Está en la página 1de 4

Analisa Pengontrolan Sampah Sampai Titik RT/RW Berbasis SMS Di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam

Oleh: Riawati Philos Shopia

PROGRAM STUDI TEKNIK PERANGKAT LUNAK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI KEPULAUAN RIAU 2011

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kebersihan sangat berperan penting dalam kehidupan sehrari-hari kita karena tanpa suatu lingkungan yang bersih, akan menyebabkan banyak dampak negatif seperti banjir, menimbulkan berbagai macam penyakit, dan sebagainya. Untuk mewujudkan suatu lingkungan yang bersih, maka isu utama yang dapat di ambil yaitu pada masalah pengontrolan sampah yang dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini yaitu Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Batam. Proses yang dilakukan dalam pengolahan sampah selama ini, dilakukan dengan cara Dinas Kebersihan dan Pertamanan menunjuk Mitra Kerja yang telah ditetapkan. Kemudian, mitra kerja menarik iuran kepada masyrakat tanpa mengetahui pemerintah. Sedangkan pemerintah tidak melakukan pengontrolan dalam hal pengangkutan sampah. Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi yang ada pada saat ini, informasi bisa didapatkan dengan mudah, akurat dan efektif waktu, serta lebih efisien dalam hal mengeluarkan biaya. Hal ini lah, yang menyebabkan teknologi berkembang pesat ditengah-tengah masyarakat yang serba ingin praktis. Salah satu contoh yang dapat diambil dalam kehidupan sehari-hari yaitu SMS (Short Messanging Service). SMS merupakan layanan sms dua arah dimana pengirim pesan dapat menerima pesan balasan dari penerima pesan. Dengan SMS, Dinas Kebersihan dan Pertamanan dengan mudah mendapatkan informasi dan mengontrol daerah mana yang belum diangkut sampahnya, berdasarkan nomor rumah, RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan pada saat mendaftar untuk sms. Selain itu, Mayarakatpun bisa melakukan pengaduan belum diambil sampah pada tempat tinggalnya dengan mudah, kapan saja dan dimana saja. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka penulis mengambil judul Analisa Pengontrolan Sampah Sampai Titik RT/RW berbasis SMS. Sistem yang digunakan, menggunakan Bahasa pemrograman yaitu PHP dan database nya yaitu My SQL. Sedangkan SMS disini merupakan jembatan yang akan menghubungkan ponsel user dengan sistem, sehingga diharapkan dapat berjalan sesuai dengan aplikasi yang akan dibuat.

1.2

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah disebutkan di atas, maka permasalahan yang coba diangkat penulis pada tulisan ini adalah bagaimana pemanfaatan sistem secara online dan terkomputerisasi dapat mengontrol sampah yang dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

1.3

Batasan Masalah
Batasan masalah dari pengontrolan sampah ini yaitu yaitu: 1. 2. Sistem ini berbasis SMS, dengan menggunakan bahasa pemrogramanam yaitu php dan database nya yaitu My SQL

1.4

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penulisan TA ini yaitu:
1. Menganalisa dan membuat sistem berbasis SMS dalam pengontrolan sampah,

sehingga mempermudah kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan.


2. Membuat kota Batam bersih dari sampah, sehingga bisa meraih predikat

Adipura kategori Kota Terbersih di Indonesia .

1.5

Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dalam penulisan TA ini yaitu:
1 `Mempermudah pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat, efektif dan

efisien.
2 Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam dapat dengan mudah mengontrol

RT/RW mana saja yang belum diangkat sampah nya.

1.6

Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan ini yaitu: BAB I : PENDAHULUAN Pada bab ini membahas mengenai pendahuluan, latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat dan sistematika penulisan laporan ini. BAB II : KAJIAN LITERATUR Pada bab ini membahas mengenai teori-teori pendukung dalam penelitian yang akan dilakukan pengertian PHP dan Mysql sebagai tools untuk mengerjakan tugas akhir ini. BAB III : HASIL DAN PEMBAHASAN Pada bab ini akan membahas tentang perancangan sistem, perancangan sistem dimana terdapat deskripsi umum dan fungsional sistem, spesifikasi kebutuhan sistem, level pengguna dan hak akses, perancangan antar muka dan implementasi. BAB IV : UJI COBA DAN EVALUASI Bab ini berisi tentang uji coba yang akan dilakukan pada sistem untuk mengetahui kesalahan atau error yang terjadi. BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini berisi mengenai kesimpulan dari pelaksanaan tugas akhir dan sistem yang dibuat serta saran yang mungkin dapat bermanfaat bagi perbaikan dan perencanaan sistem yang lebih lanjut.