCE SKILL 3 c. menerangi bumi d. melakukan proses fotosintesis 8. Manusia menghirup udara berupa .... a. karbon dioksida b. oksigen c. karbon monoksida d. nitrogen 9. Berikut ini yang bukan termasuk hewan pemakan hewan lain adalah .... a. singa b. harimau c. buaya d. kerbau 10. Contoh hewan yang penutup tubuhnya bulu adalah .... a. ikan bandeng b. katak c. bebek B. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Isilah titik-titik dari soal berikut ! Makhluk hidup membutuhkan udara untuk .... Ayam berkembang biak dengan cara .... Cara makhluk hidup mempertahankan kelestarian jenisnya dengan .... Kupu-kupu dan capung bergerak menggunakan .... Contoh hewan herbivora adalah .... Pohon pisang berkembang biak dengan cara .... Tumbuhan bergerak ke arah datangnya .... Tumbuhan mengambil zat hara dan air daritanah menggunakan .... Tumbuhan dapat dibedakan berdasarkan jenis batang, keping biji, dan .... Maknan merupkan sumber ... bagi makhluk hidup.

19

SCIENCE SKILL 3

BAB 2 PERUBAHAN MAKHLUK HIDUP
A. Pertumbuhan Manusia
Pertumbuhan adalah perubahan dari kecil menjadi besar. Pertumbuhan pada manusia ditandai dengan bertambahnya berat dan tinggi badan. Pertumbuhan manusia dimulai dari masa bayi, balita, remaja, dan dewasa.

Bayi

anak-anak

Remaja Dewasa

Tua

Pertumbuhan Manusia
o o o Pertumbuhan adalah ………….. dari kecil menjadi besar. Pertumbuhan pada manusia ditandai dengan ………………. dan …………….. Pertumbuhan manusia dimulai dari masa ......., ........, ........., dan .............

B. Faktor Pertumbuhan Pada Manusia

dan

Perkembangan

1. Makanan Bergizi adalah makanan yang Makanan bergizi mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

20

SCIENCE SKILL 3

Makanan Bergizi o Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung ...................., ............, ..........., ............, ..........., dan .......... a. Karbohidrat Karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh. beras merupakan contoh makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan lainnya yang mengandung karbohidrat, di antaranya, jagung, kentang, roti, dan gandum. Karbohidrat o Karbohidrat berfungsi sebagai ...................... bagi tubuh. o Beras merupakan contoh makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan lainnya yang mengandung karbohidrat, di antaranya, ......., .........., ......, dan .............. b. Protein Makanan yang mengandung banyak protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh. Bagian tubuh yang rusak akan segera diganti dengan bantuan protein yang diperoleh dari makanan. Makanan yang mengandung protein,

21

SCIENCE SKILL 3 di antaranya, ikan, telur, daging, susu, tahu, dan tempe. Protein o o Makanan yang mengandung banyak protein berfungsi sebagai ......................... tubuh. Bagian tubuh yang rusak akan segera diganti dengan bantuan protein yang diperoleh dari makanan. Makanan yang mengandung protein, di antaranya, ........., ..........., ..........., ..........., .........., dan .......... c. Lemak Makanan yang mengandung lemak berfungsi sebagai sumber energi dan cadangan makanan. Makanan yang mengandung lemak, di antaranya, daging, telur, keju, mentega, minyak, dan susu. Lemak o Makanan berfungsi o yang sebagai mengandung .................. lemak dan

........................... Makanan yang mengandung lemak, di antaranya, ........, ............., ........, ............., .........., dan ............ d. Vitamin dan Mineral Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi pertumbuhan. Vitamin terdiri atas vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin banyak terdapat di dalam sayuran dan buah-buahan.

22

SCIENCE SKILL 3

Mineral adalah zat organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah tertentu. Mineral merupakan zat pengatur tubuh. Makanan yang mengandung mineral terdapat dalam sayuran dan buahbuahan. Vitamin o Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi ...................... o Vitamin terdiri atas vitamin ...., ..., ...., ..., ...., dan ...... o Vitamin banyak terdapat di dalam .......... dan .............. Mineral o o o Mineral adalah ............... yang diperlukan tubuh dalam jumlah tertentu. Mineral merupakan zat .................. Makanan yang mengandung mineral terdapat dalam .............. dan ....................

23

SCIENCE SKILL 3 e. Air Air juga diperlukan oleh tubuh. Tanpa air, tubuhmu akan kekeringan. Di dalam air terdapat mineralmineral yang sangat berguna bagi tubuh kita.

Air o Air juga diperlukan oleh tubuh. Tanpa air, tubuhmu akan ............... o Di dalam air terdapat ............ yang sangat berguna bagi tubuh kita. 2. Kesehatan Pertumbuhan manusia akan berjalan dengan baik jika tubuhnya sehat. Jika sakit, kita menjadi malas makan. Oleh karena tidak mendapatkan energi dari makanan, tubuh akan menjadi lemas dan lamban untuk bergerak. Tentu saja hal ini dapat menghambat pertumbuhan. Kesehatan o Pertumbuhan manusia akan berjalan dengan baik jika tubuhnya .......... o Jika sakit, kita menjadi malas makan. Oleh karena tidak mendapatkan ............. dari makanan, tubuh akan menjadi lemas dan lamban untuk bergerak. Tentu saja hal ini dapat ........................................ 3. Istirahat Istirahat dilakukan untuk menghilangkan kebosanan, kelelahan, dan ketegangan tubuh setelah lelah melakukan berbagai kegiatan istirahat. Istirahat yang paling baik adalah tidur. Ketika tidur, seluruh tubuhmu melakukan istirahat

24

SCIENCE SKILL 3 sehingga ketika bangun, tubuhmu akan kembali segar.

Istirahat o Istirahat dilakukan untuk menghilangkan .............., ............., dan ................ tubuh setelah lelah melakukan berbagai kegiatan istirahat. o Istirahat yang paling baik adalah .......... Ketika tidur, segar. 4. Olahraga Melakukan olahraga secara teratur sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan. Manfaat berolahraga, antara lain : a. Peredaran darah lancar; b. Jantung berdenyut secara teratur; c. Otot-otot tubuh akan lentur; d. Tulang menjadi kuat. Biasakanlah untuk ber olah raga secara teratur, paling sedikit dua kali dalam seminggu. seluruh tubuhmu melakukan istirahat sehingga ketika bangun, tubuhmu akan kembali

25

SCIENCE SKILL 3

Olahraga o Melakukan olahraga secara teratur sangat baik untuk ................. dan .................... o Manfaat berolahraga, antara lain : a. b. c. d. Peredaran darah ........; .................... secara teratur; Otot-otot tubuh akan .............; ............. menjadi kuat.

Biasakanlah untuk ber olah raga secara teratur, paling sedikit dua kali dalam seminggu. 5. Hiburan Hiburan penting juga bagi pertumbuhan manusia. Dengan mendapat hiburan, tubuhmu akan santai, tidak stres, dan peredaran darah pun men jadi lancar. Akibatnya, kerja tubuh, akan lebih optimal. Hiburan o Hiburan penting juga bagi pertumbuhan manusia. Dengan mendapat hiburan, tubuhmu akan ......., .........., dan peredaran darah pun menjadi .......... Akibatnya, kerja tubuh, akan lebih optimal.

26

SCIENCE SKILL 3

C. Pertumbuhan Pada Hewan
Pertumbuhan hewan ditandai dengan berubahnya bentuk dan warna tubuh. Selain itu, ditandai juga dengan bertambahnya berat dan tinggi tubuh, serta kemampuan bergerak. Contohnya adalah ayam, ayam berawal dari telur, kemudian menetas menjadi anak ayam, dan lama-kelamaan menjadi ayam dewasa.

Pertumbuhan Pada Hewan
o Pertumbuhan hewan ditandai dengan berubahnya ............... dan ............ o Selain itu, ditandai juga dengan bertambahnya ......... dan ....................., serta .............................. Contohnya adalah ayam, ayam berawal dari ………….., kemudian menetas menjadi anak ayam, dan lama-kelamaan menjadi ayam dewasa.

D. Pertumbuhan Pada Tumbuhan
Pertumbuhan pada tumbuhan ditandai dengan tumbuhnya akar dan batang. Daun akan menjadi lebar dan rimbun. Selanjutnya, tumbuh bunga dan buah.

Pertumbuhan Pada Tumbuhan
o Pertumbuhan pada tumbuhan ditandai dengan tumbuhnya ...... dan ............ o Daun akan menjadi ...... dan ................... Selanjutnya, tumbuh bunga dan buah.

27

SCIENCE SKILL 3

Soal Latihan
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau di buku tugasmu! 1. Pertumbuhan dialami oleh …. a. hewan, air, dan tumbuhan b. udara, hewan, dan air c. tumbuhan, tanah, dan hewan d. manusia, hewan, tumbuhan 2. Di bawah ini, hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia adalah …. a. makanan bergizi b. bermain c. bekerja tanpa berhenti d. jarang beolahraga 3. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciripertumbuhan adalah …. a. Bertambah berat b. Bertambah ringan c. Bertambah tinggi d. Bertambah besar 4. Olahraga yang menyebabkan tinggi badan cepat bertambah adalah …. a. jalan-jalan b. catur c. renang d. lari 5. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung …. a. vitamin dan protein b. mineral dan lemak c. karbohidrat dan air d. empat sehat lima sempurna 6. Berikut ini faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia, kecuali…. a. makanan bergizi b. tidur larut malam c. olahraga d. istirahat 7. Salah satu tanda batang tumbuhan mengalami pertumbuhan adalah …. a. Batang semakin kering

28

SCIENCE SKILL 3 b. Batang berwarna cokelat c. Batang bertambah besar d. Batang semakin kecil 8. Pertumbuhan manusia dimulai sejak …. a. bayi b. anak-anak c. remaja d. dewasa 9. Pada pertumbuhan anak ayam menjadi ayam dewasa, yang berubah adalah …. a. jumlah mata b. bentuk tubuh c. jumlah kaki d. jumlah paruh 10. Makanan yang mengandung karbohidrat adalah …. a. ikan b. buah-buahan c. nasi d. sayuran B. Isilah titik-titik dari soal-soal berikut ! 1. Pertumbuhan merupakan salah satu ciri dari …. 2. Pertumbuhan pada manusia tidak menyebabkan berubahnya … rambut. 3. Pertumbuhan manusia dimualai sejak …. 4. Perubahan bentuk tubuh merupakan salah satu ciri … 5. Istirahat yang paling baik adalah …. 6. Hiburan berpengaruh terhadap pertumbuhan karena dapat membuat tubuh kita menjadi …. 7. Agar tubuh kita tetap sehat sebaiknya rajin …. 8. Pertumbuhan tanaman diawali oleh …. 9. Bagian …. pada tanaman tomat bertambah panjang ketika tumbuh. 10. Pertumbuhan hewan ditandai dengan ….

29

SCIENCE SKILL 3

BAB 3 LINGKUNGAN
A. Ciri-ciri Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat 1. Lingkungan Sehat
Lingkungan sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut: a. Udara bersih dan segar. b. Tanah yang subur. c. Sumber air yang bersih. d. Air sungai yang mengalir terlihat bersih dan jernih. e. Sampah tidak berserakan. f. Banyak tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur

v Lingkungan Sehat
Lingkungan sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut: a. b. c. Udara ...... dan .......... Tanah yang ........... ..................... yang bersih.

d. Air sungai yang mengalir terlihat ............ dan ............... e. ............ tidak berserakan. f. Banyak ........................ yang tumbuh dengan subur

30

SCIENCE SKILL 3

2. Lingkungan Tidak Sehat
Ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat adalah sebagai berikut: a. Udara kotor karena banyak debu dan asap. b. Sampah banyak bertebaran. c. Sumber air tidak bersih. d. Saluran air tidak lancar sehingga air menggenang. e. Tumbuhan tidak bisa tumbuh dengan subur sehingga lingkungan menjadi gersang.

Lingkungan Tidak Sehat
Ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat adalah sebagai berikut: a. Udara ........... karena banyak debu dan asap. b. ............. banyak bertebaran. c. Sumber air ................... d. Saluran air tidak lancar sehingga air ................. e. Tumbuhan tidak bisa ........................... sehingga lingkungan menjadi gersang

B. Penyebab Pencemaran Lingkungan
1. Pencemaran Udara Pencemaran udara dapat disebabkan oleh asap pabrik, asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah, kebakaran hutan, dan sebagainya.

31

SCIENCE SKILL 3

Pencemaran Udara o Pencemaran udara dapat disebabkan oleh ............., ...................., ...................., ......................, dan sebagainya. 2. Pencemaran Tanah Membuang sampah di sembarang tempat dapat mencemari lingkungan. Sampah plastik menyebabkan terjadinya pencemaran tanah. Sampah yang tertimbun berserakan membuat lingkungan kotor. Selain sampah, racun serangga juga dapat mencemari tanah.

Pencemaran Tanah o Membuang sampah ............................ dapat mencemari lingkungan. o Sampah plastik menyebabkan terjadinya ................ tanah. o Sampah yang .................................. membuat lingkungan kotor. Selain sampah, racun serangga juga dapat mencemari tanah. 3. Pencemaran Air Selain menghasilkan asap, pabrik juga menghasilkan limbah. Limbah mengandung zatzat kimia berbahaya. Jika limbah pabrik dibuang ke sungai dapat menyebabkan pencemaran air.

32

SCIENCE SKILL 3 Limbah rumah tangga juga penyebab pencemaran air. Misalnya, air bekas cucian dan air limbah dari WC. Ciriciri air yang tercemar antara lain, berbau, dan berwarna. Sebaliknya, air yang bersih tampak jernih (tidak berwarna). Air bersih juga tidak berbau dan tidak berasa.

Pencemaran Air o Selain menghasilkan asap, pabrik juga menghasilkan ............ Limbah mengandung zat-zat kimia berbahaya. o Jika limbah pabrik dibuang ke sungai dapat menyebabkan .................. air. Limbah rumah tangga WC. o Ciri-ciri air yang tercemar antara lain, ............, dan .................. o Sebaliknya, air yang bersih tampak ............. (tidak berwarna). Air bersih juga ............. dan .................... juga penyebab pencemaran air. Misalnya, air bekas cucian dan air limbah dari

33

SCIENCE SKILL 3

C. Pengaruh Lingkungan Terhadap Kesehatan
Lingkungan yang tidak sehat akan memengaruhi kesehatanmu. Berikut ini contoh lingkungan yang tidak sehat. 1. Asap yang bertebaran di mana-mana akan membuat napas menjadi sesak dan fungsi paruparu akan terganggu karena banyaknya zat kimia yang masuk ke dalam tubuh. 2. Air yang kotor akan membuat tubuhmu gatal. Air yang kotor mengandung bakteri-bakteri yang dapat membuat tubuhmu terkena penyakit. Kamu dapat terserang diare. 3. Tanah yang tercemar akibat buangan oli bekas dan bahan bakar akan merugikan. Karena tanah sudah tidak subur lagi, tidak dapat digunakan untuk bercocok tanam. Akibatnya, produksi pangan akan mengalami hambatan yang berpengaruh terhadap jumlah makanan yang dibutuhkan.

Pengaruh Lingkungan Terhadap Kesehatan
Lingkungan yang .................. akan memengaruhi kesehatanmu. Berikut ini contoh lingkungan yang tidak sehat. 1. Asap yang bertebaran di mana-mana akan membuat ....................... dan fungsi paru-paru akan .................. karena banyaknya zat kimia yang masuk ke dalam tubuh. 2. Air yang kotor akan membuat tubuhmu .......... Air yang kotor mengandung ................ yang dapat membuat tubuhmu terkena penyakit. Kamu dapat terserang ............. 3. Tanah yang tercemar akibat buangan oli bekas dan bahan bakar akan merugikan. Karena tanah sudah ......................., tidak dapat digunakan untuk

34

SCIENCE SKILL 3 bercocok tanam. Akibatnya, produksi pangan akan mengalami .................. yang berpengaruh terhadap ......................................

D. Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat lingkungan yang sehat, antara lain sebagai berikut: 1. membuang sampah ke tempat sampah; 2. mengolah limbah sebelum dibuang ke lingkungan; 3. membersihkan lingkungan secara teratur; 4. menanam tanaman di sekitar rumah dan lahan kosong dengan tanaman yang bermanfaat; 5. mengalirkan air yang tergenang melalui saluran air; 6. menciptakan rumah yang sehat, yaitu rumah yang memiliki lubang angin atau ventilasi udara; 7. tidak membakar sampah di sembarang tempat; 8. tidak memetik bunga, tidak mematahkan dahan, dan tidak menebang pohon secara sembarangan.

Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat lingkungan yang sehat, antara lain sebagai berikut: 1. membuang sampah ke ......................; 2. ............... limbah sebelum dibuang ke lingkungan; 3. membersihkan lingkungan secara ..............; 4. ............................... di sekitar rumah dan lahan kosong dengan tanaman yang bermanfaat; 5. ................... yang tergenang melalui saluran air; 6. menciptakan rumah yang sehat, yaitu rumah yang memiliki ................ atau ........................; 7. tidak ............................... di sembarang tempat; 8. tidak ....................., tidak ..............., dan tidak ............... secara sembarangan.

35

SCIENCE SKILL 3

Soal Latihan
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau di buku tugasmu! 1. Udara segar merupakan salah satu ciri-ciri lingkungan …. a. sehat b. tidak sehat c. tercemar d. tidak terawat Pencemaran dapat disebut juga …. a. erosi b. polusi c. korosi d. abrasi Untuk mengurangi polusi udara sebaiknya …. a. membakar sampah b. menggunakan kendaraan bermotor c. menanam pepohonan di sekitar jalan raya d. membangun pabrik Ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat adalah, kecuali …. a. Udara kotor dan berbau b. Sampah berserakan c. Taman yang tidak terawat d. Saluran air lancar Bagian tubuh yang terganggu karena asap rokok adalah …. a. rambut b. paru-paru c. perut d. telinga Agar tidak mencemari lingkungan, sampah sebaiknya dibuang di …. a. tempat pembuangan yang telah disediakan b. sembarang tempat c. sungai d. laut Ventilasi pada jendela rumah bertujuan …. a. memudahkan nyamuk untuk masuk ke dalam rumah b. pertukaran udara

2.

3.

4.

5.

6.

7.

36

SCIENCE SKILL 3 c. agar debu mudah masuk d. agar mudah terkena polusi 8. Sampah berikut yang dapat membua tanah menjadi subur adalah …. a. plastik b. kaleng c. daun-daunan d. kardus 9. Limbah plasti yang dibuang ke sungai dapat menyebabkan …. a. pencemaran udara b. pencemaran air c. pencemaran tanah d. pencemaran suara 10. Cara memelihara lingkungan yang sehat adalah …. a. Merokok b. menanam tumbuhan c. membuang sampah di sungai d. membersihkan danau B. Isilah titik-titik dari soal berikut ! 1. Udara yang baik bagi kesehatan adalah udara yang …. 2. Asap pabrik merupakan contoh udara yang …. 3. Air sungai yang berwarna hitam merupakan salah satu ciri lingkungan …. 4. Sampah yang menumpuk akan menimbulkan … tidak sedap. 5. Jendela dan lubang angin pada rumah berguna untuk …. 6. Agar lingkungan rumahmu tidak kotor, kamu harus … secara teratur. 7. Suara sangat bising merupakan contoh pencemaran …. 8. Polusi udara dapat menyebabkan penyakit pada …. 9. Contoh penyebab pencemaran air …. 10. Contoh penyebab pencemaran tanah ….

37

SCIENCE SKILL 3

BAB 4 BENDA DAN SIFAT-SIFATNYA
A. Sifat-sifat Benda
1. Benda Padat Sifat-sifat benda padat antara lain : a. Bentuk benda padat selalu tetap. Artinya, jika benda itu dipindahkan ke mana pun, bentuknya tidak akan berubah. b. Besar benda padat selalu tetap. Artinya, jika benda itu dipindahkan ke mana pun, besarnya selalu tetap.

o Benda Padat Sifat-sifat benda padat antara lain : a. Bentuk benda padat ................... Artinya, jika benda itu dipindahkan ke mana pun, bentuknya ................. berubah. b. Besar benda padat selalu ............... Artinya, jika benda itu dipindahkan ke mana pun, besarnya selalu ............... 2. Benda Cair Benda cair memiliki sifat-sifat, sebagai berikut. a. Bentuknya selalu berubah menyesuaikan bentuk wadahnya. b. Volumenya selalu tetap. Misalnya, air di dalam gelas yang memiliki volume 50 ml dimasukkan

38

SCIENCE SKILL 3 ke dalam botol, maka volume air di dalam botol masih tetap 50 ml. c. Benda cair mengalir dari tempat tinggi menuju tempat yang lebih rendah.

Benda Cair Benda cair memiliki sifat-sifat, sebagai berikut. a. Bentuknya ........................................... bentuk wadahnya. b. Volumenya selalu ............ Misalnya, air di dalam gelas yang memiliki volume 50 ml dimasukkan ke dalam botol, maka volume air di dalam botol masih tetap 50 ml. c. Benda cair mengalir dari ................ menuju tempat yang ................... 3. Benda Gas Benda gas mempunyai sifat-sifat, sebagai berikut. a. Bentuk benda gas selalu berubah sesuai dengan bentuk wadahnya. Artinya, bila udara berada di dalam botol, maka bentuk udara tersebut akan seperti botol. b. Volume benda gas selalu berubah dan memenuhi ruangan yang ditempatinya. Artinya, bila udara berada di dalam botol, maka volume udara tersebut akan sama dengan volume botol.

39

SCIENCE SKILL 3

Benda Gas Benda gas mempunyai sifat-sifat, sebagai berikut. a. Bentuk benda gas selalu ................ sesuai dengan bentuk wadahnya. Artinya, bila udara berada di dalam botol, maka bentuk udara tersebut akan seperti botol. b. Volume benda gas selalu .............. dan ........................... yang ditempatinya. Artinya, bila udara berada di dalam botol, maka volume udara tersebut akan sama dengan volume botol.

B. Kegunaan Benda 1. Benda dari Plastik
Plastik memiliki sifat yang ringan, tidak mudah pecah, dan tidak menyerap air. Ember, gayung, dan baskom adalah beberapa contoh benda yang terbuat dari plastik.

40

SCIENCE SKILL 3

Benda dari Plastik
o Plastik memiliki sifat ................, tidak ....................., dan tidak .................... Ember, gayung, dan baskom adalah beberapa contoh benda yang terbuat dari plastik.

2. Benda dari Kertas
Kertas dibuat dari kulit kayu. Kulit kayu dihancurkan, lalu diolah menjadi kertas. Setelah itu, kertas dapat digunakan untuk membuat berbagai benda. Buku, koran, majalah, bahkan tisu terbuat dari kertas.

Benda dari Kertas
o Kertas dibuat dari ................. o ..................... dihancurkan, lalu diolah menjadi kertas. Setelah itu, kertas dapat digunakan untuk membuat berbagai benda. Buku, koran, majalah, bahkan tisu terbuat dari kertas.

3. Benda dari Kayu
Kayu secara umum memiliki sifat, antara lain, kuat, tahan lama, tidak mudah pecah, namun mudah terbakar. Kayu biasanya digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga , seperti tempat tidur, pintu, meja, kursi, dan lemari.

41

SCIENCE SKILL 3

Benda dari Kayu
o Kayu secara umum memiliki sifat, antara lain, .........., .............., tidak .............., namun mudah terbakar. o Kayu biasanya digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga , seperti ............., ........, ........, .........., dan .............

4. Benda dari Kaca
Kaca adalah benda yang bening sehingga tembus pandang atau transparan. Kaca memiliki sifat mudah pecah. Misalnya, cermin, gelas, kacamata, jendela, dan vas bunga.

Benda dari Kaca
o Kaca adalah benda yang bening sehingga .................... atau transparan. o Kaca memiliki sifat .............. Misalnya, cermin, gelas, kacamata, jendela, dan vas bunga.

42

SCIENCE SKILL 3

5. Benda dari Karet
Benda dari karet bersifat elastis dan lentur. Misalnya, ban motor, balon, dan sandal jepit.

Benda dari Karet o Benda dari karet bersifat .......... dan ..............
Misalnya, ban motor, balon, dan sandal jepit.

C. Perubahan Sifat Benda
1. Pembakaran Semua benda akan berubah warna menjadi hitam jika dibakar. Selain warna, benda yang dibakar juga mengalami perubahan sifat. Misalnya, bentuk, ukuran, dan bau. Bau yang ditimbulkan berasal dari asap yang mengepul.

Pembakaran o Semua benda akan ..................... menjadi hitam jika dibakar. o Selain warna, benda yang dibakar juga mengalami ...................... Misalnya, bentuk,

43

SCIENCE SKILL 3 ukuran, dan bau. Bau yang ditimbulkan berasal dari asap yang mengepul. 2. Pemanasan Pemanasan dapat mengubah bentuk dan sifat suatu benda. Pemanasan membuat benda cair berubah menjadi gas. Selain itu benda padat dapat berubah menjadi benda cair.

Pemanasan o Pemanasan dapat ............... dan ...... suatu benda. o Pemanasan membuat benda ........... berubah menjadi ......... o Selain itu benda .......... dapat berubah menjadi benda ............. 3. Peletakan di Udara Terbuka Contoh perubahan sifat benda saat diletakkan di udara terbuka adalah kapur barus. Kapur barus yang diletakkan di ruang terbuka akan berubah wujud menjadi gas. Perubahan benda padat menjadi gas disebut menyublim.

44

SCIENCE SKILL 3 Peletakan di Udara Terbuka o Contoh perubahan sifat benda saat diletakkan di udara terbuka adalah kapur barus. Kapur barus yang diletakkan di ruang terbuka akan berubah wujud menjadi ......... o Perubahan benda padat menjadi gas disebut .................... Perubahan sifat benda ada yang tetap dan sementara. Kertas yang terbakar merupakan perubahan tetap. Bentuk kertas yang terbakar tidak dapat kembali seperti semula. Sebaliknya, air yang membeku menjadi es merupakan perubahan sementara. Es batu dapat kembali berubah wujud menjadi air. v Perubahan sifat benda ada yang tetap dan sementara. Kertas yang terbakar merupakan perubahan ............ Bentuk kertas yang terbakar ........................ seperti semula. v Sebaliknya, air yang membeku menjadi es merupakan perubahan ............... Es batu dapat ................................... menjadi air.

45

SCIENCE SKILL 3

Soal Latihan
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau di buku tugasmu! . 1. Benda berikut akan berubah bentuk jika ditekan, yaitu .... a. kayu c. besi b. batu d. tanah liat 2. Berikut ini yang termasuk sifat dari benda cair adalah . ... a. bentuknya berubah-ubah b. bentuknya selalu tetap, tidak mengikuti bentuk wadahnya c. benda cair memiliki kekentalan yang sama d. benda cair mengalir ke tempat yang lebih rendah 3. Benda di bawah ini mengalami perubahan bentuk. Akan tetapi, tidak dapat kembali ke bentuknya semula. Benda yang sesuai adalah . . . . a. air yang didinginkan menjadi es batu b. kayu yang dibakar c. lilin yang meleleh d. es krim meleleh 4. Oli termasuk ke dalam benda . . . . a. padat c. gas b. cair d. air 5. Benda berikut bentuknya selalu tetap saat dimasukkan ke wadah adalah . . . . a. kecap c. pensil b. susu kental manis d. sirup 6. Supaya cahaya dapat masuk dalam rumah, jendela rumah terbuat dari bahan . . . . a. kayu c. kaca b. kertas d. aluminium 7. Bahan yang tidak tembus air, tahan lama, dan murah adalah . . . . a. plastik c. karet b. kertas d. kayu 8. Benda cair memiliki sifat . . . . a. tidak berubah b. mengalir ke tempat rendah c. mengeras d. tidak dapat dilihat

46

SCIENCE SKILL 3 9. Kapur barus jika ditaruh di tempat terbuka berubah menjadi . . . . a. benda gas c. benda padat b. benda cair d. benda tetap 10. Peristiwa berikut ini yang termasuk perubahan tetap adalah . . . . a. lilin dipanaskan c. air menjadi es batu b. kayu terbakar d. cokelat meleleh B. Isilah titik-titik dari soal-soal berikut ! 1. Benda-benda dapat dibedakan berdasarkan wujudnya menjadi .... 2. Penghapus tidak akan berubah bentuk jika di tempatkan di manapun. Hal ini karena penghapus termasuk benda …. 3. Kecap, minyak, sirup merupakan contoh benda …. 4. Mencair adalah perubahan wujud benda dari padat menjadi …. 5. Benda padat jika dipindahkan bentuknya akan …. 6. Benda-benda yang mudah pecah terbuat dari …. 7. Sifat benda cair adalah …. 8. Minyak dimasukkan ke dalam botol bentuknya akan menjadi seperti …. 9. Sifat benda gas ialah …. 10. Buku dan pensil termasuk benda ….

47

SCIENCE SKILL 3

BAB 5 GERAK BENDA DAN ENERGI
A. Gerak Benda
a. Macam-macam Gerak Benda Benda dapat bergerak dengan berbagai cara. Gerak pada benda, antara lain, jatuh, mengalir, memantul, menggelinding, berputar, dan tenggelam. Macam-macam Gerak Benda o Benda dapat bergerak dengan berbagai cara. Gerak pada benda, antara lain, ..............., ................, ................, .................., ............, dan ............... a. Jatuh Benda dikatakan jatuh apabila kedudukannya atau letaknya berubah dari atas ke bawah. Contohnya koin yang dilemparkan ke atas akan bergerak ke lantai. Jatuh o Benda dikatakan jatuh apabila ................. atau .............. berubah dari atas ke bawah. Contohnya koin yang dilemparkan ke atas akan bergerak ke lantai. b. Mengalir Gerak mengalir terjadi dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah dan biasanya terjadi pada benda cair. Mengalir o Gerak mengalir terjadi dari ................. ke tempat yang .................. dan biasanya terjadi pada benda cair.

48

SCIENCE SKILL 3

c. Memantul Gerak memantul artinya gerak yang berbalik arah. Contohnya bola yang dilemparkan ke dinding akan kembali. Memantul o Gerak memantul .................... artinya gerak bola yang yang

Contohnya

dilemparkan ke dinding akan kembali d. Menggelinding Menggelinding artinya gerak berputar sambil berpindah. Contoh bola yang ditendang akan bergerak ke arah tertentu. Menggelinding o Menggelinding artinya .................. sambil berpindah. Contoh bola yang ditendang akan bergerak ke arah tertentu.. e. Berpurtar Berputar adalah gerakan benda pada porosnya. Misalnya kipas angin yang dinyalakan atau gerakan pada kincir angin. Berpurtar o Berputar adalah gerakan benda

..................... Misalnya kipas angin yang dinyalakan atau gerakan pada kincir angin. b. Faktor yang Mempengaruhi Gerak Benda a. Permukaan Benda Semakin kasar permukaan suatu benda, semakin lambat gerakan benda tersebut. Contohnya bola dan balok kayu digelindingkan pada bidang miring, maka bola akan menggelinding lebih cepat dibandingkan balok kayu.

49

SCIENCE SKILL 3

Permukaan Benda o Semakin kasar permukaan suatu benda, semakin ............. gerakan benda tersebut. Contohnya bola akan bola dan balok lebih kayu cepat digelindingkan pada bidang miring, maka menggelinding dibandingkan balok kayu. b. Berat Benda Gerak benda dipengaruhi oleh berat benda. Benda dengan berat lebih besar akan lebih mudah jatuh. Misal bola basket dan bola kasti dijatuhkan dari ketinggian yang sama maka bola basket akan lebih cepat jatuh dibandingkan bola kasti. Berat Benda o Gerak benda dipengaruhi oleh berat benda. Benda dengan berat .................. akan lebih mudah jatuh. Misal bola basket dan bola kasti dijatuhkan dari ketinggian yang sama maka bola basket akan lebih cepat jatuh dibandingkan bola kasti. c. Bentuk Permukaan Lintasan Gerak benda dipengaruhi oleh bentuk permukaan lintasan. Semakin kasar permukaan lintasan, maka akan semakin lambat kecepatan benda yang melaluinya.

50

SCIENCE SKILL 3

Bentuk Permukaan Lintasan o Gerak benda dipengaruhi permukaan lintasan.

oleh

bentuk ..........

Semakin

permukaan lintasan, maka akan semakin ................ kecepatan benda yang melaluinya.

B. Energi
Energi adalah kemapampuan untuk melakukn kerja. 1. Bentuk Energi a. Energi Panas Energi panas adalah energi yang dihasilkan dari suatu benda dalam bentuk panas. Contohnya panas yang dihasilkan dari matahari, setrika.

Energi Panas o Energi panas adalah energi yang dari suatu benda dalam .................... bentuk ............... o Contohnya panas yang dihasilkan dari ................., ............... b. Energi Cahaya Energi cahaya adalah energi yang dipancarkan dari sumber cahaya. Cotohnya adalah cahaya dari matahari, cahaya lampu. Energi Cahaya o Energi cahaya adalah energi yang ...................... dari sumber cahaya.

51

SCIENCE SKILL 3 o Cotohnya adalah cahaya dari ............., cahaya ............. c. Energi Gerak (Energi Kinetik) Energi kinetic adalah energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak. Contohnya angin, air yang mengalir. Energi Gerak (Energi Kinetik) o Energi kinetic adalah energi yang dimiliki oleh ................................... o Contohnya ..........., ........... yang mengalir. d. Energi Listrik Energi Listrik adalah energi yang timbul karena adanya arus listrik yg berasal dari sumber listrik. Contoh sumber listrik yang dapat mengasilkan energi listrik baterai, aki. Energi Listrik o Energi Listrik adalah energi yang timbul karena adanya .................. yg berasal dari sumber listrik. o Contoh sumber listrik yang dapat mengasilkan energi listrik: ............., ........... e. Energi Kimia Energi kimia adalah energi yang dihasilkan dari reaksi kimia. Energi kimia banyak terdapat dalam bahan makanan dan bahan bakar. Energi Kimia o o Energi kimia adalah energi yang dihasilkan dari ................ Energi kimia banyak terdapat dalam ................. dan bahan .............

52

SCIENCE SKILL 3 f. Energi Bunyi Energi Bunyi adalah energi yang ditimbulkan dari benda yang menghasilkan bunyi. Bunyi dihasilkan oleh benda-benda yang bergetar. Contoh senar gitar yang dipetik. Energi Bunyi o Energi Bunyi adalah …….. energi yang ditimbulkan ......................... o Bunyi dihasilkan oleh benda-benda yang ................. dipetik. 2. Macam-macam Sumber Energi a. Matahari Matahari menghasilkan energi panas dan cahaya. Energi panas untuk mengeringkan pakaian dan bahan makanan. Matahari o Matahari menghasilkan energi ........... dan ................. mengeringkan makanan. b. Angin Angin menghasilkan energi gerak. Angin dapat menggerakkan perahu layar dan layanglayang. Selain itu, dapat menggerakkan kincir angin. Kincir angin dapat menghasilkan listrik. Angin o Angin menghasilkan energi ............ Angin dapat menggerakkan perahu layar dan layang-layang. Selain itu, dapat Energi pakaian panas dan untuk bahan Contoh senar gitar yang dari benda yang

53

SCIENCE SKILL 3 menggerakkan kincir angin. Kincir angin dapat menghasilkan listrik. c. Arus listrik Arus listrik menghasilkan energi listrik. Energi listrik untuk menjalankan alat-alat listrik. Misalnya, TV, setrika, dan lemari pendingin. Arus listrik o Arus listrik menghasilkan energi .............. Energi listrik untuk menjalankan alat-alat listrik. Misalnya, TV, setrika, dan lemari pendingin. d. Air Air menghasilkan energi gerak. Energi gerak digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Air o Air menghasilkan energi ............ Energi gerak digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). 3. Tujuan Penggunaan a. Menghasilkan penerangan b. Mengahsilkan panas atau dingin c. Menggerakkan suatu benda Tujuan Penggunaan o o o Menghasilkan ................. Mengahsilkan .......... atau .......... ..................... suatu benda

54

SCIENCE SKILL 3

Soal Latihan
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau di buku tugasmu! Kelereng yang disentil akan bergerak . . . . a. mengalir c. menggelinding b. memantul d. memutar 2. Bola yang dilemparkan ke tembok akan kembali berbalik arah. Gerakan ini disebut . . . . a. memutar c. menggelinding b. memantul d. melayang 3. Baling-baling yang tertiup angin akan bergerak . . . . a. menggelinding c. memutar b. melayang d. memantul 4. Alat musik berikut yang akan menghasilkan bunyi saat dipetik, yaitu . . . . a. seruling c. piano b. gitar d. gendong 5. Permukaan benda yang kasar . . . geraknya. a. memperlambat c. mendorong b. mempercepat d. sama 6. Gerakan air yang menghasilkan listrik terdapat pada .... a. PLTN c. PLTD b. PLTA d. PLTU 7. Berikut yang termasuk sumber energi yang dapat diperbarui adalah .... a. bensin c. solar b. batu bara d. aki 8. Energi listrik dimanfaatkan untuk alat-alat di bawah ini, kecuali .... a. televisi c. lampu petromak b. komputer d. lampu neon Peralatan di rumah kita banyak menggunakan energi 9 .... a. panas b. listrik c. kimia d. gerak 10. Mematikan lampu jika tidak diperlukan merupakan cara menghemat energi .... a. cahaya 1.

55

SCIENCE SKILL 3 b. panas c. listrik d. gerak B. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Isilah titik-titik dari soal-soal berikut ! Benda yang berbentuk bulat bergerak secara …. Bola basket dimainkan dengan … ke lantai. Jika sebuah pensil di atas meja tersenggol secara keras, maka akan ….. Benda berputar pada…. Air sungai … dari hulu ke hilir. Energi yang dihasilkan matahari adalah …. Senar gitar yang dipetik menghasilkan energi …. Batu baterai dan aki menyimpan energi …. Manfaat yang dapat langsung diperoleh dari energi matahari ialah .... Pada bidang miring licin, balok kayu bergerak dengan cara ....

56

SCIENCE SKILL 3

BAB 6 PENERAPAN ENERGI GERAK BENDA
A. Membuat Kincir Angin Sederhana 1. Potong kertas karton dengan ukuran 10 cm x 10 cm.

2. Gunting karton dengan arah diagonal dari setiap sudut persegi empat. Sisakan 4 cm dari pusat ke arah setiap sudut.

3. Gambar lingkaran kecil pada sudut karton secara berselang-seling. Perhatikan gambar !

4. Lipat sudut yang digambari lingkaran menuju pusat persegi empat.

57

SCIENCE SKILL 3

5. Setelah ke empat sudut dilipat, rekatkan pada bagian tengah dengan selotip.

6. Pepatkan sedikit plastisin pada bagian pusat belakang karton. Tancapkan jarum pentul hingga menembus bagian belakang sedotan.

B. Cara Menghemat Energi Usaha untuk menghemat energi yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain: 1. menggunakan alat-alat listrik yang hemat energi, 2. mematikan alat-alat listrik bila tidak digunakan, 3. kamar kosong tidak perlu diberi penerangan, 4. menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar, 5. mematikan keran air apabila selesai digunakan, 6. menggunakan air secukupnya saat mencuci pakaian, 7. menggunakan kompor yang hemat energi.

Cara Menghemat Energi Usaha untuk menghemat energi yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain: 1. menggunakan alat-alat listrik yang ......................,

58

SCIENCE SKILL 3 2. ............... alat-alat listrik bila tidak digunakan, 3. kamar kosong tidak perlu ............................, 4. menggunakan kendaraan yang ............................, 5. ............................ apabila selesai digunakan, 6. menggunakan pakaian, 7. menggunakan kompor yang .......................... air .................. saat mencuci

59

SCIENCE SKILL 3

BAB 7 BUMI DAN ALAM SEMESTA
A. Kenampakan Permukaan Bumi
1. Bentuk Permukaan Bumi Bentuk permukaan bumi tidak rata dan terdiri dari daratan dan lautan. Globe adalah tiruan bentuk muka bumi. Kutub-kutub pada globe berbentuk bulat dan pepat. Warna pada globe menunjukkan bentuk wilayahnya. Warna hijau merupakan dataran rendah, sedangkan warna kuning merupakan dataran tinggi. Pegunungan diberi warna kuning kecokelatan. Warna biru paling banyak terdapat pada globe. Warna biru menunjukkan wilayah perairan. Wilayah perairan misalnya lautan, sungai, dan danau.

Bentuk Permukaan Bumi o Bentuk permukaan bumi tidak rata dan terdiri dari ............ dan ........... o Globe adalah ................. bentuk muka bumi. o Kutub-kutub pada globe berbentuk ............. dan .............. o Warna pada globe menunjukkan bentuk wilayahnya.

60

SCIENCE SKILL 3 o Warna hijau merupakan ................, sedangkan warna kuning merupakan .................. o Pegunungan diberi warna ................... o Warna biru paling banyak terdapat pada globe. Warna biru menunjukkan wilayah .............. Wilayah perairan misalnya lautan, sungai, dan danau. a. Gunung dan Pegunungan Gunung adalah tanah yang menjulang tinggi ke atas dan umumnya berbentuk kerucut atau kubah yan berdiri sendiri. Pegunungan adalah kumpulan beberapa gunung yang berdiri saling berdekatan.

Gunung dan Pegunungan o Gunung adalah tanah yang ...................... ke atas dan umumnya berbentuk ............ atau ............... yan berdiri sendiri. o Pegunungan adalah ................ beberapa gunung yang berdiri saling berdekatan. b. Bukit dan Perbukitan Bukit juga merupakan tanah yang menjulang tinggi ke atas, tetapi lebih rendah daripada gunung. Beberapa bukit dapat membentuk deretan yang disebut perbukitan

61

SCIENCE SKILL 3

Bukit dan Perbukitan o Bukit juga merupakan tinggi ke tanah atas, yang tetapi menjulang o

....................... daripada gunung. Beberapa bukit dapat membentuk deretan yang disebut ..............

c. Lembah Lembah merupakan tanah rendah yang luas di kaki gunung. Lembah o Lembah merupakan tanah ........... yang luas di ................... d. Danau Danau adalah suatu kumpulan air yang berada di dalam cekungan. Cekungan tersebut biasanya berbentuk seperti mangkuk dan dikelilingi oleh daratan dan tidak berhubungan langsung dengan laut. Danau o o Danau adalah suatu kumpulan air yang berada di ................... Cekungan tersebut biasanya berbentuk seperti laut. e. Sungai Sungai merupakan tempat air mengalir di daratan. mangkuk dan dikelilingi oleh daratan dan tidak .................... dengan

62

SCIENCE SKILL 3 Sungai o Sungai merupakan tempat ............. di daratan. 2. Bentuk Bumi Para ahli mengatakan bahwa bentuk bumi tidak bulat seperti bola. Bentuk bumi adalah bulat pepat atau bulat sedikit rata pada kedua kutubnya. Bentuk Bumi o Para ahli mengatakan bahwa bentuk bumi tidak bulat seperti bola. Bentuk bumi rata adalah pada ................. atau bulat sedikit

...............................

B. Keadaan Langit dan Cuaca
Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat dalam waktu tertentu. Ilmu yang mempelajari tentang cuaca disebut meteorologi. Ilmu yang mempelajari iklim disebut klimatologi. Ada berbagai macam cuaca di Bumi. Ada cuaca cerah, berawan, dan hujan. Saat cuaca cerah, keadaan langit akan terang. Saat cuaca berawan, keadaan langit diliputi awan dan menghalangi sinar matahari ke bumi. Udara terasa tidak begitu panas. Saat cuaca cerah, keadaan langit terang tidak berawan dan udara terasa hangat. Pada saat cuaca panas, keadaan langit sangat terang. Matahari bersinar terik sehingga udara terasa panas. Apabila awan abu-abu mulai menutupi langit, biasanya akan turun hujan. Kondisi cuaca dipengaruhi oleh: a. suhu udara, b. tekanan udara, c. kelembaban udara, d. letak suatu daerah, e. curah hujan, dan f. angin.

63

SCIENCE SKILL 3

Keadaan Langit dan Cuaca
o Cuaca adalah .......................... pada suatu tempat dalam waktu tertentu. o Ilmu yang mempelajari tentang cuaca disebut ................. o Ilmu yang mempelajari iklim disebut ................ o Ada berbagai macam cuaca di Bumi. Ada cuaca ..............., .........., dan ............. Saat cuaca cerah, keadaan langit akan terang. o Saat cuaca berawan, keadaan langit .................... dan menghalangi sinar matahari ke bumi. Udara terasa tidak begitu panas. o Saat cuaca cerah, keadaan langit terang tidak berawan dan udara terasa ............... o Pada saat cuaca panas, keadaan langit ...................... o Matahari bersinar terik sehingga udara terasa ............... o Apabila awan abu-abu mulai menutupi langit, biasanya akan ............... o Kondisi cuaca dipengaruhi oleh: a. ............ udara,

64

SCIENCE SKILL 3 b. .............. udara, c. ............... udara, d. ........ suatu daerah, e. .........., dan f. ............ Berikut adalah simbol-simbol ramalan cuaca.

cerah

agak berawan

berawan

mendung

hujan

badai

C. Pengaruh Cuaca terhadap Kegiatan Manusia
Ada beberapa kegiatan manusia yang tidak dapat dilakukan pada cuaca tertentu. Para nelayan menunda berlayar jika hujan turun lebat. Apalagi jika disertai dengan badai. Petani memanfaatkan hujan untuk menanam padi. Sebaliknya, petani garam memanfaatkan musim kemarau untuk membuat garam. Garam dibuat dari air laut yang menguap dan akan membentuk kristalkristal garam. Oleh karena itu, dibutuhkan panas matahari yang cukup. Keadaan cuaca juga dapat mempengaruhi pakian yang dikenakan manusia. Pada umumnya, manusia memakai pakaian yang tipis di musim panas dan berpakaian tebal pada saat musim dingin. Saat ujan manusia memakai jas hujan atau payung.

Pengaruh Cuaca terhadap Kegiatan Manusia
o Ada beberapa kegiatan manusia yang tidak dapat dilakukan pada cuaca tertentu. Para nelayan

65

SCIENCE SKILL 3 menunda berlayar jika ..................... Apalagi jika disertai dengan badai. o Petani memanfaatkan ............. untuk menanam padi. o Sebaliknya, petani garam memanfaatkan .......................... untuk membuat garam. Garam dibuat dari air laut yang menguap dan akan membentuk kristalkristal garam. Oleh karena itu, dibutuhkan panas matahari yang cukup. o Keadaan pakaian cuaca yang juga dapat mempengaruhi Pada dikenakan manusia.

umumnya, manusia memakai pakaian ................ di musim panas dan ................... pada saat musim dingin. o .......................... manusia memakai jas hujan atau payung.

66

SCIENCE SKILL 3

Soal Latihan
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau di buku tugasmu! Sebagian besar permukaan Bumi terdiri atas wilayah .... a. dataran c. daratan b. perairan d. gunung 2. Bentuk Bumi adalah . . . . a. datar c. lempengan b. bulat d. garis 3. Laut yang luas disebut juga .... a. selat c. samudra b. teluk d. tanjung 4. Permukaan bumi terdiri atas .... a. daratan b. pulau c. daratan dan lautan d. samudra 5. Permukaan bumi sebagian besar terdiri atas .... a. daratan c. pegunungan b. lautan d. hutan 6. Rangkaian gunung yang bersambung disebut .... a. pegunungan b. perbukitan c. dataran d. palung 7. Di permukaan bumi, sungai termasuk kelompok .... a. lautan b. daratan c. lautan dan daratan d. pegunungan 8. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut .... a. ekologi c. meteorologi b. hidrologi d. klimatologi 9. Matahari bersinar terang menunjukkan bahwa cuaca sedang .... a. cerah b. berawan c. mendung d. hujan 10. Langit berwarna hitam menandakan .... 1.

67

SCIENCE SKILL 3 a. cuaca cerah b. cuaca berawan c. akan datangnya hujan d. cuaca mendung B. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Isilah titik-titik dari soal-soal berikut ! Bentuk tiruan bumi disebut …. Warna hijau pada globe menunjukkan daerah …. Bukit merupakan dataran yang lebih rendah daripada …. Kelompok beberapa gunung di sebut …. Lembah adalah …. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut …. Matahari bersinar terang menunjukkan bahwa cuaca sedang .... Bila dibandingkan dengan daerah pegunungan, maka suhu di dataran rendah lebih .... Petani garam membuat garam pada musim …. Keadaan cuaca dapat ditunjukkan dari ....

68

SCIENCE SKILL 3

BAB 8 SUMBER DAYA ALAM DAN PELESTARIANNYA
A. Macam-macam Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam dan dapat digunakan oleh manusia untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam dapat digolongkan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Macam-macam Sumber Daya Alam
o Sumber daya alam adalah .................... yang terdapat di ............ dan dapat digunakan oleh manusia untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. o Berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam dapat digolongkan menjadi sumber daya alam yang ....................... dan sumber daya alam yang .................................

1.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dibentuk kembali oleh alam dalam waktu yang relatif singkat. Misalnya tumbuhan, hewan dan air.

69

SCIENCE SKILL 3

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui o Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang .......................... oleh alam dalam waktu yang relatif singkat. Misalnya tumbuhan, hewan dan air 2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak dapa dibentuk kembali oleh alam dalam waktu yang relatif singkat. Beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain, minyak bumi, batu bara, gas alam, logam, dan barang-barang tambang lainnya.

Sumber

Daya daya

Alam alam

yang yang

Tidak tidak

Dapat dapat

Diperbaharui o Sumber diperbarui adalah sumber daya alam yang ................................ oleh alam dalam waktu yang relatif singkat. o Beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain, ................., ............, .........., ..........., dan barang-barang tambang lainnya.

70

SCIENCE SKILL 3

B.

Penggunaan Sumber Daya Alam
1. Pemanfaatan Tumbuhan Tumbuhan adalah sumber daya alam nabati yang sangat diperlukan dalam kehidupan. Banyak manfaat yang diperoleh manusia dari tumbuhan, antara lain, berupa makanan, pakaian, peralatan rumah tangga, dan obatobatan.

Pemanfaatan Tumbuhan o Tumbuhan kehidupan. o Banyak manfaat yang diperoleh manusia dari tumbuhan, antara lain, berupa ................, .............., peralatan rumah tangga, dan obatobatan. 2. Pemanfaatan Hewan Selain peternakan dan perikanan, hewan-hewan lain yang hidup di tempat liar juga termasuk sumber daya alam hewani. Contoh hewanhewan tersebut, antara lain, harimau, gajah, buaya, berbagai jenis burung, ular, penyu, kadal, dan berbagai jenis serangga. adalah sumber daya alam ................ yang sangat diperlukan dalam

71

SCIENCE SKILL 3

Pemanfaatan Hewan o Selain peternakan dan perikanan, hewanhewan lain yang hidup di tempat liar juga termasuk sumber daya alam hewani. Contoh hewan-hewan tersebut, antara lain, ..........., ........., ........., berbagai jenis burung, .........., ........, ........., dan berbagai jenis serangga. 3. Pemanfaatan Air Air merupakan sumber daya alam yang paling banyak tersedia di alam. Air juga dapat dimanfaatkan dalam perikanan, pertanian, objek wisata dan pembangkit enaga listrik.

Pemanfaatan Air o Air merupakan sumber daya alam yang ................ tersedia di alam. Air juga dapat dimanfaatkan dalam ........., ............, ............. dan .....................................

72

SCIENCE SKILL 3

C.

Cara Memelihara dan Melestarikan Sumber Sumber Daya Alam
1. Menanam kembali tanah yang gundul dengan pepohonan (reboisasi). 2. Membuat sengkedan atau terasering pada derah yang miring. 3. Mengolah dan memupuk tanah. 4. Membersihkan lingkungan sekitar dari timbunan sampah. pohon secara berencana. 5. Penebangan Maksudnya, yang ditebang harus benar-benar sudah tua dan setiap penebangan langsung diikuti dengan penanaman pohon pengganti. 6. Melindungi hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan di hutan agar tidak diambil secara sembarangan dengan pembuatan hutan lindung. 7. Pembuatan cagar alam dan suaka marga satwa untuk melingungi tumbuhan dan hewan langka agar tidak mengalami kepunahan. 8. Menghemat pemakaian bahan bakar dari minyak bumi.

Cara Memelihara dan Melestarikan Sumber Sumber Daya Alam
1. ................................ tanah yang gundul dengan pepohonan (reboisasi). 2. ...................... atau .................. pada derah yang miring. 3. Mengolah dan ............. tanah. 4. Membersihkan ....................... 5. Penebangan pohon secara ................... Maksudnya, yang ditebang harus benar-benar sudah tua dan setiap penebangan langsung diikuti dengan .................................................. lingkungan sekitar dari

73

SCIENCE SKILL 3 6. Melindungi hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan di hutan agar tidak diambil secara sembarangan dengan pembuatan ............................ 7. Pembuatan ................... dan ......................... untuk melingungi tumbuhan dan hewan langka agar tidak mengalami kepunahan. 8. Menghemat minyak bumi. pemakaian ..................... dari

74

SCIENCE SKILL 3

Soal Latihan
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau di buku tugasmu! 1. Penanaman kembali hutan yang telah gundul disebut …. a. reboisasi c. erosi b. irigasi d. imigrasi Bahan tambang merupakan sumber daya alam yang …. a. dapat diperbarui c. tahan lama b. tidak dapat diperbarui d. cepat habis Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah …. a. batu bara c. mineral b. minyak bumi d. air Mencegah tanah longsor pada tanah miring dapat dilakukan dengan cara …. a. pemupukan c. pembuatan terasering b. penghijauan d. reboisasi Melestarikan sumber daya alam dapat dilakukan dengan cara …. a. perladangan berpindah b. penyuburan tanah c. menggunakan pestisida secara berlebihan d. pemberian pupuk yang banyak Contoh sumber daya alam hayati adalah …. a. tumbuhan c. air b. udara d. batu bara Berikut ini merupakan penyebab ber kurangnya sumber daya alam, yaitu .... a. reboisasi b. budi daya c. pembuatan cagar alam d. bencana alam Melakukan reboisasi bertujuan untuk mencegah .... a. hutan gundul b. adanya pene bangan liar c. timbulnya gempa bumi d. timbulnya gunung meletus Berikut ini usaha untuk men cegah erosi, di antaranya ....

2.

3.

4.

5.

6. 7.

8.

9.

75

SCIENCE SKILL 3 a. menebang pohon b. mengikis lapisan tanah yang subur c. membuat sengkedan d. membuang sampah sembarangan 10. Sumber daya alam yang digunakan secara langsung, tanpa diolah terlebih dahulu ialah .... a. kayu c. sayuran b. besi d. bunga mawar B. Isilah titik-titik dari soal-soal berikut ! 1. Segala sesuatu yang terdapat di alam dan dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan manusia disebut …. 2. Tumbuhan dan hewan termasuk jenis …. 3. Melestarikan hutan dilakukan dengan cara …. 4. Agar hewan tidak punah maka didirikanlah …. 5. Membersihkan sampah di halaman rumahmu merupakan tindakan … lingkungan. 6. Tanah kering dan tandus disuburkan dengan cara …. 7. Reboisasi dapat mencegah bahaya …. 8. Membuat sengkedan merupakan cara memelihara sumber daya alam yang dilakukan di daerah yang bertanah …. 9. Contoh sumber daya alam yang tidak habis, yaitu …. 10. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah ….

76

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful