P. 1
7 ULKUS VARICOSUM 2

7 ULKUS VARICOSUM 2

|Views: 56|Likes:
Publicado porMuhammad Agrifian
ulkus
ulkus

More info:

Published by: Muhammad Agrifian on Sep 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2014

pdf

text

original

ULKUS VARICOSUM DEFINISI Ulkus pada tungkai bawah akibat gangguan aliran darah vena ETIOLOGI Penyebab gangguan

aliran darah balik pada tungkai bawah secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 : 1)Berasal dari pembuluh darah : thrombosis atau kelainan katup vena

2)Berasal dari luar pembuluh darah : bendungan didaerah proksimal tungkai bawah oleh karena tumor diabdomen, kehamilan, atau pekerjaan yang dilakukan dengan banyak berdiri. Bila terjadi bendungan didaerah proksimal atau terjadi kerusakan katup vena maka tekanan darah vena akan meningkat akibat keadaan ini akan terjadi edema yang dimulai dari sekitar pergelangan kaki. Tekanan kapiler juga akan meningkat dan sel darah merah keluar ke jaringan sehingga timbul perdarahan dikulit, yang semula terlihat bintik-bintik merah lambat laun berubah menjadi hitam. Vena superfisialis melebar, memanjang dan berkelok-kelok seperti cacing (varises). Keadaan ini terlihat lebih jelas ketika pasien berdiri. Bila hal ini berlangsung lama, jaringan yang semula sembab akan digantikan jaringan fibrotic, sehingga kulit teraba kaku dan mengeras. Hal ini akan menyebabkan jaringan mengalami ganggguan suplai darah karena iskemik, lambat laun terjadi nekrosis. MANIFESTASI KLINIS Tanda yang khas dari ekstremitas dengan insufisiensi vena menahun adalah edema. Penderita sering mengeluh bengkak pada kaki terutama saat berdiri, diam dan akan berkurang saat elevasi tungkai. Keluhan lain adalah kaki terasa pegal, gatal, rasa terbakar, tidak nyeri, dan berdenyut. Biasanya terdapat riwayat thrombosis vena, trauma operasi, multiparitas, riwayat obes dan gagal jantung kongestif. Ulkus biasanya memiliki tepi yang tidak teratur, ukurannya bervariasi dan dapat meluas. Didasar ulkus terlihat jaringan granulasi atau bahan fibrosa. Dapat juga terlihat eksudat yang banyak. Kulit sekitarnya terlihat merah kecoklatan akibat hemosiderin. Kelainan kulit ini dapat mengalami perubahan menjadi lesi eksema (dermatitis statis). Kulit sekitar luka mengalami indurasi mengkilat dan fibrotik. Daerah predileksi yaitu daerah maleolus dan betis, tetapi cenderung di maleolus medialis. Dapat juga meluas sampai tungkai atas. Sering terjadi varises pada tungkai bawah. Ulkus yang menahun dapat terjadi perubahan pinggir ulkus tumbuh menimbul dan berbenjol. Perlu dipikirkan bahwa ulkus telah mengalami pertumbuhan ganas(jarang). Kelaianan kulit berupa :

DIAGNOSIS BANDING Ulkus tropikum yang kronis PENATALAKSANAAN Umum : Tinggikan tungkai saat berbaring agar mengurangi hambatan aliran vena Varises di proksimal dari ulkus diberi bebat elastin agar dapat membantu kerja otot tungkai bawah memompa darah ke jantung. tidakteratur.Ulkus dikelilingi eritema dan hiperpigmentasi. Umumnya tidak nyeri. bulat / oval. Soliter / multiple. Tepi luka lunak dan meninggi oleh karena radang akut dan dasar kotor.25% teriosum. . KONSUL KE PENYAKIT DALAM untuk mengobati penyebab varises. kecuali terdapat selulitis atau infeksi sekunder lainnya.5% atau 0. Khusus : Pengobatan sistemik = seng sulfat 2x200mg/hari Pengobatan topical = bila terdapat pus kompres dengan larutan permangans kalikus1:5000 atau larutan perak nitrat 0.

yaitu : a. bentuknya sesuai dengan bentuk benda yang kita gunakan untuk menekan. . edem non pitting Edem non pitting adalah kedaaan edem dimana apabila dipencet atau ditekan pada bagian edem. Edem pitting ini biasanya terjadi pada kasus edemsistemik. Sebenarnya cekungan yang tebentuk ini dapat kembali seperti semula. maka akan timbul cekungan pada aderah yang ditekan. edem pitting pada edem ini. bahkan tidak akan timbul bekas bahwa bagian yang terkena edem sudah ditekan. apabila daerah yang mengalami edem dipencet. maka dengan segera cekungan itu akan kembali ke seperti semula. maka edem dibedakan menjadi 2. membutuhkan waktu yang cukup lama. Edem non pitting ini biasanya terjadi dapa kasus edem yang disebabkan karena inflamasi. Edem dengan keadaan sperti ini disebut edem pitting. dll. b. obstruksi pembuluh limfe.NT Berrdasarkan kembali atau tidaknya edema apabila dipencet atau ditekan.

ULKUS VARIKOSUM : DARI ILMU PENYAKIT KULIT KELAMIN .

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->