Está en la página 1de 34

PERMAINAN SEPAK BOLA

Sejarah Sepak Bola Sepak bola dikenal sejak ribuan tahun lalu, namun sampai sekarang belum ada yang tahu pasti siapa penciptanya.Bukti ilmiah memperlihatkan, sejak di cina dinasti Han ada semacam sepak bola yang di sebut Tsu chu untuk melatih fisik tentaranya. Di Jepang juga di kenal semacam Tcu chu sejak 500 an tahun lalu. Di Yunani juga dikenal dengan nama epyskiros dan di romawi kondang dengan nama harpastum, yaitu permainan dengan bola kecil. Umumnya beberapa permainan tersebut berbentuk permainan yang berusaha menggiring bola ke pihak lawan.

Ada dugaan bahwa orang orang Romawi membawa permainan itu ke inggris, kemudian Inggris memulai mengembangkan permainan ini dengan sempurna sehingga menjadi permainan sepak bola seperti sekarang.Tanggal 25 oktober 1863 berdirilah the Football Association di London.

Organissai ini menyusun permainan sepak bola pada tanggal 21 Mei 1904, berdiri pula Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) di Paris kemudian pada tahun 1930 Julius Rimet menyelenggarakan kejuaraan dunia pertama yang bertempat di Uruguay.Untuk mengenang jasanya, maka tahun 1946 piala dunia tersebut dinamakan Julies Rimet Cup. Kejuaraan dunia diadakan setiap 4 tahun sekali.

Di Indonesia sendiri, pada tanggal 19 april 1930 di bentuk PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) di jogyakarta. Pengurus PSSI pertama kali di ketuai oleh Ir.Soeratin Sosrosoegondo. Oleh karena itu, untuk menghargai jasa jasa Ir Soeratin dalam upaya membina dan mempertahankan berdirinya PSSI, maka mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepak bola tingkat taruna remaja dengan nama Piala Soeratin (Soeratin Cup)

Permainan sepak bola merupakan permainan yang sangat digemari oleh semua orang. Apalagi di era sekarang ini, berbagai pertandingan baik di tingkat daerah, nasional dan dunia kita dapat menyaksikan melalui layar televisi.

TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA


1. Menendang bola Menendang bola adalah menyentuh, mendorong atau menyepak bola. Ditinjau dari perkenaan bagian kaki terhadap bola, teknik menendang dapat di bedakan menjadi 4 macam yaitu : Kaki bagian dalam Kaki bagian luar Punggung kaki, dan Punggung kaki bagian dalam

2. Mengontrol Bola Mengontrol bola merupakan salah satu teknik dalam permainan sepak bola yang digunakan untuk menghentikan datangnya bola dengan cara menggunakan salah satu anggota badan. Tujuannnya mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk mengoper atau mengumpan. Anggota tubuh yang digunakan untuk mengontrol bola adalah : Kaki bagian dalam Kaki bagian luar Punggung kaki Paha Dada, dan Kepala

3. Menggiring Bola Menggiring bola adalah menendang (menyentuh,mendorong) bola secara perlahan sambil berjalan atau berlari. Adapun dari tujuan menggiring bola adalah untuk : Membawa bola ke arah gawang lawan. Melewati lawan, dan Memperlambat atau mengatur irama permainan Bagian kaki yang digunakan untuk mengiring bola adalah sama dengan bagian kaki untuk menendang bola

PERLENGKAPAN PERMAINAN SEPAK BOLA


1. Lapangan Berbentuk Empat Persegi Panjang dan tertutup dengan rumput pendek dan rapat dengan ukuran :
Panjang Lebar

: 100 110 meter : 64 75 meter

2. Gawang Tiang dan palang gawang dibuat dari kayu atau logam dengan tebal maksimum 12 cm dan dicat putih dengan ukuran :
Tinggi Lebar

: 2,44 meter : 7,32 meter

3. Bola, terbuat dari kulit lunak dan bulat atau bahan yang sejenis dan bentuknya harus bulat, dengan ukuran :

Garis lingkaran Berat Tekanan udara laut

: 68 71 cm : 396 453 gram : 600 700 cm pada permukaan

4. Tanda Perbatasan Garis garis batas dari kapur harus jelas dengan lebar 12 cm, sehingga merupakan garis putih. Bendera sudut dibuat dari kain yang mudah dilihat. Tinggi tiang berukuran 1,5 meter dan dari bendera sudut sebagai titik pusat dihubungkan oleh suatu garis lurus sejajar dengan garis gawang. Empat persegi panjang yang dibatasi oleh garis garis itu di sebut daerah gawang.

5. Daerah tendangan hukuman Titik tendangan hukuman diukur dari titik tengah garis gawang tegak lurus dengan garis gawang dengan jarak 11 meter. Dengan titik tendangan hukuman sebagai pusat dan dengan jari jari 9,15 meter ditarik suatu busur diluar masing masing daerah tendangan hukuman. Hanya di dalam daerah hukuman, penjaga gawang boleh memainkan bola dengan tangan.

6. Daerah sudut Pada setiap sudut lapangan dengan tiag bendera sudut sebagai titik pusat dibuat sebuah busur seperempat lingkaran dengan jari jari 1 meter. Tinggi tiang bendera susut tidak boleh kurang dari 1,5 meter

7. Perlengkapan Pemain dan Wasit

Pakaian Pemain

Setiap regu harus berseragam dan bernomor, kecuali penjaga gawang harus memakai pakaian yang berlainan dari regunya sendiri atau regu lain. Jika terjadi persamaan dalam seragam pada suatu pertandingan, maka tuan rumah harus mengganti pakaiannya.

Pakaian Wasit

Wasit dan hakim garis memakai baju hitam dan celana pendek hitam atau warna lain yang mencolok dan beda dengan kedua regu.

Sepatu

Sepatu yang baik terbuat dari kulit lunak dan kuat yang mempunyai paku atau pool dibagian bawahnya dan mempunyai jumlah yang telah di tentukan sesuai dengan standart atau peraturan yang resmi

8. Jumlah Pemain Jumlah pemain 11 orang dan salah satu diantaranya sebagai penjaga gawang dan bisa dimainkan paling sedikit 7 orang Jumlah pemain cadangan dari setiap regu maksimal 7 orang Nama pemain pengganti harus diserahkan kepada panitia terlebih dahulu untuk dapat ikut dalam pertandingan

9. Lamanya Permainan
Permainan berlangsung dalam dua babak, masing masing babak lamanya 45 menit, kecuali ada kesepakatan bersama seperti penambahan waktu sebagai penganti waktu yang hilang, karena pergantian pemain, pengangkutan pemain yang cedera dan lain lain Jika pertandingan dihentikan oleh wasit sebelum waktu yang ditentukan dalam peraturan, yaitu 2 x 45 menit, maka pertandingan harus diulang secara penuh kecuali peraturan pertandingan telah dapat menentukan hasil pertandingan yang harus dihentikan Waktu istirahat diantara dua babak tidak lebih dari 15 menit. Pada babak tambahan waktunya 2 x 15 menit. Lamanya waktu istirahat hanya dapat diubah atas persetujuan wasit.

BERMAIN SECARA SEDERHANA


Sebelum bermain sepak bola para siswa diharapkan telah mendapatkan latihan teknik dasar sehingga permainan dapat dinikmati, kemudian ditambahkan dengan bermain kucing kucingan dengan pemain lawan dua, tiga kali sentuh, selanjutnya bermain setengah lapangan dengan enam pemain lawan enam pemain menggunakan gawang yang kecil.

Permulaan Permainan a. Kick Off (Tendangan awal permainan dapat dimulai) Kick Off dilakukan oleh pemain (regu) yang mendapatkan undian, dan pada umumnya dilakukan oleh pemain penyerang (depan). b. Setelah wasit memberi tanda, permainan dimulai oleh pemain yag mengambil tempat tendangan pertama (bola ditempatkan pada titik tengahlapangan) di tendang ke daerah lawannya.

d.

e.

f.

Semua pemain harus berada di daerah masing masing. Pemain lawan yang berhadapan dengan pemain lawan yangmenendang bolapertama harus berjarak tidak kurang dari 9,15 meter dari bola sampaitendangan pertama dilakukan. Bola dalam permainan apabila bola itu melewati daerahnya (satu putaran bola) Penendang bola tidak boleh memainkan bola lebih dari satu kali,kecuali telah menyentuh pemain lain.

f.

g.

Setelah gol dicetak,permaianan harus dimulai kembali dengan tendangan pertama oleh tim yang kemasukan gol dan bola pertama berada di titik tengah lapangan. Ketika babak kedua dimulai, kedua tim bergantian tempat dan tendangan pertama akan diambil oleh pemain lawan yang tidak mengambil tendangan pertama pada permulaan babak pertama

h.

i.

Lemparan ke dalam (Throw in) Lemparan kedalam terjadi akibat bola keluar lapangan melalui garis panjang lapangan adapun pemain yang berhak melakukan lemparan kedalam adalah pemain lawan yang menyentuh bola hingga keluar lapangan. Off-side Posisi ketika seorang pemain berada di dekat garis gawang lawan dibandingkan dengan bola pada saat bola tersebut sedang dioper ke arah anda, kecuali jika terdapat dua orang pemain lawan atau lebih yang setidaknya berada sama dekatnya dari garis gawang mereka dan hukuman bagi seorang pemain yang di nyatakan off side adalah wasit akan memberikan tendangan bebas tidak langsung. Kecuali d daerah gawang, tendangan bebas dapat dilakukan dimana saja di daerah gawang.

SEMESTER II TEKNIK DASAR SEPAK BOLA LANJUTAN

Teknik sepak bola terdiri dari atas bermacam macam gerakan.Keahlian seseorang dalam mempermainkan bola sangatlah berguna untuk suatu pertandingan yang berkualitas. Teknik permainan sepak bola dapat di bedakan sebagai berikut : menendang, menahan, menggiring bola, menembak bola. Dan teknik menjaga gawang.

a. Teknik gerak tipu dengan bola Teknik gerak tipu dengan bola adalah seperti gerak tipu badan (gerak tipu tanpa bola) namun menggunakan bola.Gerak tipu ini bertujuan menipu sehingga dapat melampaui lawan.Pada umumnya gerak tipu dilakukan dengan gerakan ayunan kaki, ayunan badan atau berhenti dengan tiba tiba. b.Teknik menyundul bola Menyundul bola dapat dilakukan dengan sikap berdiri dengan kaki tetap di atas tanah atau sambil melompat ke udara.Sikap manapun yang dilakukan, tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan permianan.

c. Teknik Merampas bola (tackling) Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merampas bola dari kaki lawan. Terdapat tiga cara yang paling umum digunakan, yaitu : Dengan cara berhadapan (tanpa menjatuhkan diri) Dengan cara meluncur (sliding tackle) dengan kaki bagian dalam Dengan cara meluncur (sliding tackle) dengan kaki bagian luar d. Teknik Melempar bola ke dalam (Throw in ) Melempar bola kedalam dilakukan apabila bola keluar melalui garis samping lapangan permainan.Pemain tidak dibenarkan membuat gol dari lemparan kedalam.Bagi pemain yang menerima bola dari lemparan kedalam, tidak diberlakukan peraturan off side.Hal ini merupakan suatu taktik yang paling penting untuk menguntungkan penyerang yang dekat dengan gawang lawan.

e. Teknik Menjaga Gawang Banyak sekali teknik yang dapat digunakan oleh penjaga gawang dalam mempertahankan gawangnya dari kemasukkan bola.Penjaga gawang boleh menggunakan semua bagian tubuhnya dalam menangkap atau menghalau bola. Teknik menjaga gawang antara lain : Menangkap Bola yang bergulir di tanah. Menangkap bola setinggi perut. Menangkap bola setinggi dada Men tip bola tinggi melalui gawang

STRATEGI DASAR BERTAHAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA Tujuan dari strategi bertahan adalah untuk memberikan perlawanan terhadap lawan agar tidak terciptanya gol atau tidak kemasukan bola pada gawang kita.Seorang pemain bertahan hendaknya berusaha agar pemain lawan tidak dapat leluasa menguasai bola. Kadang kadang pemain bertahan mengikuti penyerang ke mana saja ia bergerak, tetapi kadang pemain bertahan di daerahnya sendiri.

Pemain bertahan hendaknya dengan waspada memperhatikan lawannya dan secepatnya harus mengambil keputusan dalam bertindak, kapan saatnya yang tepat untuk menyerang atau mundur sedikit.Dalam menghadapi lawan seorang pemain bertahan hendaknya menunggu dengan hati hati gerakan yang pertama dari lawan.

POSISI POSISI YANG MENGUNTUNGKAN KETIKA PEMAIN SEPAK BOLA MELAKUKAN PERTAHANAN ANTARA LAIN :

a. Strategi Bertahan dengan posisi 4 4 2 Artinya empat pemain belakang terdiri dari back kiri, back kanan, libero, dan stopper. Empat pemain tengah dari sayap kanan, gelandang kanan, gelandang kiri dan sayap kiri. Dua pemain depan terdiri dari penyerang tengah

b. Strategi Bertahan dengan posisi 4 3 3 Artinya empat pemain belakang teriri dari back kanan, back kiri, libero dan stopper. Tiga pemain tengah terdiri dari gelandang kanan, gelandang tengah dan gelandang kiri. Tiga pemain depan terdiri dari kanan luar, penyerang tengah dan kiri luar.

c. Strategi Bertahan dengan posisi 5 3 2 Artinya lima pemain belakang terdiri dari back kanan dalam, back kanan luar, back kiri dalam, back kiri luar dan stopper. Tiga pemain tengah terdiri dari gelandang kanan, gelandang tengah dan gelandang kiri. Dua pemain depan terdiri dari penyerang kanan dan penyerang kiri.

STRATEGI DASAR MENYERANG DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA Tujuan dari strategi menyerang adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak banyaknya, untuk itu diperlukan strategi dan teknik penyerangan yang baik. Setiap kesebelasan hendaklah mempelajari tentang gerakan gerakan tersusun antara lain bola pertama digulirkan, tendangan penjuru, tendangan bebas, dan melempar bola.

Untuk

menghadapi petahanan lawan yang rapat, maka diperlukan pola operan langsung, mencari ruang kosong dan semua pemain mencoba mencari ruang yang tidak terjaga, tidak peduli akan diberi bola atau tidak.

POSISI POSISI YANG MENGUNTUNGKAN KETIKA PEMAIN SEPAK BOLA MELAKUKAN PENYERANG ANTARA LAIN ;

a. Strategi Menyerang dengan posisi 4 2 4 Artinya empat pemain belakang terdiri dari back kanan, back kiri, libero dan stopper. Dua pemain tengah terdiri dari gelandang kanan dan gelandang kiri. Empat pemain depan terdiri dari kanan luar, da penyerang tengah dan kiri luar.

b. Strategi Menyerang dengan posisi 2 4 4 Artinya dua pemain belakang terdiri dari back kanan dan back kiri. Empat pemain tengah terdiri dari sayap kanan, gelandang kanan, gelandang kiri dan sayap kiri. Empat pemain depan terdiri dari kanan luar, dua penyerang tengah dan kiri luar

c. Strategi Menyerang dengan posisi 2 4 4 Artinya tiga pemain belkang terdiri dari back kanan, back kiri, dan libero. Dua pemain tengah terdiri dari gelandang kiri. Lima pemain depan terdiri dari kana luar, kanan dalam, penyerang tengah, kiri dalam dan kiri luar.