 Kelompok

:2  Nama Anggota 1. Evi Solina 2. Agustinus 3. Marhamah 4. Lamini Novia 5. Asiska Alfiani 6. Almaidah

Npm Npm Npm Npm Npm Npm

:11.71.13082 :11.71.13084 :11.71.13085 :11.71.13093 :11.71.13095 :11.71.13108

Protozoa berasal dari bhs Yunani : proto dan zoon = binatang pertama Ilmu yang mempelajari protozoa : protozoologi Merupakan protista eukariotik atau disebut juga protista mirip hewan. .

200 µ. silia (bulu getar).  Beberapa kelompok protozoa memiliki cangkang . yaitu sekitar 10 . atau flagellum (bulu cambuk). Protozoa berukuran mikroskopis. ada yang tetap dan ada yang berubah-ubah.  Bentuk sel protozoa sangat bervariasi.  Sebagian besar Protozoa memiliki alat gerak berupa pseudopodia (kaki semu).

Protozoa termasuk organisme uniseluler (bersel tunggal) dan eukariotik (memiliki membran nukleus). Organel . Beberapa jenis protozoa memiliki inti lebih dari satu. sitoplasma dan mitokondria.– organel untuk melakukan kegiatan hidup antara lain: membrane plasma.

.

 Protozoa hidup soliter atau berkoloni. .  Cara hidupnya ada yang parasit. saprofit dan hidup bebas.  Jika keadaan lingkungan kurang menguntungkan protozoa akan membungkus diri membentuk sista untuk mempertahankan diri. Bila mendapat lingkungan yang sesuai hewan ini akan aktif lagi.

protista lain. Fagotrof . Protozoa bersifat kemoheterotrof dan mendapatkan nutrisinya melalui salah satu dari dua cara.Protozoa hidup secara heterotrof dengan memangsa bakteri. Osmotrof 2. yaitu sebagai berikut: 1. dan sampah organisme.

misalnya : * Saluran pencernaan makanan * Pada otot * Pada ginjal * Pada alat kelamin / genetalia  Atau pada cairan tubuh Hostnya. beberapa jenis bersifat parasit dan menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan ternak. air tawar atau air laut sebagai zooplakton. misalnya :dalam darah . Tempat yang basah yang kaya zat organik.  Pada spesies tertentu ada yang hidup dalam sel tubuh Hostnya.

 Sebagian besar Protozoa berkembang biak secara aseksual (vegetatif) dengan cara : 1. Spora . pembelahan mitosis (biner) 2.

3. Ciliophora (ciliata) yang bergerak dengan silia . 4. 2. yaitu 1. Mastigophora (flagellata) yang bergerak dengan flagela. Sarcodina (rhizopoda) yang bergerak dengan kaki semu atau pseudopodia. Sporozoa yang tidak bergerak aktif. Terbagi atas 4 kelompok filum berdasarkan kemampuan gerak serta tipe alat geraknya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful