KONSEP DASAR PUSKESMAS

MAULANA ADRIAN S

PENGERTIAN

Puskesmas adalah unit pelaksana tehnis Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja

Unit Pelaksana Tehnis Puskesmas berperan menyelenggarakan sebagian dari tugas tehnis operasional DKK dan merupakan unit prlaksana tingkat pertama serta ujung tombak pembangunan kesehatan di Indonesia .

Pembangunan Kesehatan adalah penyelenggaraan upaya kesehatan oleh bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesadaran.kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajad kesehatan masyarakat yang optimal .

Pertanggung Jawaban Penyelenggaraan Puskesmas bertanggungjawab hanya untuk sebagian upaya pembangunan kesehatan yang dibebankan oleh DKK sesuai dengan kemampuannya .

Wilayah Kerja Secara Nasional standar wilayah kerja puskesmas adalah satu kecamatan. Jika ada lebih dari 1 Puskesmas / Kecamatan tanggung jawab wilayah kerja dibagi antar puskesmas dengan memperhatikan keutuhan konsep wilayah .

yakni .kemauan dan kemampuan hidup sehat agar terwujudnya derajad kesehatan yang setinggi-tingginya dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat 2010 .Tujuan Penyelenggaraan Puskesmas Tujuan pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalah mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional.meningkatkan kesadaran .

Pusat Penggerak pembangunan berwawasan Kesehatan 2. Pusat pelayanan kesehatan strata Pertama yang meliputi pelayanan kesehatan perorangan.Fungsi Puskesmas 1. dan pelayanan kesehatan masyarakat . Pusat pemberdayaan Masyarakat 3.

Visi Puskesmas Visi pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalah tercapainya kecamatan sehat menuju terwujudnya Indonesia sehat .

yakni masyarakat yang hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku sehat.memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata serta memiliki derajad kesehatan yang setinggitingginya .Kecamatan Sehat adalah gambaran masyarakat kecamatan masa depan yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehatan.

keluarga dan masyarakat beserta lingkungannya .Memelihara dan meningkatkan mutu. memeratakan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan 4.Memelihara dan meningkatkan kesehatan perorangan.Misi Puskesmas 1.Mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat di wilayah kerjanya 3.Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan di wilayah kerjanya 2.

Penyusunan struktur organisasi dilakukan oleh DKK. sedangkan penetapannya dilakukan dengan Perda .Organisasi Puskesmas Struktur organisasi Puskesmas tergantung dari kegiatan dan beban tugas masingmasing Puskesmas.

Jaringan pelayanan puskesmas -> Unit puskesmas pembantu. unit bidan desa/komunitas . Kepala Puskesmas b. unit puskesling. umum dan kepegawaian c. Unit Tata Usaha -> Data informasi. keuangan.Stuktur Organisasi Puskesmas a. Perencanaan dan penilaian. Unit pelaksana tehnis fungsional puskesmas -> upaya kesehatan masyarakat. Upaya kesehatan perorangan d.

Upaya Kesehatan pengembangan .Upaya kesehatan wajib 2.UPAYA & ASAZ PENYELENGGARAAN Puskesmas bertangung jawab menyelenggarakan upaya kesehatan perorangan dan masyarakat. Ada 2 Upaya : 1.

UPAYA KESEHATAN WAJIB adalah upaya yg ditetapkan berdasarkan komitmrn nasional. Upaya ini harus diselenggarakan oleh setiap puskesmas yang ada di Indonesia .regional dan global serta yg mempunyai daya ungkit tinggi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyrakat.

Upaya Pengobatan . Upaya perbaikan Gizi Masyarakat e. Upaya kesehatan Ibu & Anak serta KB d.UPAYA KESEHATAN WAJIB MELIPUTI a. Upaya pencegahan dan Pemberantasan penyakit menular f.Upaya Promosi Kesehatan b. Upaya Kesehatan Lingkungan c.

UPAYA KESEHATAN PENGEMBANGAN adalah upaya yang ditetapkan berdasarkan permasalahan kesehatan yang ditemukan di masyarakat serta yang disesuaikan dengan kemampuan puskesmas .

UPAYA KESEHATAN PENGEMBANGAN MELIPUTI a. Upaya Kesehatan Olah raga c. Upaya Kesehatan Kesehatan Masyarakat d. Upaya Kesehatan Kerja e. Upaya Pembinaan Pengobatan Tradisional . Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut f. Upaya Kesehatan Mata h. Upaya Kesehatan Jiwa g. Upaya Kesehatan Sekolah b. Upaya Kesehatan usia lanjut i.

AZAZ PENYELENGGARAAN PUSKESMAS Empat asaz penyelenggaraan Puskesmas: 1. Asaz pemberdayaan masyarakat 3.Asaz Pertanggungjawaban puskesmas 2.Asaz keterpaduan ( Litas Sektor & Lintas Program ) 4. Asaz Rujukan .

baik secara vertikal dalam arti dari satu strata pelayanan kesehatan ke strata pelayanan kesehatan yang lainnya maupun secara horisontal dalam arti dari strata pelayanan kesehatan yang sama .ASAZ RUJUKAN Rujukan = pelimpahan wewenang dan tanggungjawab atas kasus penyakit atau masalah kesehatan yang diselenggarakan secara timbal balik.

Rujukan Upaya Kesehatan Perorangan 2.MACAM RUJUKAN 1. Rujukan Upaya Kesehatan Masyarakat .

pengobatan dan tindakan medik b.1. Rujukan Khusus keperluan diagnostik.Rujukan bahan pemeriksaan untuk pemeriksaan laboratorium yang lengkap c. RUJUKAN UPAYA KESEHATAN PERORANGAN Cakupannya adalah kasus penyakit Dibedakan 3 macam yakni : a.Rujukan ilmu pengetahuan = mendatangkan tenaga yang berkompeten .

Rujukan Tenaga 3. RUJUKAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT Cakupannya adalah masalah kesehatan masyarakat misal : KLB. Pencemaran lingkungan atau bencana Dibedakan 3 macam : 1.2. Rujukan Operasional (menyerahkan sepenuhnya kewenangan kepada DKK ) . Rujukan tingkat sarana dan logistik 2.

TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful