P. 1
GELOMBANG

GELOMBANG

|Views: 293|Likes:
Publicado porAhmad Syamsudin

More info:

Published by: Ahmad Syamsudin on Feb 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2012

pdf

text

original

GELOMBANG

By ; Achmad samsudin / 08421001 Angky wijaya / 08421004 Aji catur p. / 08421003

Pengertian gelombang
Gelombang adalah bentuk dari getaran yang merambat pada suatu medium. Pada gelombang yang merambat adalah gelombangnya, bukan zat medium perantaranya. Satu gelombang dapat dilihat panjangnya dengan menghitung jarak antara lembah dan bukit (gelombang tranversal) atau menghitung jarak antara satu rapatan dengan satu renggangan (gelombang longitudinal). Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam waktu satu detik.

Macam gelombang ‡ Menurut arah getarnya: Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus terhadap arah rambatannya. Contoh: gelombang pada tali , gelombang permukaan air, gelobang cahaya, dll. Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarnya sejajar atau berimpit dengan arah rambatannya. Contoh: gelombang bunyi dan gelombang pada pegas.

‡ Menurut amplitudo dan fasenya : Gelombang berjalan adalah gelombang yang amplitudo dan fasenya sama di setiap titik yang dilalui gelombng. Gelombng diam (stasioner) adalah gelombang yang amplitudo dan fasenya berubah (tidak sama) di setiap titik yang dilalui gelombang.

‡ Menurut medium perantaranya: Gelombang mekanik adalah gelombang yang didalam perambatannya memerlukan medium perantara. Hampir semua gelombang merupakan gelombang mekanik. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang didalam perambatannya tidak memerlukan medium perantara. Contoh : sinar gamma ( ), sinar X, sinar ultra violet, cahaya tampak, infra merah, gelombang radar, gelombang TV, gelombang radio.

‡ Persamaan umum gelombang ‡ Besaran-besaran dalam gelombang hampir sama dengan besaran-besaran yang dimiliki oleh getaran, antara lain, periode, frekuensi, kecepatan, fase, amplitudo. Ada satu besaran yang dimiliki oleh gelombang tetapi tidak dimiliki oleh getaran, yaitu panjang gelombang.

Superposisi Gelombang
Superposisi adalah penjumlahan Bila ada dua atau lebih gelombang maka fungsi gelombang totalnya adalah superposisi linear dari masing-masing gelombang

Seutas tali yang salah satu ujungnya diikat tetap (ujung tetap) digetarkan. Pada tali merambat gelombang menuju ke ujung tetap kemudian dipantulkan kembali oleh ujung tetap. Pada keadaan tertentu penggabungan gelomang datang dan gelombang pantul menghasilkan gelombang diam.

Deretan gelombang sinusoida yang menjalar sepanjang tali Y A Yd Yp X

Jika gelombang datang dinyatakan dengan Yd = f ( X vt ),

Maka persamaan gelombang pantulannya Yp = f ( X + vt ) Sehingga superposisi gelombang adalah Y ( x,t ) = Yd ( x,t ) + Yp ( x,t )

Gelombang diam ini dapat terjadi oleh karena interferensi (penggabungan dua gelombang yaitu gelombang datang dan pantul). Pantulan gelombang yang terjadi dapat berupa pantulan dengan ujung tetap dan dapat juga pantul pantul merupakan kelanjutan dari gelombang datang (fasenya tetap), tetapi jika pantulan itu terjadi pada ujung tetap, maka gelombang pantul mengalami pembalikan fase (berbeda fase 1800) terhadap gelombang datang.

Gelombang berdiri
‡ Misalkan gelombang sinusoida yang menjalar sepanjang tali, dinyatakan dengan fungsi gelombang harmonik diberikan pada tali yang panjangnya L. Persamaan gelombang datang Yd(x,t) = A sin(Kx wt)

Y A Yd Yd(x,t) = A sin 2 / .x = A sin k (x vt) X = A sin (kx kv.t) = A sin (kx wt)

Persamaan gelombang pantul Yd(x,t) = A sin(Kx + wt) Maka hasil superposisi dari gelombang datang dan gelombnag pantul adalah Y total = A sin(Kx wt) + A sin(Kx + wt) = A [sin(Kx wt) + sin(Kx + wt)] = 2A sin(Kx)cos(wt) Bentuk persamaan ini disebut persamaan gelombang berdiri.

Resonansi
Artinya untuk harga frekuensi (panjang gelombang) tertentu, dapat dihasilkan gelombang berdiri ini berkaitan dengan fenomena resonansi Untuk tali dengan ujung terikat n = 2L/n Maka frekuensi resonansi f = v/ = n v/2L

Harmonik pertama

Nada dasar n=1

n=2 . n=3

.

.

.

.

.

n=4

.

.

.

.

n=5

n = 1 harmonik pertama,

L L n=2 harmonik kedua dst

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa : L = n , Pn n = 1, 2, 3, syarat gelombang berdiri

2
Maka frekuensi resonansi ; f=

v Pn

=

v (2 L / n)

=n

v 2L

Terima Kasih Atas Perhatiannya Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberi kita petunjuknya. . . Amin. . .! Selamat Belajar . . . . !

refrensi
‡ Bahan Mata kuliah fisika ‡ http://bima.ipb.ac.id/~tpb,ipb/materi/fisika_pdf/P06 -Getaran%20dan%20Gelombang.pdf ‡ http://elisa.ugm.ac.id/files/Ijoel_mipa/FEUJjx0y/Glb3 _Glb_Mekanik.pdf ‡ www.geocities.com/khbasar/cakul20203/Gelomban g.pdf ‡ http://arifkristanta.files.wordpress.com/2008/01/gel ombang.pdf

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->