SUSUNAN ACARA AKAD NIKAH

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Alhamdulilahi robbil alamin wassolatu wassalamu al asyrofil anbiyai walmursalin sassidina muhammadin wa'alaalhi wasohbihi ajma'in amma ba'duh... Yang saya hormati ______________________________________________________ _____________________________________________________________________ yang saya hormati pula tuan rumah Bpk_____________________________________, dan yang saya hormati para tamu undangan yang berbahagia. pertama puji syukur ke hadirat Alla SWT. yang telah melimpahkan nikmatnya kepada kita sehingga kita dapat bersua bersama dalah acara walimatul ursy/pernikahan ananda _______________________dengan ___________________ semoga kedua mempelai dijadikan jodoh dunia kahirat yang dikaruniai nikmat mawaddah warohmah cinta abadi dunia sampai akhirat amin-amin ya robbal alamin. kedua kalinya sholawat beserta salam kita curahkan kepada baginda agung Nabi Muhammad SAW. di mana belau telah menjadi suri tauladan yang baik, yang menginspirasi kita dengan ilmu agama islam dan takwa kepada Allah SWT. sehingga kita dapat membedakan perkara hak dan perkara batil. ketiga kalinya, saya sedikit akan menyampaikan sabda nabi " annikahu sunnati, wasunnatul ambiyai minqobli faman roghiba an sunnati falaisa minni" Artinya : Pernikahan adalah merupakan sunnahku (kata Nabi ) dan merupakan sunnah bagi nabi-nabi sebelum saya, barang siapa yang inkar atas sunnahku maka dia bukan golonganku. jadi, pernikahan adalah sunnah hukumnya, jika dilaksanakan mendapat pahala dan jika tidak dilakukan tidak mendapat dosa, dan pernikahan ini merupakan ibadah sunnah yang menyenangkan dan siapapun pasti ingin cepat-cepat melaksanakannya.... heheh. sungguh pun demikian, di dalam ibadah sunnah ini mengandung kewajiban, yaitu bagi sang suami berkewajiban untuk memberikan nafkah kepada sang istri baik nafkah lahir ataupun batin. begitu pula sang istri berkewajiban berbakti dan taat serta mejaga kehormatan dirinya dan harta suaminya.

Dipersilakan). kedua penganten akan menandatangani buku nikah diikuti para saksi Penyerahan buku nikah dari Pejabat KUA kecamatan ____________________________ kepada kedua mempelai. Hadirin sekalian ______________________ adalah putra ke _____dari pasangan yang berbahagia _____________________________ dengan ________________________ sedangkan __________________________ adalah putri ke _____ dari pasangan yang berbahagia _____________________________ dengan_________________________. saksi ___________________________. PENANDATANGAN & PENYERAHAN BUKU NIKAH Sesuai dengan syariat perkawinan islam maka dipandu penghulu. Pembacaan saritilawah adalah __________________________________________ LAFADZ IJAB KABUL (Selanjutnya untuk pelaksanaan ijab kabul akan dipimpin oleh penghulu petugas dari KUA kecamatan______________Bapak _____________________________________ kami persilakan ______________________________________ sebagai wali. MUKADIMAH/PEMBUKAAN Kita buka acara ini dengan sama-sama melapazkan basmallah. Baraqolah walhamdullilah hirobbil alaamin Syukur alhamdullah akad nikah telah berlansung dengan lancar dan hikmat selamat untuk ________________________________ dan ____________________________. Dan kali ini kita berikan kesempatan diabadikan sekaligus memperlihatkan buku nikahnya. Selamat kepada Kedua Mempelai .Oleh karena itu walaupun pernikahan adalah merupakan sunnah. Hadirin sekalian sekali lagi kami ingin mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak ibu para hadirin yang berbahagia. yang telah memberikan doa restu dan menghadiri acar akad nikah di pagi hari ini. Bismillahirobbil alamin PEMBACAAN AL-QUR’AN & SARILAWAH Pembacaan Alquran adalah ___________________________________. KHUTBAH NIKAH / PEMBACAAN AKTA / DOKUMEN NIKAH Pejabat KUA Kecamatan _______________________________________di persilakan DO’A Pejabat KUA Kecamatan ______________________________________ di persilakan . setelah masuk ke jenjang pernikahan maka kita mau tidak mau. suka ataupun gak suka harus melaksanakan apa yang menjadi kewajiban bagi suami atau istri.

ALHAMDULLAHIRABIL ALLAMIN Wabillahitaufik Walhidayah Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh . SUNGKEMAN PENUTUPAN Hadirin sekalian alhamdullah kita telah menyaksikan proses akad nikah dan penyerahan mahar serta penanda tangan berkas maka tibalah kita diujung acara akad nikah. __________________ akan memasang cicin kawin dijari manis _______________________ dan sebaliknya.PEMASANGAN CINCIN & SESI FOTO Berikutnya pemasangan cicin kawin. SESERAHAN selanjutnya adalah penyerahan barang-barang seserahan mahar atau maskawin dari ____________________ berupa 28 gram dan seperangkat alat shalat untuk diserahkan ke ______________________. Semoga barokah dan mendapatkan ridha dari ALLAH SWT. Selamat atas pernikahan __________________________ dengan ___________________. Âmîn yâ robbal ‘âlamîn Kita tutup bersama-sama acara akad nikah ini dengan lapaz HAMDALAH. Bila ada salah mohon dimaafkan. Penerima mahar dari mempelai perempuan adalah ibu kandung mempelai wanita ______________________________________. Pembawa mahar kawin ibu kandung mempelai laki-laki ____________________________. Perkenanlah kami mengucapkan selamat menempuh hidup baru semoga pernikahan ini abadi dan langgeng adanya. Oleh kedua mempelai. Dan semoga menjadi keluarga asmara ( as sakînah al mawaddah wa rahmah ) yang akan melahirkan generasi-generasi yang shaleh dan shaleha. Dan ini kita berikan kesempatan diabadikan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful