P. 1
Skripsi Penanggulangan Erosi Secara Struktural

Skripsi Penanggulangan Erosi Secara Struktural

|Views: 1.046|Likes:
Publicado porchoerur_robach
Penanggulangan Erosi
Penanggulangan Erosi

More info:

Published by: choerur_robach on Mar 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/09/2013

pdf

text

original

PENANG P GGULAN NGAN EROSI SE E ECARA STRUKTURA PADA DAERA ALIR AL A AH RAN SUN NGAI BENGA AWAN SOLO

S
S SKRIPSI Diajukan untuk mem menuhi seb bagian persyaratan emperoleh gelar Sarj h jana Teknik k me

oleh Choe erur Roba (NIM. 07106100 ach 026)

Jurusa Teknik Sipil an k Fak kultas Tekn nik Univer rsitas Braw wijaya Malang 2009

KATA PENGANTAR
Tulisan yang berjudul Penanggulangan Erosi Secara Struktural Pada Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo ini disusun sebagai bagian dari syarat untuk memperoleh gelar sarjana di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang. Judul ini dipilih berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di daerah Bojonegoro dan sekitarnya yang sering mengalami erosi ketika musim penghujan.

Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo, khususnya daerah Bojonegoro sering mengalami erosi ketika musim penghujan. Hal ini disebabkan labilnya lereng-lereng yang berdekatan dengan DAS. Kondisi ini akan bertambah buruk jika terjadi luapan sungai. Untuk itu, diperlukan suatu upaya penanggulangan yang tepat agar tidak terjadi gerusan dan longsoran yang lebih besar demi menjaga debit dan kedalaman sungai. Upaya yang dibahas dalam tulisan ini adalah penanggulangan secara struktual, yakni dengan perkuatan lereng dan tebing di sekitar DAS. Perkuatan yang dapat dilakukan misalnya, dengan pengaturan kemiringan lereng, pembuatan lining, perkuatan tanggul dan sebagainya. Penanggulangan secara struktural erat kaitannya dengan beban yang bekerja pada tanggul, bibir sungai dan tebing-tebing di DAS. Untuk itu, selain diperlukan data tentang debit normal sungai, juga diperlukan data curah hujan dan debit banjir. Sehingga, analisis dari aspek hidrologis memegang peranan yang besar.

Curah hujan yang tidak menentu dan besarnya perbedaan debit sungai normal dengan debit banjir, menjadi masalah utama yang dihadapi oleh penulis iv 
 

selama penelitian. Namun, hal ini dapat diatasi dengan mengambil referensi berupa data dari DAS lain yang serupa.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tulisan ini dengan cukup memuaskan. Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Ir. Suroso, Dipl. HE. M.Eng selaku dosen pembimbing dan Ibu Ir. Prastumi, M.T. selaku KKDK Keairan atas bimbingannya selama penelitian. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada segenap dosen, teman-teman angkatan 2007, kakak-kakak angkatan 2006 dan 2005 yang banyak memberikan bantuan dan dukungan kepada penulis dan kepada segenap pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu.

Akhir kata, penulis berharap semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk penelitian selanjutnya dan penyusunan tulisan serupa di masa mendatang. Amin.

Malang, 2 Desember 2009

Penulis


 

B. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. 2. 3. Bagaimana pola hidrograf pada DAS Bengawan Solo? Berapa debit banjir tahunan pada DAS Bengawan Solo? Struktur apa yang tepat untuk perkuatan tanggul dan lereng pada DAS Bengawan Solo? 4. Metode apa yang sebaiknya digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan perkuatan tersebut?


 

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->