BAB III ANALISIS SYSTEM Berdasarkan bab sebelumnya maka pada bab ini akan dilakukan analisis system

, analisis system merupakan tahap untuk membangun atau melakukan pengembangan suatu Sistem. Analisis system dilakukan untuk mengetahui proses apa saja yang terlibat dalam system, hubungan antara proses yang terlibat dalam system dan kelebihan dan kekurangan system. 3.1 Analisis kebutuhan Sistem

Analisis kebutuhan system sangat dibutuhkan guna menunjang penerapan system baru , apakah system baru yang diterapkan itu sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau belum, apakah sesuai dengan tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan. Fungsi dari system baru ini adalah untuk membantu perusahaan dalam mengelola data transaksi keuangan guna memperoleh informasi akuntansi managerial dan keuangan dengan lebih cepat, tepat dan akurat sehingga kualitas dan efektifitas kerja meningkat. 1. Kebutuhan perangkat Keras Untuk menjalankan aplikasi transaksi pada konter pulsa Dsa Shonte Cell dibutuhkan system perangkat keras (hardware) yang mampu mendukung pengoprasian program. Sistem Perangkat keras tersebut harus memenuhi spesifikasi minimal dari kebutuhan hardware dari system yang akan diterapkan. Adapus spesifikasi minimal hardware yang dibutauhkan oleh system ini adalah: MotherBoard Processor RAM Harddisk VGA CD-RW FloppyDisk Monitor Speaker Mouse Keyboard Stabilizer Printer Perangkat Keras Disesuaikan dengan Prosesor Intel P3 DDR 128 MB 10 GB 128 MB CD-RW Asus 52x32x52x Panasonic 1,44 15” Standard PS2 Standard PS2 Standard Standard InkJet

Dapat mencetak data dari hasil transaksi penjualan. Dll dari software yang digunakan dalam pembuatan system. 3. b. c. Aplikasi transaksi dirancang untuk mempermudah dalam mengelola administrasi penjualan sehingga data-data inventor maupun data-data transaksi tersebut tersimpan dengan aman.4 Manfaat Aplikasi Transaksi Manfaat atau keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan Aplikasi Transaksi ini antara lain : a. Adapun software yang dibutuhkan oleh system baru ini antara lain: Jenis Perangkat Lunak SO Windows XP Profesional With SP2 Microsoft Access 2003 3. Kebutuhan Perangkat Lunak Untuk menerapkan aplikasi transaksi pada Konter pulsa Das Schonste Cell kita tidak banyak memerlukan perangkat lunak (software) karena pada file setup dari system sudah dilengkapi dengan file*.3 Deskripsi Aplikasi Transaksi Aplikasi Transaksi merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah transaksi jual beli dalam bentuk database. transaksi pembelian.2.5 Analisis Proses . baik berupa inventor Voucher. transaksi penjualan. serta mengkalkulasi secara matematis dari transaksi penjualan. Penyimpanan Voucher berupa voucher elektronik secara database. Dapat mendata hasil penjualan. 3. mempermudah kita mengetahui data voucher yang lengkap.

harga Voucher. harga Nota Pembelian dan Jumlah harga Data pembelian Data Keluaran Stok dan Jenis Voucher Pencetakan Voucher. Hal tersebut dilakukan demi keamanan system. Quantity Penjualan Dalam pengoperasiannya system ini membutuhkan 3 Jenis user. Tabel 3. 4 Proses Quantity Jenis Voucher.1 Analisis Proses No 1 Proses Proses input data Data Masukan Data Voucher (voucher dan Kartu 2 Proeses Pembelian perdana) Suplier Data Voucher. proses-proses tersebut adalah sebagai berikut : 1. Pemilik Konter User ini memiliki hak untuk melihat laporan-laporan baik itu laporan penjualan maupun pembelian serta laporan data voucher serta stok saldo. Kode Voucher. yaitu: 1. Jenis Voucher.1. 3 Proses Penjualan harga Voucher Pembeli Kode Voucher. Jenis Voucher. Proses input data 2. Proses Penjualan 4.Dalam Aplikasi Transaksi ini terdapat 4 (empat) buah proses. Proses Pembelian 3. 2. Dalam system ini tidak setiap orang memiliki hak yang sama. Admin . Proses Pencatatan Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada table 3.

Berikut Diagram konteks dari kebutuhan pengguna system:.User ini bertugas menginputkan data. dan voucher serta data transaksi pembelian dan dapat melihat stok saldo. Data Supplier .6 Analisis Data Dalam Aplikasi Transaksi ada 6 (empat) data yang dianalisis dan disimpan dalam database. seperti data supplier. Data Voucher 2.Customer.User. Kasir User ini mempunyai hak untuk menangani transaksi penjualan dan dapat melihat stok saldo. 3. data tersebut adalah sebagai berikut : 1.2 : Diagram context (DFD level 0) di Konter Pulsa Das Schonste Cell 3. Gambar 3.

data store.3. quantity Kode Voucher. dengan definisi tertentu sehingga user dan analisis system akan memiliki pengertian yang sama untuk input. Data Penjualan 3.2 : Kamus Data N o 1 2 Nama Data Data Voucher Data Supplier Item Data Kode voucher + jenisvoucher + harga beli + harga jual + nama voucher Kode supplier + nama Supplier + alamat + no tlp Kode Customer + nama customer + alamat + no tlp UserID + Password + Level + Nama User Data Supplier data Voucher dan hargaBeli Data Customer Kode Voucher. Tabel 3. jenis Voucher. quantity Deskripsi Menyimpan datavoucher ke table voucher dalam database Menyimpan data supplier ke table Supplier dalam database Menyimpan data customer ke table customer dalam database Menyimpan data User ke table User dalam database Menyimpan data Pembelian ke table pembelian dalam database Menyimpan data penjualan ke table penjualan dalam database Mencetak hasil transaksi 3 Data Customer 3 4 Data User/Pengguna Sofware Data Pembelian Data Penjualan 5 6 Data Print Out . jenis Voucher. harga Jual. Data Pembelian 6. harga Voucher. Data Customer 4.7 Kamus Data Berdasarkan analisa data dari DFD maka kamus data dari DFD tersebut adalah daftar organisasi dari semua elemen data yang ada didalam system.2. output. Data User/Pengguna Sofware 5. dan perhitungannya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada table 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful