PROPOSAL PEMBANGUNAN

MA’HAD TADRIBUD DU’AT AL – SUNNAH
BANDUNG – JAWA BARAT - INDONESIA PENDAHULUAN Alhamdulilah Proposal ini telah terwujud. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ,keluarganya ,para sahabatnya,serta pengikutnya yang setia mengikuti sunnahnya hingga akhir zaman. Sejalan dengan berkembang kemajuan zaman ,kita akan menghadapi persaingan pemahaman dalam beribadah.Pemahaman yang mendalam tentang ilmu agama sangatlah dibutuhkan. Rasullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,: “ Barang siapa yang diinginkan menjadi baik oleh Allah maka Allah akan pahamkan dia dalam urusan agama”. ( HR. Bukhari ) Terlebih lagi pada masa sekarang ini, ketika kebodohan dan kemungkaran merajalela dimana-mana maka tidak ada jalan lain untuk menanggulanginya kecuali dengan Ilmu serta amar ma’ruf dan nahi mungkar. Meskipun pada saat problematika umat ternyata beragam pemikiran dan metoda dakwah yang ada – kecuali yang dirahmati Allah, justru semakin mengacaukan arah perjuangan kaum muslimin. Oleh sebab itu, kebutuhan akan para Da’i penyeru kebaikan yang berbekal Ilmu yang benar dan akhlak yang luhur adalah sebuah keniscayaan.” Rasullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam diperintahakn oleh Allah untuk menyerukan : ” Inilah jalanku : Aku bersama orang-orang yang mengikutiku berdakwah kepada ( agama ) Allah diatas landasan Ilmu ....” (QS.Yusuf : 108 ) Disamping itu, Dakwah juga sangat memerlukan keluhuran Akhlaq. Sampai-sampai Rasullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,: “ Sesungguhnya kelemah lembutan tidaklah ada pada sesuatu melainkan dia akan menjadikannya indah dan tidaklah ia dicabut dari sesuatu melainkan hal itu pasti akan menghancurkannya”. ( HR. Muslim ) Lembaga Pendidikan islam yang bermanhaj Ahlusunnah wal jamaah sudah tersebar diberbagai daerah, namun Lembaga Pendidikan islam yang didasari pendidikan sebagai calon Da’i dari tingkat SD sampai kejenjang setingkat perguruan tinggi calon Da’i yang bermanhaj Ahlusunnah wal jamaah jarang ada yang menampung untuk aspirasi tersebut. Latar belakang tersebut mendorong sebagian besar jamaah dan mahasiswa yang sedang menempuh studi di universitas

Proposal pembangunan Ma’had Tradibud Du’at

1

trampil sehat jasmani. Bangunan Kelas-kelas (Ikhwan dan Akhwat) madrasah Aliyah 3 lantai. Bangunan Kelas-kelas (Ikhwan dan Akhwat) madrasah Tradibud Du’at 3 lantai . MISI PEMBANGUNAN 1. kami merencanakan membangun Pesantren calon Da’i yang secara keseluruhan terdiri dari : 1. agar tidak terlalu jauh melangkahkan kaki menuntut Ilmu Pendidikan Islam yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan iman ketakwaan berdasarkan Al-Quran dan Sunnah dengan pemahaman As-Salafus Sholih. 2.Islam Madinah untuk mendirikan sebuah Perguruan Tinggi Islam Calon Da’i yang bermanhaj Ahlusunnah wal jamaah. TUJUAN * Maksud dan tujuan pendirian sebuah Ma’had Tadribud Du’at ini adalah sebuah Pesantren sebagai pusat kegiatan Pendidikan Tinggi Calon Da’i.9 kelas. 9 kelas ( menampung 225 siswa ) Proposal pembangunan Ma’had Tradibud Du’at 2 .( menampung 225 siswa ) 2. Bangunan Kelas-kelas (Ikhwan dan Akhwat) madrasah Tsanawiyah 3 lantai. PROGRAM PEMBANGUNAN Untuk mempasilitasi para calon Da’i yang hendak menempuh Pendidikan Islam yang bermanhaj Ahlusunnah wal jamaah. * Mencetak muslim yang menguasai dasar-dasar bahasa Arab dan Syariat Islam dalam kerangka pemahaman generasi salafus sholih sebagai bekal dalam beramal dan berdakwah.9 kelas ( menampung 225 siswa ) 3. unggul dalam ilmu pengetahuan dan iman ketakwaan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman As. berakhlaq mulia dan memiliki pemahaman yang lurus menuju tertib hidup beragama dibawah naungan dan rahmat Allah Subhanahu wa ta’ala.Terwujudnya mutu pendidikan Islam.Mempelopori peningkatan kinerja dalam mencetak muslim yang menguasai dasar-dasar bahasa Arab dan Syari’at Islam dalam kerangka pemahaman generasi salafusholih sebagai bekal dalam beramal dan berdakwah. rohani. 3. serta mewujudkan manusia cerdas.Menciptakan suasana kondusif dalam mengembangkan. * Dengan membangun sebuah Ma’had Tadribud Du’at ini adalah sebagai upaya pengembangan dan kaderisasi Sumber Daya Manusia yang beraqidah yang benar.Salafus Sholih. * Dengan dibangunnya sebuah Ma’had Tadribud Du’at ini khususnya masyarakat Jawa Barat .

7. Bangunan Kantin/Ruang Makan bersama (Ikhwan dan Akhwat) 2 lantai ( dapat menampung 360 orang ). 3. Bangunan Masjid Jami 2 lantai.( Sembilan milyard dua ratus dua puluh lima juta tiga ratus dua puluh ribu rupiah ). dimana dalam Tahap 1 (satu) ini akan diBangun : 1. 2. 10.36. Lapangan olah raga dan Taman. Bangunan fasilitas Laboratorium bahasa . 30 ruang tidur . 12 unit. Bangunan Kantin Ikhwan 1 lantai 4. 6. Sarana jalan Lingkungan.infaq. Pengadaan Meubelair dan Peralatan sarana madrasah Ikhwan. Bangunan Gedung Serba guna 1 lantai. sodaqoh para jamaah. fikibi dan Perpustakaan 3 lantai. 9 ruangan kelas. Bangunan Kelas Tradibud Du’at Ikhwan dan Laboratorium 2 lantai. Dan para Donatur dapat menyalurkan Infaq. 6 ruang belajar bersama dan 72 km/wc.4. pembiayaan diharapkan dapat terkumpul dari para Donatur dalam dan luar negri dan zakat. 8. Pembebasan Lahan perluasan Masjid Jami dan Kantin Ikhwan. 7.(dapat menampung 600 siwa ) 6.computer.Sodaqohnya ke panitia Pembangunan Ma’had Tadribud Du’at ( Pesantren Colan Da’i ) ANGGARAN BIAYA Adapun rencana Pembangunan Tahap.225..1 di tahun 2009 M ini sudah dapat dimulai pelaksanaan pembangunannya.000.320.1 dimaksud akan menghabiskan anggaran biaya sebesar : Rp. Bangunan Asrama Ikhwan 2 lantai.Bangunan-bangunan pendukung lainnya ( Rumah pompa dan Panel listrik. Besar harapan Program pembangunan Tahap. Kejelasan rangkaian kebutuhan dan atau komponen mata anggaran dilampirkan pada Proposal ini.Fasitas jalan kawasan pesantren dan sarana lapangan olah raga (Ikhwan dan Akhwat) 12. Bangunan Masjid Jami( Renovasi ) 2 lantai.Bangunan Rumah Kopel Mudaris T. 5. 9. Bangunan Asrama (Ikhwan dan Akhwat) 3 lantai.Sumur Bor artesis. Bangunan Kantor pengelola 2 lantai. 9.Tangki air ) Dalam Program pembangunannya akan dilaksanakan secara bertahap. 5. Proposal pembangunan Ma’had Tradibud Du’at 3 . 11. kapasitas 500 orang.

.An Nisa : 39 ) “ Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti sebutir benih yang menumbuhkan tujuh batang.Al Baqarah : 261 ) Proposal pembangunan Ma’had Tradibud Du’at 4 . infaq atau shodaqah. zakat.057. berdakwah dan bersabar. Salah satu bentuk partisipasi yang kami harapkan adalah penyaluran kelebihan harta. yang dapat disampaikan kepada Panitia Pembangunan "Ma'had Tarbiyah al-Sunnah" melalui : BANK BCA (Bank Central Asia) cabang Asia Afrika. serta sinergitas keberadaan Ma’had Tribud Du’at ditengah-tengah masyarakat.PENUTUP Untuk mewujudkan maksud tersebut. beramal. seyogyanya image masyarakat agamis menjadi pilihan pertama dan utama.4321 atas nama Hary Badar dan Rachmat Kurniawan BANK BCA (Bank Central Asia) KCP Setiabudi. berupa dana wakaf.dan dari tiap-tiap batang itu menghasilkan seratus benih.Allah melipat gandakan balasan bagi siapa saja yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas KarunianNya lagi Maha Mengetahui. Bandung Nomor rekening 008. maka kami mengetuk hati para Dermawan untuk ikut andil dalam Pembangunan pendirian Ma’had yang kita cita-citakan sebagai wadah pembinaan putera-puteri kita dimasa yang akan datang sehingga terciptanya generasi robbany sebagai insan-insan yang berilmu. Berdasarkan apa yang telah kami uraikan diatas. Bandung Nomor rekening 1310005089323 atas nama Dadang Sukarna Hikmat Nirwana “ Dan apa yang kamu infakkan maka Dia akan menggantinya “ (QS.” (QS. Bandung Nomor rekening 2331701949 atas nama Dadang Sukarna Hikmat Nirwana BANK MANDIRI KCP Martadinata.

Demikian kami buat Proposal ini untuk diajukan ke para Muhsinin ( Donatur ) sebagai bentuk ta’awun ‘alal birri wat taqwa sebagai salah satu jalan untuk meraih Ridho-Nya. 01 Desember 2008 M Panitia Pembangunan Ma’had Tradibud Du’at Yayasan Ihya’u Al-Sunnah HARI BADAR Ketua Mengetahui DADANG SUKARNA Sekretaris Ust. Abu Haidar As Sundawy Pembina Yayasan Proposal pembangunan Ma’had Tradibud Du’at 5 . Bandung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful