MATERI AJAR

MATA PELAJARAN

ILMU PENGETAHUAN ALAM
Materi: Wujud Benda dan Sifat-sifatnya Kelas IV Semester I

Disusun oleh:

MAMAT SUHERMAT
NO. Pes. 1102210271004

SEKOLAH DASAR NEGERI SARIJAYA I
KECAMATAN MAJALAYA KARAWANG 2011

PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG)

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2011
RAYON 134 UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG

Materi Pokok Pembelajaran  Wujud Benda cair dan sifat-sifatnya . Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya. Kompetensi Dasar 6.KOP PLPG MATERI AJAR Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : IV / I Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit Standar Kompetensi 6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat. cair dan gas memiliki sifat tertentu Indikator  Menjelaskan sifat-sifat air  Mengidentifikasi sifat -sifat air  Melakukan percobaan tentang sifat-sifat air  Menyebutkan contoh dari alam sekitar tentang sifat-sifat air I.

.

Alat khusus yang biasa digunakan untuk mengukur rata atau tidaknya tembok tersebut dinamakan dengan waterpass. Ingin mengetahui bagaimana sifat benda cair? Lakukan kegiatan berikut. halaman 85. Apakah bentuknya sama dengan wadah yang ditempatinya? Dengan demikian.2. Perhatikan kembali Gambar No. dan solar merupakan contoh lain benda cair. sifat benda cair yang lain ialah selalu memiliki permukaan datar. Sifat permukaan air yang selalu mendatar Sifat tersebut dimanfaatkan oleh para tukang bangunan dalam memastikan bahwa ketinggian tembok dalam suatu bangunan telah benar-benar rata. minyak tanah.2 Gambar No. Demikian juga dengan susu.3 Permukaan air dalam botol datar. permukaannya tetap datar. bensin. kegiatan tersebut sudah biasa dilakukan. Penerbit Pusat Perbukuan Deparetemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.3. Coba kamu perhatikan Gambar No.4 Gambar No.1 dan No. Ketika botol dimiringkan. Air yang di masukkan ke dalam botol. Jadi.1 dan No. Gambar No. kita dapat menyimpulkan satu sifat benda cair. dan kecap termasuk ke dalam benda cair. Dapatkah kamu memberikan contoh benda cair yang lainnya? Oli. Dalam kehidupan sehari-hari. disana terlihat dua jenis waterpass yang biasa digunakan. susu. bentuknya akan sama dengan bentuk botol.2. Benda cair mengikuti bentuk wadahnya. minyak. yaitu waterpass yang berbentuk selang dan waterpass yang berbentuk batang. Gambar No. Karangan S. dan minyak goreng pada Gambar No.1 Gambar No.Rositawaty dan Aris Muharam.5 Gambar No. kecap.1. Materi Ajar diambil dari pustaka: BSE Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4.6 . Benda Cair Air. Begitu pun air yang dimasukkan ke dalam gelas dan mangkuk. Bentuk air akan sama dengan bentuk gelas dan mangkuk. begitu pun ketika dimiringkan ke arah yang lain akan tetap datar.

permukaan air selalu datar. Masukkan air ke dalam tabung plastik.7. Coba kamu perhatikan Gambar No. air sungai sampai di laut. Dengan demikian. b. air bergerak ke segala arah. Air tersebut naik karena air memilki sifat kapilaritas. Tekanan air di permukaan tabung akan diteruskan oleh air yang berada di bawahnya ke segala arah. Perhatikan Gambar No.6. Di dalam batang bunga itu sendiri terdapat pipa-pipa kecil yang menyebabkan air di dalam toples naik. Materi Ajar diambil dari pustaka: Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4. Air sungai berasal dari mata air yang terletak di pegunungan.8. Tetapi jika menuangkan air ke dalam mangkok maka bentuknya seperti mangkok. Permukaan benda cair yang tenang selalu datar Perhatikan gambar berikut! Gambar 6. dan jika kita menuangkan air ke dalam botol maka bentuk air seperti botol. Dalam keadaan tenang. Perhatikan Gambar 6. Sifat ini dapat dimanfaat oleh tukang bangunan misalnya untuk mengetahui kedataran lantai pada saat .5. Perhatikan Gambar No. Terbukti ketika kamu tumpahkan air dari botol ke lantai halaman sekolah. jika mendapat usikan permukaan air tidak lagi datar. Penerbit Pusat Perbukuan Deparetemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.4 Permukaan benda cair yang tenang selalu datar. Akan tetapi. yaitu dapat naik melalui pipa-pipa kecil. Bentuknya dapat berubah sesuai dengan wadahnya Jika kita menuangkan air ke dalam gelas maka bentuk air seperti gelas. Coba kamu perhatikan Gambar No. Akhirnya. Benda cair menempati ruang dan mempunyai massa Coba kalian tuangkan air ke dalam gelas sampai penuh dan airnya tumpah keluar gelas. berikan lubang-lubang kecil di dinding tabung. Coba kamu perhatikan Gambar No. Karangan Heri Sulistyanto dan Edy Wiyono.8.Sifat air yang selanjutnya. halaman 84. Sifat air lainnya adalah menekan ke segala arah. tempat yang paling rendah. Benda Cair Benda cair mempunyai sifat berikut ini: a. c. Air tersebut akan mengalir terus menelusuri lembah. Lalu. Peristiwa tersebut membuktikan bahwa bentuk benda cair dapat berubah sesuai dengan tempatnya. akan memancar air. yaitu bergerak dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. 2. Air akan terus bergerak mencari tempat yang paling rendah. Air mempunyai massa hal ini dibuktikan jika kita mengangkat gelas kosong terasa akan lebih ringan dibandingkan jika kita mengangkat gelas yang berisi air.4 Pernahkah kamu memerhatikan bagaimana air yang berada dalam toples pot airnya menjadi berkurang? Air tersebut berkurang karena habis diambil oleh tanaman bunga yang hidup di atasnya. Apa yang terjadi? Dari setiap lubang tabung. Air yang tumpah membuktikan bahwa seluruh ruangan gelas sudah terisi oleh air. air akan mengalir keluar tabung. Contoh nyata di lingkunganmu adalah air sungai.

Gambar No.11 . Alat untuk mengalirkan air dari tempat rendah ke tempat tinggi disebut pompa air. Dari bak penampungan air bisa mengalir sesuai dengan sifat alamiahnya.pemasangan ubin. Air dapat melarutkan zat atau bahan tertentu sehingga air disebut zat pelarut. kemudian diaduk maka kita akan memperoleh secangkir teh manis. Perhatikan Gambar No. Gula pasir larut dalam air teh sehingga rasa air teh menjadi manis.8 Gambar No. air juga dapat mengalir dari tempat rendah ke tempat tinggi.10 Gambar No. Contohnya air dari dalam tanah ditampung di dalam bak penampungan yang disimpan di atas rumah. Perhatikan Gambar No. Coba perhatikan air terjun! Bagaimana aliran airnya? Pada saat hujan.7 Gambar No.11. 9 Gambar No. d. Pada saat sekarang. Hulu sungai berada di pegunungan sementara hilir berada di muara. Benda cair mengalir dari tempat tinggi ke tempat lebih rendah Coba perhatikan aliran sungai! Air di sungai mengalir mulai dari hulu sampai ke hilir. Air dan zat yang terlarut di dalamnya disebut larutan. Contohnya larutan gula artinya air yang di dalamnya terdapat gula seperti pada teh manis. Perhatikan Gambar No. Hal ini membuktikan bahwa air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.9. biasanya berakhir di laut.10. kamu juga dapat melihat bahwa air hujan jatuh ke genteng kemudian mengalir melalui talang dan jatuh ke tanah. Alat yang digunakan untuk mengukur ke dataran lantai disebut waterpas. e. Benda cair dapat melarutkan zat tertentu Pernahkah kamu membuat teh manis? Jika secangkir teh pahit kita beri sesendok gula pasir.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful