Está en la página 1de 1

Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 12

Anda di sini: Halaman Utama > Basis Pengetahuan > Akuntansi Pemerintahan > Standar Akuntansi Pemerintahan > Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan >Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 12

Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 12 atau PSAP 12 adalah Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP) tentang Laporan Operasional. PSAP 12 terdapat dalam lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010, yaitu Lampiran I.13.

Tujuan
Tujuan PSAP 12 adalah menetapkan dasar-dasar penyajian Laporan Operasional untuk pemerintah dalam rangka memenuhi tujuan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan.

Ruang Lingkup
PSAP 12 diterapkan dalam penyajian Laporan Operasional. PSAP 12 berlaku untuk setiap entitas pelaporan dan entitas akuntansi, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, dalam menyusun laporan operasional yang menggambarkan pendapatan-LO, beban, dan surplus/defisit operasional dalam suatu periode pelaporan tertentu, tidak termasuk perusahaan negara/daerah.

Tanggal Efektif
PSAP 12 berlaku efektif untuk laporan keuangan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran mulai Tahun Anggaran 2010. Dalam hal entitas pelaporan belum dapat menerapkan PSAP ini, entitas pelaporan dapat menerapkan PSAP Berbasis Kas Menuju Akrual paling lama 4 (empat) tahun setelah Tahun Anggaran 2010.