P. 1
KEBUGARAN OTOT

KEBUGARAN OTOT

|Views: 191|Likes:
Publicado porEdie Van Hoven

More info:

Published by: Edie Van Hoven on Dec 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2013

pdf

text

original

BAB 1 PENDAHULUAN

Prestasi Olahraga bangsa Indonesia di tingkat internasional dan regional dewasa ini mengalami penurunan, hal ini bisa dilihat dari prestasi di Indonesia dalam mengikuti Sea Games yang cenderung menurun.Prestasi dalam olahraga bukan lagi milik perseorangan , tetapi sudah menyangkut harkat martabat suatu bangsa.Itulah sebabnya berbagai daya dan upaya dilakukan oleh suatu negara untuk menempatkan atletnya sebagai juara pada berbagai kegiatan olahraga besar yang melibatkan nama suatu negara.Oleh sebab itu berbagai daya dan upaya dilakukan untuk mencapai prestasi. Salah satu komponen penting yang menentukan keberhasilan seorang atlet untuk berprestasi adalah kesegaran jasmani dan kebugaran otot.Tanpa kebugaran yang prima atlet tidak akan berhasil memperoleh prestasi walaupun memiliki ketrampilan teknik dan taktik yang baik.Kenyataan yang menunjukan bahwa kebugaran yang baik berhubungan dengan prestasi olahraga.Prestasi dapat tercapai bukan karena melakukan latihan yang keras tetapi melakukan latihan yang tepat, latihan yang tepat adalah apabila dapat meningkatkan kebugaran. Konsep ini hanya dapat terwujud apabila memahami dan menyadari pentingnya kondisi fisik untuk mencapai prestasi yang tinggi.

Salah satu efek latihan adalah mengurangi hambatan tersebut. Namun tingkat penurunan ini jauh lebih sedikit pada orang-orang yang aktif. Seiring pertumbuhannya. Selain itu. Tenaga mencapai puncaknya di awal 20-an dan menurun hingga usia 60-an. lelaki rata-rata menggunakan otot lengan dan bahu 30% lebih banyak dibandingkan perempuan. 1. Berjalan. kecepatan.BAB II ISI KEBUGARAN OTOT Kebugaran otot meningkatkan massa otot. daya tahan. . tenaga dan daya tahan sulit untuk dipisahkan. daya tahan otot. Pertimbangan lainnya adalah komposisi lemak pada wanita dua kali lipat dibanding pria. Komponen yang penting pada kebugaran otot adalah tenaga. Terlebih antara usia 50 – 60 tahun. kekuatan. Efek latihan tenaga didapat dari latihan dengan peningkatan beban. dan aktivitas lainnya. mengangkat sesuatu.Tenaga Tenaga kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari. Hambatan tersebut terutama terletak di otak dan reseptor otot. Komponen penting lainnya mencakup kekuatan. anak lelaki tidak lebih kuat dari anak perempuan. dan keseimbangan. ketangkasan. Sebelum langsung pada peningkatan beban. fleksibilitas. otot dilatih dahulu secara berulang. Sampai usia 12-14 tahun. Latihan otot baik dilakukan selama masa pubertas karena mengkombinasikan perubahan sistem saraf dengan perubahan pada jaringan otot. Individu yang tidak terlatih menghambat ekspresi tenaga yang sesungguhnya. Tenaga. latihan kebugaran otot menghindari proses osteoporosis. sehingga setelah dewasa. bagian tubuh yang bertugas membakar lemak. menggendong bayi. tenaga pria adalah lebih besar dibanding wanita. ketangkasan dan keseimbangan semuanya menurun seiring usia. dan fleksibilitas. Karenanya.

pada usia 30 tahun kekuatan otot sudah mengalami penurunan sampai usialanjut. 2. tetapi besar nilai perbedaan ini tidak pada semua otot. 3.Anak laki-laki menjadi seorang yang dewasa dengan tungkai dan lengan yang lebih panjang dan bahunya lebih lebar.Hal-hal yang mempengaruhi tenaga 1.Jenis Serat Otot Daya otot oleh para ahli disebut sebagai daya otot atau tenaga ledak otot. Daya otot atau daya ledak otot adalah kemamapuan seseorang untuk mempengaruhi kekuatan maksimal yang dikerahkan dalam waktu yang sependek-pendeknya . Perbedaan otot pria dan wanita disebabkan oleh adanya perbedaan otot baik dalam besar maupun proporsinya dalam tubuh.Jadi daya otot adalah kualitas yang memungkinkan otot atau sekelompok otot untuk melakukan kerja fisik secara tiba-tiba.Karena anak laki-laki mulai mengalami peningkatan yang makin pesat sedang anak perempuan hanya mengalami peningkatan yang kecil. sampai pada usia pubertas lebih cepat pria dan pencapaian maksimal pada usia 25 tahun.Kedua jenis memliki ukuran skeletal yang berbeda.Pada umumnya anak laki-laki lebih baik dalam melakukan aktifitas yang memerlukan kekuatan dan gerakan-gerakan yang melibatkan otot-otot besar atau gerakan kasar.Jenis Kelamin Jenis kelamin adalah kelas atau kelompok yang terbentuk dalam suatu spesies sebagai sarana atau sebagai akibat digunakannya proses reproduksi seksual untuk mempertahankan keberlangsungan spesies itu. Pemakaian daya otot ini dengan tenaga otot yang maksimal dalam waktu singkat atau pendek. Perbedaan yang nyata pria dan wanita terlihat pada rangka-rangka wanita yang lebihpendekdaripria.Usia Pada usia 12 tahun peningkatan kekuatan otot antara pria dan wanita sama. . Dalam kehidupan sehari-hari ini diperlukan untuk memindahkan sebagian atau seluruhnya beban dari satu tempat yang lain dilakukan pada suatu saat dan secara tiba-tiba. Daya tahan otot dipengaruhi oleh kekuatan otot.Perbedaan bentuk tubuh antara laki-laki debgab perempuan menjadi tampak jelas sesudah masa puberitas. kecepatan kontraksi otot sehingga faktor yang mempengaruhi kedua halhal tersebut akan mempengaruh daya otot.sedangkan pada wanita dewasa akan nampak lebih besar pinggulnya.Latihan otot baik dilakukan selama masa pubertas karena mengkombinasikan perubahan sistem saraf dengan perubahan pada jaringan otot.

dan memantapkan enzim aerobik. Sementara itu. tetapi sebelum usaha yang berat. Faktor penting lainnya dalam kebugaran otot adalah kecepatan.2. jaringan yang berhubungan. non-aerobik mitochondria. Untuk mendapatkan tenaga yang baik. beras. roti. jangkauan meningkat bila sendi dan otot dipanaskan. kondisi sendi dan lemak tubuh yang berlebih membatasi jangkauan ini. kacang. Sementara itu peregangan setelah latihan. . 3. ketangkasan.Fleksibilitas Fleksibilitas adalah jangkauan gerakan yang bisa dilakukan dengan kaki dan tangan. sangat membantu meringankan sakit otot susulan. sebaiknya komposisi makanan terdiri dari :    25 % total kalori dari lemak 15 % dari protein 60 % dari karbohidrat Karbohidrat yang disarankan adalah karbohidrat kompleks mencakup jagung. serta peregangan setelah pemanasan. Kontraksi yang berulang membutuhkan persediaan energi yang berkelanjutan. Kulit.Daya Tahan Daya tahan dicapai dengan kontraksi serat otot yang berulang-ulang. dalam periode pendinginan. dan koordinasi. dan sebagainya. kentang. dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk bertahan.

Jenis Kelamin 2. latihan kebugaran otot menghindari proses osteoporosis.Kebugaran otot meningkatkan massa otot.BAB III PENUTUP Kesimpulan . Selain itu.Jenis serat otot . bagian tubuh yang bertugas membakar lemak. .Hal-hal yang mempengaruhi tenaga 1.Usia 3.

Choirul Umam 6301409028 JURUSAN PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2011 .TUGAS INDIVIDU MANAJEMEN KEBUGARAN Tugas ini disusun untuk melengkapi tugas individu mata kuliah Manajemen Kebugaran tahun 2011 \ Oleh : Muh.

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->