Makalah Ilmu Alamiah Dasar

PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Oleh : SISKA ANGGRAENI (NIM 1207449) META (NIM )

UNIVERSITAS NEGERI PADANG SEPTEMBER 2013 BAB 1 PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan kumpulan pengetahuan tersusun secara sistematis yang didasarkan pada penyelidikan dan interpretasi terhadap peristiwa-peristiwa atau gejala alam melalui metode dan sikap ilmiah. Ilmu ini terus berkembang, bertambah luas, dan mendalam sesuai dengan hasil-hasil penemuan dan penyelidikan baru, menyebabkan timbulnya cabang-cabang ilmu yang dikenal sebagai: Fisika, Kimia, Biologi, dan Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA). Dalam perkembangannya, ternyata banyak proses

dan dibahas adalah satu. satu hal yang pasti. seperti Kimia Fisika. Biofisika. Pembagian IPA dalam berbagai cabang tersebut sebenarnya untuk lebih mempermudah mempelajari alam seisinya dari sudut pandang tertentu. Bagimana perkembangan IPA Klasik dan IPA modern? BAB II PEMBAHASAN A. maka ilmu pengetahuan merupakan siklus ilmu dengan penelitian sebagai intinya yang tidak pernah terputus. Bahkan ia akan semakin membesar dan meluas. Sedangkan berdasarkan periodisasinya. Hipotesis Merupakan strata ilmu yang paling rendah. perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam adalah sebagai berikut : 1. mekanisme. 2. Rumusan Masalah: 1. tetapi sering tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Suatu penelitian tentu diperlukan landasan pengamatan atau teori yang sudah ada. berlangsung lambat Manusia mempunyai rasa ingin teahu terhadap rahasia alam dengan menggunakan pengamatan dan penggunaan pengalama. berupa landasan ilmu yang telah teruji kebenarannya. Landasan atau strata ilmu dapat dibagi atas tiga. yaitu alam semesta yang meliputi: asal mula alam semesta dengan segala isinya. Bagaimana perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam? 2. diuraikan. yakni sasaran yang diselidiki. Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam Untuk menjelaskan fenomena alam. namun teori masih mungkin untuk dikoreksi dengan teori baru yang lebih tepat. merka mencoba menjawab rasa ingin tahu mereka dengan .yang penjelasannya memerlukan bantuan dari dua atau lebih cabang ilmu yang merupakan kombinasi dari cabang-cabang yang telah ada. sifat benda maupun peristiwa yang terjadi. Pada manusia kuno. termasuk proses. berupa dugaan atau prediksi yang diambil berdasarkan pengetahuan atau teori yang sudah ada untuk menjawab penelitian yang sedang dilakukan. B. Biokimia. Ilmu pengetahuan akan terus berkembang sejalan dengan sifat manusia yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah dipunyai atau diketahuinya. Hukum dan dalil Merupakan strata ilmu yang paling tinggi. Berdasarkan hal tersebut. Sampai abad 15. berupa teori yang telah diuji terus-menerus dan diketahui tidak ditemukan adanya kesalahan. dan Geofisika. Namun di luar dari pada itu. 3. yaitu: 1. Teori Merupakan strata ilmu yang lebih tinggi dari hipotesis. maka perlu dilakukan pengamatan atau penelitian yang terus-menerus.

yaitu: Ø Jagat raya ini tidak ada batasnya Ø Bintang bintang tersebar diseluruh jagat raya. terjadi perkembangan pemanfaattan IPA dalam penerapan teknologi secara nyata. imajinasi. Pokok ajaran yang dipaaprkan oleh Copernicus antara lain: Ø Matahari adalah Pusat dari sitem solar. Konsep yang modern ini mempengaruhi konsep IPA secara keseluruhan dan menyebabkan adanya revisi serta penyesuaian-penyesuaian konsep ke arah yang modern. berani mengungkapkan teleskopnya yang bertentangan dengan pandangan para penguasa. Bruno glordano (1548-1600 M) memperoleh kesimpulan lebih jauh. degan adanya revolusi industry. menjadi perangsang atau motivasi lahirnya sikap ilmiah ditengah para peneliti lainnya. 3. Pengetahuan dan ajaran semacam itu dapat disebut Pseudo science (sains palsu). Perkembangan saat itu lebih pesat lagi ketika seorang italia yaitu Galileo Galilei (1564-1642 M). 2. Puncak pemikiran mitos adalah pada jaman babilonia yaitu kira-kira 700-600 SM. Sikap yang ditunjukan oleh Galileo. Abad 20 Perkembangan IPA sangat pesat setelah dikenalkannya konsep fisika kuantum dan relativitas pada abad 20. Abad 15-16 Nicolas Copernicus (1473-1543) seorang astronom. artinya mirip sains tetapi bukan sains sebenarnya. Pengetahuan dan ajaran bangsa babionia ini stengahnya merupakan dugaan. perkembangan ilmu pengetahuan berlangsung cukup cepat. kepercayaan atau mitos. Awal abad 20 Pada waktu ini. Orang babiloniaberpendapat bahwa aam semesta itu sebagai ruang setengah bola dengan bumi yang datar sebagai antainya dan lanit dengan bintang-bintang sebagai atapnya. tetapi tidak segera dipublikasikan karena prinseip helosentrisme bertentangan dengan kepercayaan penguasa dan gereja pada saat itu. Dengan demikian. Mitos adalah pengetahuan baru yang merupakan kombinasi antara pengalaman-pengalaman dan kepercayaan. terdapat dua konsep IPA yang berkembang. yakni IPA Klasik dan IPA . 4.membuat jawaban sendiri yang biasa disebut mitos. Ø Bulan beredar mengelilingi bumi serta bumi bersamaan mengelilingi matahari Ø Bumi berputar pada porosnya dari barat ke timur yang mengakibaykan adanya siang dan malam dan pergerakan bintang bintang. Pengikut Copernicus. Copernicus. Tulisannya yang terkenal dan merobak pandangan astronom jaman yunani berjudul De Revolutionibus Orbium Calaestium (peredaran alam semesta). Ia membenarkan teori Copernicus tentang helosentries yang bertentangan dengan gereja yang homosentries atau geosentries. Buku tersbut ditulis pada tahun 1507 M. ahi matematika dan ahli pengobatan.

Selain itu. eksperimen. dan cara menganalisis suatu gejala alam. dapat diketahui bahwa penggolongan IPA menjadi IPA Klasik dan IPA Modern didasarkan pada konsepsi. Dengan kata lain. pengajuan hipotesis. Berdasarkan pengertian IPA Klasik dan IPA Modern yang dipaparkan di atas. IPA modern memiliki telaahan yang bersifat mikroskopik. IPA modern menerapkan teori eksperimen. yakni keingintahuan. § IPA klasik merupakan suatu proses IPA di mana teori dan eksperimen memiliki peran saling melengkapi dan memperkuat. Sedangkan pada IPA Modern. yang meliputi cara berfikir. Namun pada IPA Klasik. di mana ia menggunakan teori yang telah ada untuk eksperimen selanjutnya. suatu pengetahuan didapatkan dari awal. Secara umum. suatu pengetahuan diperoleh melalui eksperimen yang dilakukan dengan berkiblat pada teori yang telah ada dan dengan bantuan teknologi yang lebih canggih dan maju. yakni sesuatu yang bersifat detail dan berskala kecil. IPA klasik memiliki kajian yang bersifat makroskopik. dapat disimpulkan bahwa IPA Modern merupakan pengembangan dari IPA Klasik. Baik IPA Klasik maupun IPA Modern keduanya memiliki tujuan akhir yang sama. ciri lain IPA klasik adalah lebih mendahulukan eksperimen dari pada teori. perumusan masalah. § IPA modern adalah suatu proses IPA di mana penekanan terhadap teori lebih banyak dari pada praktek. Di samping kajian yang bersifat makrokopis. yakni harus melalui penginderaan. Sehingga diperoleh pengetahuan yang lebih mendalam mengenai suatu fenomena alam. langkah-langkah penerapan metode ilmiah pada IPA Klasik dan IPA Modern adalah sama.Modern. maka kajian dari IPA Modern lebih mendetail. yakni mengacu pada halhal yang berskala besar dan kaidah pengkajiannya menggunakan cara tradisional. yakni didasarkan dari hasil eksperimen yang dilakukan dan kajian pada IPA Klasik lebih dangkal karena terbatas pada media atau alat bantu penelitian. cara memandang. dan penarikan kesimpulan (teori). .

IPA klasik yang telaahannya mengikuti kaidah ilmu tradisional berdasarkan pengalaman. Saran 1. cara memandang. Ika Amalia Yuanda Dalam menjelaskan materi. BAB 3 HASIL DISKUSI A. Pertanyaan . Perkembangan IPA Klasik dan Modern Penggolongan IPA menjadi “klasik” dan “modern” sama sekali bukan berkaitan dengan waktu maupun klasifikasi bidang ilmu. dan cara menganalisis suatu fenomena alam. yaitu cara berpikir. hendaknya penyaji lebih keras dan jelas mengeluarkan suara B. Penggolongan ini lebih mengacu kepada konsepsi. dan bersifat makroskopik. muncul berdasarkan penelitian maupun pengujian dan telah diadakan pembaharuan yang dikaitkan dengan berbagai disiplin ilmu yang ada.Gambar 1 Periodisasi Perkembangan Ilmu pengetahuan Alam B. Sedangkan IPA modern yang bersifat mikroskopik. kebiasaan.

dan ketiadaan umum proses sistematik utk mengembangkan teori secara rasional. Sains populer bisa mengaburkan perbedaan antara sains dan pseduo-sains diantara masyarakat umum.1. atau tak memiliki status ilmiah. atau spiritualitas. Suatu bidang. Jawaban 1. dan juga mungkin melibatkan fiksi ilmiah. shg ia bisa memperoleh uang dan kedudukan utk memperbaiki kehidupnya dan sekaligus mengembangan ilmunya. Produk bioteknologi. Keppler yg astronomer. palsu. dalam hal ia menawarkan wawasan ke dalam dunia fisik. Dgn gagasan dan pengetahuan dia mengarang astrologi utk menghibur dan menyenangkan raja. Pseudo berarti semu. Keyakinan pseudo-saintifik tersebar luas. menjadi astrologer utk mencari uang. tak dpt diuji secara andal. Perubahan sifat Biologis melalui rekayasa genetika tersebut menyebabkan "lahirnya organisme baru" produk bioteknologi dengan sifat . kurangnya keterbukaan utk penilaian oleh para ahli lain. bahkan di antara guru-guru sains sekolah umum dan wartawan surat kabar. digunakan spt utk membedakan astrologi dari astronomi. keyakinan. Aplikasi teknologi tersebut dapat memodifikasi fungsi biologis suatu organisme dengan menambahkan gen dari organisme lain atau merekayasa gen pada organisme tersebut. Pseudo-sains adalah klaim. atau pura-pura. atau praktek yg disajikan sbg hal saintifik atau ilmiah. Siti Rahmayani Berikan contojh perkembangan IPA yang pesat dalam bidang Bioteknologi! 2.sifat yang menguntungkan bagi manusia. Istilah pseudo-sains (pseudoscience) atau sains-semu. tp tak mematuhi metoda ilmiah berlaku. tipu. diperoleh melalui penelitian empirik dan pengujian. bersandar secara berlebihan pd konfirmasi drpd upaya ketat pd penyanggahan. Maya anggraeni Apa yang dimaksud dengan Pseudo Sains atau sains palsu? 3. klaim berlebihan atau tak bisa dibuktikan. praktek. antara lain Jagung resisten hama serangga Kapas resisten hama serangga Pepaya resisten virus Enzim pemacu produksi susu pada sapi Padi mengandung vitamin A Pisang mengandung vaksin hepatitis 2. Sulwati Mutmainah Apa peranan perkembangan IPA dalam bidang kesehatan? C. Sains juga dibedakan dari wahyu. atau badan pengetahuan dpt disebut pseudo-saintifik ketika ia disajikan konsisten dengan norma-norma penelitian ilmiah. teologi. Pd waktu itu ia sangat miskin. tp ia gagal memenuhi normanorma tsb. tak memiliki bukti pendukung. Pseudo-sains kerap ditandai oleh hal samar. . bahkan sempat tak punya uang utk membeli sepotong roti. Umumnya keyakinan dipegang dlm sains populer tak bisa memenuhi kriteria sains. Bioteknologi secara umum berarti meningkatkan kualitas suatu organisme melalui aplikasi teknologi.

menyebabkan timbulnya cabang-cabang ilmu yang dikenal sebagai: Fisika. Anthrax. Padang: Universitas Negeri Padang. Perkembangan teknologi di bidang kesehatan ditandai dengan inovasi peralatan medis serta ditemukannya berbagai jenis penyakit baru. http://edukasi. Dengan sifat ini. bertambah luas dan mendalam sesuai dengan hasil-hasil penemuan dan penyelidikan baru. 2004. dalam benak manusia selalu bertanya karena keingintahuannya: apa sesungguhnya (what). Biologi. rontgen. Kimia. dan sebagainya BAB IV KESIMPULAN IPA berkembang dengan sangat pesatnya sejalan dengan sifat manusia yang mempunyai rasa ingin tahu atau curiousity yang juga selalu berkembang (dinamis). Inovasi peralatan medis seperti : scan. Pengetahuan yang diperoleh dari alam semesta ini selanjutnya merupakan dasar perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Bditemukan berbagai penyakit yang menjadi isu glibal : HIV/AIDS. Ilmu ini terus berkembang.3. dan mengapa demikian (why). Flu burung. DAFTAR PUSTAKA Tim Dosen IAD. dan sebagainya. Ilmu Alamiah Dasar (IAD). perekam detak jantung.kompasiana.com/2012/05/20/peranan-ilmu-pengetahuan-alam-dan-teknologidalam-memenuhi-kebutuhan-kehidupan-manusia/ . bagaimana sesuatu terjadi (how). Alat picu jantung buatan. Adanya kemampuan berpikir pada manusia tersebut yang menyebabkan terus berkembangnya rasa ingin tahu tentang segala yang ada di alam semesta. dan Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful