P. 1
Kandungan Surah Al Qariah_2

Kandungan Surah Al Qariah_2

|Views: 281|Likes:
Publicado porKhairul Mustafa

More info:

Published by: Khairul Mustafa on Sep 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/25/2015

pdf

text

original

KANDUNGAN SURAH AL-QARI’AH DAN AZ-ZALZALAH BAB I PENDAHULUAN Hari Akhir mungkin bukanlah istilah yang akrab bagi

kebanyakan orang. Hari Akhir berarti „masa terakhir.‟ Menurut kitab-kitab Islam, hal ini berarti sebuah periode waktu yang dekat dengan Hari Kiamat. Berbagai tanda-tanda di dalam Al Qur‟an dan tambahan penjelasan tentang Hari Akhir dalam kitab hadits memungkinkan kita sampai pada sebuah kesimpulan yang sangat penting. Seperti firman Allah: “Dan katakanlah: ”Segala puji bagi Allah, Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesaran-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. Dan Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan” (QS An Naml: 93). Hal lain yang harus ditegaskan di sini adalah bahwa Allah Maha Mengetahui tentang segala sesuatu. Seperti di setiap persoalan lainnya, kita tidak mempunyai pengetahuan sama sekali selain yang telah Dia beritahukan kepada kita. Penjelasan tentang berbagai peristiwa yang dibahas di halaman-halaman berikutnya dibuat menurut petunjuk ayat Al-Qur‟an, BAB II PEMBAHASAN Kandungan surah al-Qari’ah dan Az-Zalzalah Surah al-Qari‟ah dan surah Az-Zalzalah sama-sama mengandung tentang kejadian pada hari kiamat, dalam ayat lain surat an-Naml ayat 87, Allah Berfirman: “Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, Maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri.” (QS. Surat An-Naml: 87) Ketika malaikat israfil telah meniup sangkakalanya sebagai pertanda datangnya hari kiamat, bumi bergoncang hebat, mengeluarkan segala isinya, langit terbelah dan hancur, matahari digulung dan bintang-bintang berjatuhan. Saat itulah manusia terkejut, sadar dan menyesali dirinya tidak mengimani hari yang dijanjikan itu. Hanya orang-orang beriman saja yang tidak menyesali dirinya karena mereka sudah memiliki bekal untuk menempuhnya. Kita tentunya tidak ingin termasuk golongan orang-orang yeng menyesal itu (Na‟udzubillah).

Adapun menurut istilah kiamat berarti: hari kebangkitan manusia dari alam kubur ke alam akhirat untuk menerima pengadilan dari Allah. Apa itu iman kepada hari kiamat? Menurut bahasa kiamat memiliki dua arti. . yaitu kebangkitan dan akhir. Atau hari saat berakhirnya alam semesta dan seisinya. itu artinya iman kepada hari kiamat.Iman kepada datangnya hari yang dijanjikan.

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->