ANALISIS BUKU GURU dan SISWA

(TEMATIK)
PPT – 2.4

BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Menganalisis buku guru dan buku siswa dilihat dari aspek kecukupan dan kedalaman materi. 5. dan KD 3. Menganalisis tindak lanjut dari hasil analisis.Kompetensi 1. 4. serta keterkaitannya dengan tema dan jaringan tema. Menganalisis kesesuaian buku guru dan buku siswa dengan konsep pendekatan scientific dan penilaian autentik. KI. 2 . Memahami strategi menggunakan buku guru dan buku siswa untuk kegiatan pembelajaran 2. Menganalisis kesesuaian isi buku guru dan buku siswa dengan tuntutan SKL.

KI.  Mendeskripsikan kecukupan dan kedalaman materi buku guru dan buku siswa serta keterkaitannya dengan tema dan jaringan tema. 3 . dan KD.  Mendeskripsikan kesesuaian isi buku guru dan buku siswa dengan konsep pendekatan scientific dan penilaian autentik.  Mendeskripsikan kesesuaian isi buku guru dan buku siswa dengan tuntutan SKL.  Merencanakan tindak lanjut dari hasil analisis.Tujuan  Mendeskripsikan strategi penggunaan buku guru dan buku siswa untuk kegiatan pembelajaran.

buku bisa digunakan dalam pembelajaran. 4 . 6. 7. 4.Panduan 1. 5. KI dan KD! Cermatilah buku guru dan buku siswa! Lakukanlah analisis terhadap buku tersebut dengan menggunakan format yang tersedia! Berikan tanda centang () jika sudah sesuai dan tanda silang (x) jika belum sesuai! Berdasarkan hasil analisis. tuliskan tindak lanjut hasil analisis sebagai berikut: o Jika sesuai dengan kebutuhan. Tiap kelompok menganalisis 3 sub tema. 3. o Jika kurang/tidak sesuai. 2. Anda disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku tersebut. Pelajari format Analisis Buku Guru dan format Analisis Buku Siswa! Siapkan SKL. Bagilah peserta menjadi kelompok yang terdiri dari 3 orang.

..... LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU GURU : ........................ 2................... 9.............. 4...... b..... 3......... : .. Kedalaman materi pengayaan ditinjau dari: a.......... cakupan konsep/materi esensial....... Karakteristik siswa Informasi pembelajaran sesuai Standar Proses Informasi keterpaduan: Penerapan model pembelajaran tematik terpadu Informasi tentang penerapan pendekatan scientific Instrumen penilaian autentik dan bahan remedial teaching 5........... 8.. 6............................................... : ......................................................... 7.......Format Analisis Buku Guru Judul buku Kelas Jenjang Tema/Sub NO.......... 5 .... dan b................... ASPEK YANG DIANALISIS HASIL ANALISIS PB I PB 2 PB 3 PB 4 PB 5 TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS Kesesuaian dengan SKL Kesesuaian dengan KI Kesesuaian dengan KD Kecukupan materi ditinjau dari: a.......................................... 1............... : ..... Pola pikir keilmuan........................ alokasi waktu.................

...... b....... : .............................. alokasi waktu....................................... 9................. LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA : ..................... 7............. 5... 8......... Pola pikir keilmuan...................... 10........... 2.................... Penilaian Autentik yang Tersedia dalam Buku Siswa Kolom interaksi antara guru dengan orangtua 6 ... Aspek yang Dianalisis HASIL ANALISIS PB I PB 2 PB 3 PB 4 PB 5 TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS Kesesuaian dengan SKL Kesesuaian dengan KI Kesesuaian dengan KD Kesesuaian materi dengan tema Kecukupan materi ditinjau dari: a....................... 4.. 1............... : ....................... Kedalaman materi ditinjau dari: a...........Format Analisis Buku Siswa Judul buku Kelas Jenjang Tema/Sub No.... Karakteristik siswa Keterpaduan berbagai mata pelajaran Penerapan Pendekatan Scientific 6.................................. 3...... dan b................ cakupan konsep/materi esensial..... : ......................

Langkah-langkah dan Rubrik Penilaian • Cermati format penilaian analisis buku guru atau buku siswa serta hasil analisis peserta yang akan dinilai • Berikan nilai pada setiap komponen sesuai dengan penilaian Anda terhadap hasil analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut PERINGKAT Amat Baik ( A) NILAI 90 < A ≤ 100 KRITERIA Hasil analisis tepat. tindak lanjut kurang logis Hasil analisis kurang tepat. tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan Baik (B) Cukup (C) 75 < B < 90 60 < C < 75 Hasil analisis tepat. tindak lanjut tidak logis Terima Kasih 7 . tindak lanjut logis Kurang (K) < 60 Hasil analisis kurang tepat.