Está en la página 1de 26

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

A. Tinjauan Teori 1. Teori Pengetahuan a. Definisi Pengetahuan Pengetahuan merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu obyek tertentu. Pengindraan terjadi melalui pancaindra manusia, yakni indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Pengetahuan atau kognitif adalah faktor yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang (over behavior). ( otoatmodjo, !""#) b. Tingkat Pengetahuan di dalam Domain $ognitif %enurut otoatmodjo (!""#), pengetahuan yang mencakup dalam domain kognitif ada & tingkatan yaitu' 1) Tahu (kno() Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang telah dipelajari sebelumnya. $ata kerja untuk mengukur bah(a orang tahu tentang apa yang dipelajari antara lain menyebutkan, menguraikan, menyatakan, mendefinisikan, dan sebagainya.

&

!) %emahami (comprehension) %emahami diartikan sebagai suatu kemampuan untuk menjelaskan secara benar tentang obyek yang diketahui, dan dapat menginterpretasikan materi tersebut secara benar. #) )plikasi (application) )plikasi yaitu kemampuan untuk menggunakan materi yang telah dipelajari pada situasi atau kondisi real (sebenarnya). %isalnya bisa menggunakan prinsip*prinsip siklus pemecahan masalah kesehatan dari kasus yang diberikan. +) )nalisis (analysis) )nalisis adalah suatu kemampuan menjabarkan materi atau suatu obyek ke dalam komponen*komponen, tetapi masih di dalam struktur organisasi. $ata kerja untuk kemampuan ini yaitu dapat membedakan, mengelompokkan, menggambarkan, memisahkan, dan sebagainya. ,) -intesis (synthesis) -intesis adalah suatu kemampuan untuk menyusun formulasi baru dari formulasi*formulasi yang ada. &) .valuasi (evaluation) .valuasi berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan justifikasi atau penilaian terhadap materi atau obyek.

%enurut 0ogers dalam otoatmodjo (!""#), sebelum orang menghadapi perilaku baru (berperilaku baru), di dalam diri orang tersebut terjadi proses yang berurutan yakni' a) )(ereness (kesadaran), yakni orang tersebut menyadari dalam arti mengetahui stimulus (obyek) terlebih dahulu. b) 1nterest, yakni orang yang mulai tertarik pada stimulus. c) .valuation (menimbang*nimbang), baik dan tidaknya stimulus tersebut bagi dirinya. d) Trial, orang telah mulai mencoba perilaku baru. e) )doption, dimana subyek telah berperilaku baru sesuai dengan pengetahuan, kesadaran dan sikapnya terhadap stimulus. c. 2aktor*2aktor 3ang %empengaruhi Pengetahuan Dalam proses seseorang mengetahui akan dipengaruhi oleh beberapa hal atau faktor, menurut -ukmadinata (!""#) faktor yang mempengaruhi digolongkan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 1) 2aktor 1nternal a) 4asmani 2aktor jasmani diantaranya adalah kesehatan indera seseorang. b) 0ohani 2aktor rohani diantaranya adalah kesehatan psikis, intelektual, psikomotor, serta kondisi afektif dan kognitif individu.

!) 2aktor .ksternal a) Pendidikan Tingkat pendidikan seseorang akan berpengaruh dalam memberi respon terhadap sesuatu yang datang dari luar. 6rang yang berpendidikan tinggi akan memberi respon yang lebih rasional terhadap informasi yang datang, akan berpikir sejauh mana keuntungan yang mungkin akan mereka peroleh dari gagasan tersebut. b) Paparan media massa %elalui berbagai media, baik cetak maupun eklektronik, berbagai informasi dapat diterima oleh masyarakat, sehingga seseorang yang lebih sering terpapar media massa (T7, radio, majalah, pamflet, dan lain*lain) akan memperoleh informasi lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang tidak pernah terpapar informasi media. 8al ini berarti paparan media massa mempengaruhi tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang. c) .konomi Dalam memenuhi kebutuhan pokok (primer) maupun kebutuhan sekunder, keluarga dengan status ekonomi yang baik akan mudah tercukupi dibanding keluarga dengan status ekonomi yang lebih rendah. 8al ini akan mempengaruhi

pemenuhan kebutuhan akan informasi pengetahuan yang termasuk kebutuhan sekunder. d) 8ubungan sosial %anusia adalah makhluk sosial, sehingga dalam kehidupan saling berinteraksi antara satu dengan yang lain. 1ndividu yang dapat berinteraksi secara kontinyu akan lebih besar terpapar informasi, sementara faktor hubungan sosial juga mempengaruhi kemampuan individu sebagai komunikan untuk menerima pesan menurut model komunikasi media. e) Pengalaman Pengalaman seseorang tentang berbagai hal dapat diperoleh dari lingkungan kehidupan dalam proses perkembangannya, misalnya seseorang mengikuti kegiatan*kegiatan yang mendidik, seperti seminar dan berorganisasi, sehingga dapat memperluas pengalamannya, karena dari berbagai kegiatan* kegiatan tersebut, informasi tentang suatu hal dapat diperoleh. d. 8ubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Perilaku merupakan suatu kegiatan atau aktivitas organisme yang bersangkutan. Perilaku manusia adalah suatu aktivitas daripada manusia itu sendiri. Perilaku kesehatan pada dasarnya adalah suatu respon seseorang (organisme) terhadap stimulasi yang berkaitan dengan sakit dan penyakit, sistem pelayanan kesehatan, makanan serta lingkungan. :lum (195&) menyatakan ada + faktor yang

1"

mempengaruhi derajat kesehatan pada manusia yaitu genetik (hereditas), lingkungan, pelayanan kesehatan, dan perilaku. ( otoatmodjo, !""/) %enurut teori ;a(rence <reen dalam otoatmodjo (!""/) ada # faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku individu maupun kelompok sebagai berikut' 1) 2aktor yang mempermudah (Predisposing factor) yang mencakup pengetahuan, sikap, kepercayaan, norma sosial, dan unsur lain yang terdapat dalam diri individu maupun masyarakat. !) 2aktor pendukung (.nabling factor) antara lain umur, status sosial ekonomi, pendidikan, dan sumber daya manusia. #) 2aktor pendorong (0einforcing factor) yaitu faktor yang memperkuat perubahan perilaku seseorang yang dikarenakan adanya sikap suami, orang tua, tokoh masyarakat atau petugas kesehatan. e. =ara %emperoleh Pengetahuan Dari berbagai macam cara yang telah digunakan untuk memperoleh kebenaran pengetahuan sepanjang sejarah dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu cara tradisional (non ilmiah) dan cara modern (ilmiah).

11

1) =ara tradisional (non ilmiah) =ara ini dipakai orang untuk memperoleh pengetahuan sebelum ditemukannya metode ilmiah atau metode penemuan secara sistematis dan logis. =ara penentuan pengetahuan secara tradisional antara lain' a) =oba*coba dan salah =ara ini telah dipakai orang sebelum adanya kebudayaan, bahkan mungkin sebelum adanya peradaban. =ara ini dilakukan dengan menggunakan kemungkinan dalam memecahkan masalah dan apabila kemungkinan tersebut tidak berhasil akan dicoba dengan kemungkinan yang lain. b) =ara kekuasaan (otoritas) Prinsip dalam cara ini adalah orang lain menerima pendapat yang diketemukan oleh orang yang mempunyai aktivitas tanpa menguji atau membuktikan kebenaran terlebih dahulu berdasarkan fakta empiris atau berdasarkan penalaran sendiri. c) :erdasarkan pengalaman pribadi Pengalaman merupakan sumber pengetahuan atau merupakan suatu cara untuk memperoleh kebenaran pengetahuan. Dilakukan dengan cara mengulang kembali pengalaman yang diperoleh dalam memecahkan permasalahan yang ada pada masa lalu. Pengalaman pribadi dapat menuntun kembali seseorang untuk menarik kesimpulan dengan benar. >ntuk

1!

menarik kesimpulan dari pengalaman dengan benar diperlukan berpikir kritis dan logis. d) %elalui jalan pikir Dalam memperoleh kebenaran pengetahuan, manusia telah menggunakan jalan pikirannya secara induksi dan deduksi. !) =ara modern (ilmiah) =ara baru atau modern dalam memperoleh pengetahuan pada saat ini lebih sistematis, logis, dan ilmiah. Dalam memperoleh kesimpulan dilakukan dengan jalan mengadakan observasi langsung dan membuat pencatatan terhadap semua fakta sebelumnya dengan objek penelitian. ( otoatmodjo, !"",) f. -umber Pengetahuan %enurut 1stiarti (!"""), pengetahuan seseorang biasanya diperoleh dari berbagai macam sumber, misalnya media massa, media elektronik, buku petunjuk, petugas kesehatan, media poster, kerabat dekat, dan sebagainya. -umber pengetahuan dapat berupa pemimpin*pemimpin masyarakat baik formal maupun informal ahli agama, pemegang pemerintahan, dan sebagainya. ( otoatmodjo, !"",) !. Praktik atau Tindakan -uatu sikap belum otomatis ter(ujud dalam suatu tindakan (over behavior). Untuk mewujudkannya perlu fasilitas tingkatan praktik yaitu : ( otoatmodjo, !""#)

1#

a. Persepsi (Perception) %engenal dan memilih berbagai obyek sehubungan dengan tindakan yang akan di ambil. b. 0espons terpimpin (<uided 0esponse) Dapat melakukan sesuatu yang sesuai dengan urutan yang benar dan sesuai dengan contoh. c. %ekanisme (%ecanism) )pabila seseorang secara otomatis bisa melakukan sesuatu dengan benar.

d. )dopsi ()doption) )dopsi adalah suatu praktik atau tindakan yang sudah berkembang dengan baik. %enurut $urt ;e(in dalam )?(ar (!""#). %erumuskan model hubungan perilaku yang menyatakan bah(a perilaku adalah dipengaruhi karakteristik individu dan lingkungan. $arakteristik individu meliputi berbagai variabel seperti motif, nilai*nilai, sifat kepribadian dan sikap yang saling berinteraksi satu sama lain dan kemudian berinteraksi pula dengan faktor*faktor lingkungan dalam menentukan perilaku. 2aktor lingkungan mempunyai kekuatan besar dalam menentukan perilaku bahkan kadang* kadang kekuatannya lebih besar dari pada karakteristik individu, hal inilah yang menjadikan prediksi perilaku lebih kompleks.

1+

#. Pemberian )ir -usu 1bu ()-1) )ir -usu 1bu ()-1) merupakan satu*satunya makanan terbaik bagi bayi karena mengandung unsur*unsur gi?i yang dibutuhkan oleh bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi guna mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. 6leh sebab itu, pemberian )-1 perlu diberikan secara eksklusif sampai umur & (enam) bulan dan dapat dilanjutkan sampai anak berumur ! (dua) tahun. amun demikian, kendala yang dihadapi selama ini adalah kesulitan dalam upaya pemantauan pemberian )-1 eksklusif karena belum mempunyai sistem yang dapat diandalkan. (Profil kesehatan 4ateng, !"",) %enyusui adalah suatu proses alamiah. :erjuta*juta ibu di seluruh dunia berhasil menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tentang )-1. :ahkan ibu yang buta huruf pun dapat menyusui anaknya dengan baik. @alaupun demikian, dalam lingkungan kebudayaan kita saat ini melakukan hal yang alamiah tidaklah selalu mudah. (0oesli, !""") %enyusui adalah cara terbaik, namun ada momen*momen ketika hal ini tidak mungkin dilakukan. 4ika ibu terinfeksi 817, jika kondisinya jadi sakit atau jika ibu mengadopsi seorang anak mungkin tidak sanggup untuk memilih untuk tidak menyusui. $arena itu, susu formula adalah pilihan yang harus diambil. ($lein, !""5) a. Pengertian )-1 .ksklusif )-1 .ksklusif atau lebih tepat pemberian )-1 secara eksklusif adalah bayi hanya diberi )-1 saja tanpa tambahan cairan lain (susu formula,

1,

jeruk, madu, air putih, air teh) dan tanpa tambahan makanan padat (pisang, bubur, susu, dan lain*lain). Dianjurkan untuk jangka (aktu setidaknya + bulan tetapi bila mungkin sampai & bulan. (0oesli, !""") b. %anfaat Pemberian )-1 -ecara .ksklusif %emberikan )-1 secara eksklusif berarti keuntungan untuk semua yaitu' bagi bayi, ibu, majikan, lingkungan dan masyarakat. 1) %anfaat Pemberian )-1 .ksklusif :agi :ayi (0oesli, !""") :anyak manfaat pemberian )-1 khususnya )-1 eksklusif yang dapat dirasakan.

:erikut manfaat terpenting yang diperoleh bayi' a) )-1 .ksklusif -ebagai utrisi )-1 .ksklusif merupakan sumber gi?i yang sangat ideal dengan komposisi yang seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi. )-1 adalah makanan bayi yang paling sempurna, baik kualitas maupun kuantitasnya. Dengan tatalaksana menyusui yang benar, )-1 sebagai makanan tunggal akan cukup memenuhi kebutuhan tumbuh bayi normal sampai usia & bulan. -etelah usia & bulan, bayi harus mulai diberi makanan padat, tetapi )-1 dapat diteruskan sampai usia ! tahun atau lebih.

1&

b) )-1 .ksklusif %eningkatkan Daya Tahan Tubuh :ayi yang baru lahir sacara alamiah mendapat imunoglobulin (?at kekebalan tubuh) dari ibunya melalui plasenta (ari*ari). -etelah bayi dilahirkan kekebalan akan berkurang. )pabila bayi diberi )-1 eksklusif, ?at*?at kekebalan yang terkandung didalamnya akan melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi, bakteri, virus, parasit dan jamur. c) )-1 .ksklusif %eningkatkan $ecerdasan 2aktor yang mempengaruhi kecerdasan, yaitu' (1) 2aktor <enetik ' Diturunkan oleh orang tua (!) 2aktor ;ingkungan, antara lain' 2aktor yang menentukan apakah faktor genetik akan dapat tercapai optimal. -ecara garis besar terdapat tiga jenis kebutuhan untuk faktor lingkungan (a) $ebutuhan untuk pertumbuhan fisik* otak ()->8). (b) $ebutuhan untuk perkembangan emosional dan spiritual ()-18). (c) $ebutuhan untuk perkembangan intelektual dan sosialisasi ()-)8). d) )-1 .ksklusif %eningkatkan 4alinan $asih -ayang :ayi yang sering berada dalam dekapan ibu karena menyusu akan merasakan kasih sayang ibunya. 1a juga akan merasa

1/

aman dan tentram, terutama karena masih dapat mendengar detak jantung ibunya yang telah ia kenal sejak dalam kandungan. Perasaan terlindung dan disayangi inilah yang akan menjadi dasar perkembangan emosi bayi dan membentuk kepribadian yang percaya diri dan dasar spiritual yang baik. !) %anfaat Pemberian )-1 .ksklusif :agi 1bu (0oesli, !""") a) %engurangi perdarahan setelah melahirkan :ila bayi segera setelah dilahirkan akan meningkatkan kadar oksitosin yang berguna untuk kontriksiA penutupan pembuluh darah sehingga perdarahan akan lebih cepat berhenti.

b) %engurangi anemia 6leh karena bisa mengurangi perdarahan maka bisa mengurangi resiko anemia. c) %enjarangkan kehamilan %enyusui adalah cara kontrasepsi yang aman, murah, dan cukup berhasil. d) %engecilkan rahim lebih cepat 8isapan bayi merangsang oksitosin yang akan membantu proses pengecilan rahim.

15

e) %engurangi kemungkinan terjadinya kanker Penelitian menunjukkan dengan menyusui hingga ! tahun bisa menurunkan angka kejadian kanker payudara sebesar !,B dan resiko kanker indung telur !"*!,B. f) ;ebih ekonomis dan murah Dengan pemberian )-1 bisa menghemat uang untuk membeli susu formula, dot serta biaya berobat ke pelayanan kesehatan. g) 8emat (aktu, portabel dan praktis )-1 langsung bisa diberikan pada bayi tanpa harus menyiapkan air, botol dan kompor. Portabel artinya bisa diba(a kemana* mana serta air susu bisa diberikan di mana saja dan kapan saja. h) %emberi kepuasan bagi ibu 1bu yang berhasil memberi )-1 akan merasa bahagia dan bangga. #) %anfaat Pemberian )-1 .ksklusif :agi %ajikan (0oesli, !""") Penelitian =ohen dan ka(an*ka(an, di )merika pada tahun 199, menunjukkan bah(a ibu bayi )-1 eksklusif lebih jarang bolos (!,B) dibandingkan ibu bayi susu formula (/,B), karena bayi )-1 eksklusif lebih jarang sakit dibandingkan dengan bayi susu formula. +) %anfaat Pemberian )-1 .ksklusif :agi ;ingkungan dan %asyarakat (0oesli, !""") )ir susu ibu akan mengurangi bertambahnya sampah dan polusi dunia. Dengan hanya memberi )-1 manusia tidak memerlukan

19

kaleng susu, karton dan kertas pembungkus, botol plastik, dan dot karet. c. $omposisi )-1 1) Perbedaan komposisi )-1 eksklusif dari hari ke hari (stadium laktasi) sebagai berikut (0oesli, !""") a) $olostrum (susu jolong), yaitu' )-1 yang keluar dari hari pertama sampai hari ke*+A ke*/ berupa cairan emas, cairan pelindung yang kaya ?at anti infeksi dan berprotein tinggi. $arbohidrat dan lemak lebih rendah dibandingkan dengan susu matur. b) )ir susu transisi (peralihan), yaitu' )-1 yang keluar sejak hari ke*+Ake*/ sampai hari ke*1"A ke*1+ )-1 transisi kadar protein makin rendah, sehingga kadar karbohidrat dan lemak makin tinggi. 7olume makin meningkat. c) )ir susu matang (mature),yatu' )-1 yang keluar setelah hari ke*1+. Pada ibu yang sehat dengan produksi )-1 yang cukup, )-1 merupakan makanan satu* satunya yang paling baik dan cukup untuk bayi sampai umur & bulan. !) Perbedaan komposisi )-1 eksklusif dari menit ke menit (0oesli, !""") )-1 yang keluar pada menit pertama dinamakan foremik. 2oremik mempunyai komposisi yang berbeda dengan )-1 yang keluar kemudian (hindmilk). 2oremik lebih encer. 8indmilk mengandung

!"

lemak +*, kali lebih banyak dibanding foremik. Diduga hindmilk inilah yang mengenyangkan bayi. d. Teknik menyusui yang benar (-uradi, !""+) 1) -ebelum menyusui, )-1 dikeluarkan sedikit kemudian dioleskan pada puting susu dan areola sekitarnya. =ara ini mempunyai manfaat sebagai desinfektan dan menjaga kelembaban puting susu. !) :ayi diletakkan menghadap perut ibu A payudara. a) 1bu duduk atau berbaring dengan santai. :ila duduk lebih baik menggunakan kursi yang rendah agar kaki ibu tidak tergantung dan punggung ibu bersandar pada sandaran kursi. b) :ayi dipegang pada belakang bahunya dengan satu lengan, kepala bayi terletak pada lengkung siku ibu. $epala tidak boleh tertengadah dan bokong bayi ditahan dengan telapak tangan ibu. c) -atu tangan bayi diletakkan di belakang badan ibu, dan yang satu di depan. d) Perut bayi menempel pada badan ibu, kepala bayi menghadap payudara (tidak hanya membelokkan kepala bayi). e) Telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus. f) 1bu menatap bayi dengan kasih sayang. #) Payudara dipegang dengan ibu jari di atas dan jari yang lain menopang di ba(ah. 4angan menekan puting susu atau areolanya saja.

!1

+) :ayi diberi rangsangan agar membuka mulut (rooting refleC) dengan cara ' a) %enyentuh pipi dengan puting susu atau, b) %enyentuh sisi mulut bayi. ,) -etelah bayi membuka mulut, dengan cepat kepala bayi didekatkan ke payudara ibu dan puting serta areola dimasukkan ke mulut bayi ' a) >sahakan sebagian besar areola dapat masuk ke dalam mulut bayi, sehingga puting susu berada di ba(ah langit*langit dan lidah bayi akan menekan )-1 keluar dari tempat penampungan )-1 yang terletak di ba(ah areola. b) -etelah bayi mulai mengisap payudara tak perlu dipegang atau disangga lagi. e. =ara Pengamatan Teknik %enyusui 3ang :enar (-uradi, !""+) %enyusui dengan teknik yang tidak benar dapat mengakibatkan puting susu menjadi lecet, )-1 tidak keluar optimal sehingga mempengaruhi produksi )-1 selanjutnya atau bayi enggan menyusu. >ntuk mengetahui bayi telah menyusu dengan teknik yang benar yaitu ' 1) :ayi tampak tenang !) :adan bayi menempel pada perut ibu #) %ulut bayi terbuka lebar +) Dagu bayi menempel pada payudara ibu

!!

,) -ebagian besar areola masuk ke dalam mulut bayi, areola bagian ba(ah lebih banyak yang masuk. &) :ayi tampak menghisap kuat dengan irama perlahan /) Puting susu ibu tidak terasa nyeri 5) Telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus 9) $epala agak menengadah 1") %elepas isapan bayi -etelah menyusui pada satu payudara sampai terasa kosong, sebaiknya ganti dengan payudara yang satunya. =ara melepas isapan bayi yaitu ' a) 4ari kelingking ibu dimasukan ke mulut bayi melalui sudut mulut atau, b) Dagu bayi ditekan ke ba(ah. 11) %enyusui berikutnya mulai dari payudara yang belum terkosongkan (yang dihisap terakhir). 1!) -etelah selesai menyusui, )-1 dikeluarkan sedikit kemudian dioleskan pada puting susu dan di sekitar areola. :iarkan kering dengan sendirinya. 1#) %enyenda(akan bayi Tujuan menyenda(akan bayi adalah mengeluarkan udara dari lambung supaya bayi tidak muntah setelah menyusui. =ara menyenda(akan bayi adalah '

!#

a) :ayi digendong tegak dengan bersandar pada bahu ibu, kemudian punggungnya ditepuk perlahan D lahan. b) :ayi tidur tengkurap dipangkuan ibu kemudian punggungnya ditepuk perlahan*lahan. f. ;ama Dan 2rekuensi %enyusui -ebaiknya menyusui bayi tanpa dijad(al (on demand), karena bayi akan menentukan sendiri kebutuhannya. 1bu harus menyusui bayinya bila bayi menangis bukan karena sebab lain (kencing, dan sebagainya) atau ibu sudah merasa perlu menyusui bayinya. :ayi yang sehat dapat mengosongkan satu payudara sekitar ,*/ menit dan )-1 dalam lambung bayi akan kosong dalam (aktu ! jam. Pada a(alnya bayi akan menyusu dengan jad(al yang tak teratur, dan akan mempunyai pola tertentu setelah 1*! minggu kemudian. %enyusui yang dijad(alkan akan berakibat kurang baik, karena isapan bayi sangat berpengaruh pada rangsangan produksi )-1 selanjutnya. Dengan menyusui tanpa dijad(al, sesuai kebutuhan bayi, akan mencegah timbulnya masalah menyusui. %enyusui pada malam hari sangat berguna bagi ibu yang bekerja, karena dengan sering disusukan pada malam hari akan memacu produksi )-1. >ntuk menjaga keseimbangan besarnya kedua payudara, maka sebaiknya setiap kali menyusui harus digunakan kedua payudara dan diusahakan sampai payudara terasa kosong, agar produksi )-1 tetap baik. -etiap kali menyusui, dimulai dengan payudara yang terakhir

!+

disusukan. -elama masa menyusui, sebaiknya ibu menggunakan kutang (:8) yang dapat menyangga payudara, tetapi tidak terlalu ketat. (-uradi, !""+) g. Pengeluaran )-1 )pabila )-1 berlebihan sampai keluar memancar, maka sebelum menyusui sebaiknya )-1 dikeluarkan terlebih dahulu, untuk menghindari bayi tersedak atau enggan menyusu. Pengeluaran )-1 juga berguna pada ibu bekerja yang akan meninggalkan )-1 bagi bayinya di rumah, )-1 yang merembes karena payudara penuh, pada bayi yang mempunyai masalah mengisap (misal ::;0), menghilangkan bendungan atau memacu produksi )-1 saat ibu sakit dan tidak dapat langsung menyusui bayinya. %enurut -uradi, (!""+) pengeluaran )-1 dapat dilakukan dengan ! cara yaitu' 1) Pengeluaran )-1 dengan tangan. =ara ini yang la?im digunakan karena tidak banyak membutuhkan sarana dan lebih mudah. a) 1bu diminta mencuci tangan sampai bersih. b) 1bu atau keluarganya menyiapkan cangkir atau gelas bertutup yang telah dicuci dengan air mendidih. c) Payudara dikompres dengan kain handuk yang hangat dan dipijat dengan kedua telapak tangan dari pangkal ke arah

!,

areola, ulangi pemijatan ini pada sekitar payudara secara merata. d) Dengan ibu jari di sekitar areola bagian atas dan jari telunjuk pada sisi yang lain, lalu daerah areola ditekan ke arah dada. e) Daerah areola diperas dengan ibu jari dan jari telunjuk, jangan memijat atau menekan puting, karena dapat menyebabkan rasa nyeri atau lecet. f) >langi tekan*peras*lepas*tekan*peras*lepas, pada mulanya )-1 tak keluar, setelah beberapa kali maka )-1 akan keluar. g) <erakan ini diulang pada sekitar kalang payudara pada semua sisi, agar yakin bah(a )-1 telah diperas dari semua segmen payudara. !) Pengeluaran dengan pompa :ila payudara bengkak (engorgement) dan puting susu terasa nyeri, maka akan lebih baik bila )-1 dikeluarkan dengan pompa payudara. Pompa dapat digunakan bila )-1 benar*benar penuh, tetapi pada payudara yang lunak akan lebih sukar. )da ! macam pompa yang dapat digunakan yaitu pompa tangan dan listrikE yang biasa digunakan adalah pompa payudara tangan. =ara pengeluaran )-1 dengan pompa payudara tangan ' a) Tekan bola karet untuk mengeluarkan udara. b) ;etakkan ujung leher tabung pada payudara dengan puting susu tepat di tengah, dan tabung benar*benar melekat pada kulit.

!&

c) :ola karet dilepas, sehingga puting susu dan areola tertarik ke dalam. d) Tekan dan lepas beberapa kali, sehingga )-1 akan keluar dan terkumpul pada lekukan penampung pada sisi tabung. e) -etelah selesai dipakai atau akan dipakai, maka alat harus dicuci bersih dengan menggunakan air mendidih. :ola karet sukar dibersihkan, oleh karenanya bila memungkinkan lebih baik pengeluaran )-1 dengan menggunakan tangan

h. Penyimpanan )-1 )ir susu yang dikeluarkan harus diperlakukan dengan hati*hati, seperti makanan segar lainnya. )ir susu paling baik disimpan dalam (adah makanan khusus dengan porsi ukuran menyusui. )ir susu harus didinginkan, baik dalam lemari es atau dalam pendingin dengan es batu, segera setelah dikeluarkan. (7arney, !""/) %enurut -uradi, (!""+) )-1 yang dikeluarkan dapat disimpan untuk beberapa saat. )da perbedaan lamanya disimpan dikaitkan dengan tempat penyimpanan. 1) Diudara terbukaA bebas ' &*5 jam
!) Dilemari es (+" =) ' !+ jam #) Dilemari pendinginA beku (* 15" =) ' & bulan

)-1 yang telah didinginkan tidak boleh direbus bila akan dipakai, karena kualitasnya akan menurun, yaitu unsur kekebalannya.

!/

)-1 tidak cukup didiamkan beberapa saat di dalam suhu kamar, agar tidak terlalu dingin atau dapat pula direndam di dalam (adah yang telah berisi air panas. i. 2aktor 3ang %enghambat Pemberian )-1 .ksklusif (Profil $esehatan 4ateng, !""/) 1) 0endahnya pengetahuan ibu dan keluarga lainnya mengenai manfaat )-1 dan cara menyusui yang benar. !) $urangnya pelayanan konseling laktasi dan dukungan dari petugas kesehatan. #) 2aktor sosial budaya +) $ondisi yang kurang memadai bagi para ibu yang bekerja. ,) <encarnya pemasaran susu formula. j. $erugian 4ika Tidak Diberikan )-1 .ksklusif )pabila tidak diberikan )-1 eksklusif dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang biasanya terjadi pada bayi mengalami diare, gangguan menyusui karena bayi sudah merasa kenyang sebelum bayi menyusu ibunya, beban ginjal yang meningkat, alergi terhadap makanan, gangguan pengaturan selera makan dan perubahan selera makan. ()li?a, !""/) +. $eberhasilan )-1 .ksklusif (0oesli, !""") a. %eningkatkan Produksi )-1 $ulit merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai reseptor yang terluas. -ensasi sentuhA raba adalah indra yang aktif berfungsi

!5

sejak dini, karena bayi telah merasakan sejak masa janin. -aat itu, janin dikelilingi dan dibelai oleh cairan hangat ketuban. >jung*ujung saraf yang terdapat pada permukaan kulit akan bereaksi terhadap sentuhan*sentuhan dan selanjutnya mengirimkan pesan*pesan ke otak melalui jaringan saraf yang berada di tulang belakang. Pijat bayi bermanfaat untuk menaikan berat badan, nafsu makan, daya tahan tubuh terhadap infeksi, dan mengeratkan ikatan batin antara bayi dengan orang tua. Demikianlah, pijat bayi bukan saja mudah dan murah, tetapi juga akan melipatgandakan keuntungan pemberian )-1 secara eksklusif. b. ;angkah*;angkah Penting Dalam $eberhasilan Pemberian )-1 .ksklusif ;angkah*langkah yang terpenting dalam persiapan keberhasilan menyusui secara eksklusif. ;angkah*langkah ini sangat penting terutama bagi ibu bekerja. $eberhasilan menyusui memang akan mempengaruhi seluruh keluarga. 1dealnya suami, kakak, nenek dan kakek, dilibatkan dalam langkah*langkah ini, karena dukungan mereka sangat berarti. Terdapat tujuh langkah keberhasilan pemberian )-1 eksklusif yaitu' 1) %empersiapkan payudara bila perlu !) %empelajari )-1 dan tatalaksana menyusui

!9

#) %enciptakan dukungan keluarga, teman, dan sebagainya +) %emilih tempat melahirkan yang Fsayang bayiG seperti Frumah sakit sayang bayiG atau Frumah bersalin sayang bayiG ,) %emilih tenaga kesehatan yang mendukung pemberian )-1 secara eksklusif &) %encari ahli persoalan menyusui seperti klinik laktasi dan atau konsultasi laktasi, untuk persiapan apabila kita menemui kesukaran /) %enciptakan suatu sikap yang positif tentang )-1 eksklusif

#"

B. Kerangka Teori C. Konsep :erdasarkan tujuan tinjauan penelitian pustaka, dan maka kerangka dapat digambarkan teori tersebut, kerangka maka teori sebagai berikut' disusun kerangka konsep dalam penelitian ini sebagai berikut' 7ariabel :ebas 2aktor Predisposisi a. Pengetahuan Tingkat Pengetahuan 1bu b. -ikap Tentang )-1 .ksklusif c. Pendidikan d. Pekerjaan e. $eadaan emosi ibu f. $eadaan gi?i ibu 7ariabel Terikat Praktik Pemberian )-1 .ksklusif

<ambar !.!

2aktor Pendukung a. Pendapatan keluarga . !ipotesis Penelitian Praktik Pemberian ASI b. Tersedianya fasilitas Eksklusif kesehatan )da hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan praktik pemberian )-1 c. $etersediaan (aktu eksklusif pada bayi usia "*& bulan. 2aktor Pendorong a. Dukungan tenaga kesehatan b. Dukungan suami dan keluarga c. Dukungan masyarakat

<ambar !.1 (-umber ' <reen, ; dalam otoatmodjo, !"",)

#1 #!