P. 1
Protozoa

Protozoa

|Views: 2|Likes:
Publicado porMarhamah Amah

More info:

Published by: Marhamah Amah on Sep 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/27/2014

pdf

text

original

 Kelompok

:2  Nama Anggota 1. Evi Solina 2. Agustinus 3. Marhamah 4. Lamini Novia 5. Asiska Alfiani 6. Almaidah

Npm Npm Npm Npm Npm Npm

:11.71.13082 :11.71.13084 :11.71.13085 :11.71.13093 :11.71.13095 :11.71.13108

Protozoa berasal dari bhs Yunani : proto dan zoon = binatang pertama Ilmu yang mempelajari protozoa : protozoologi Merupakan protista eukariotik atau disebut juga protista mirip hewan. .

silia (bulu getar).  Sebagian besar Protozoa memiliki alat gerak berupa pseudopodia (kaki semu).  Beberapa kelompok protozoa memiliki cangkang .  Bentuk sel protozoa sangat bervariasi. ada yang tetap dan ada yang berubah-ubah. yaitu sekitar 10 .200 µ. Protozoa berukuran mikroskopis. atau flagellum (bulu cambuk).

Beberapa jenis protozoa memiliki inti lebih dari satu. Organel .– organel untuk melakukan kegiatan hidup antara lain: membrane plasma. Protozoa termasuk organisme uniseluler (bersel tunggal) dan eukariotik (memiliki membran nukleus). sitoplasma dan mitokondria.

.

saprofit dan hidup bebas. . Protozoa hidup soliter atau berkoloni. Bila mendapat lingkungan yang sesuai hewan ini akan aktif lagi.  Cara hidupnya ada yang parasit.  Jika keadaan lingkungan kurang menguntungkan protozoa akan membungkus diri membentuk sista untuk mempertahankan diri.

protista lain. Protozoa bersifat kemoheterotrof dan mendapatkan nutrisinya melalui salah satu dari dua cara. yaitu sebagai berikut: 1. dan sampah organisme. Osmotrof 2.Protozoa hidup secara heterotrof dengan memangsa bakteri. Fagotrof .

beberapa jenis bersifat parasit dan menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan ternak. air tawar atau air laut sebagai zooplakton. misalnya :dalam darah .  Pada spesies tertentu ada yang hidup dalam sel tubuh Hostnya. misalnya : * Saluran pencernaan makanan * Pada otot * Pada ginjal * Pada alat kelamin / genetalia  Atau pada cairan tubuh Hostnya. Tempat yang basah yang kaya zat organik.

Spora . Sebagian besar Protozoa berkembang biak secara aseksual (vegetatif) dengan cara : 1. pembelahan mitosis (biner) 2.

2. Ciliophora (ciliata) yang bergerak dengan silia . Terbagi atas 4 kelompok filum berdasarkan kemampuan gerak serta tipe alat geraknya. Sporozoa yang tidak bergerak aktif. 4. Sarcodina (rhizopoda) yang bergerak dengan kaki semu atau pseudopodia. 3. Mastigophora (flagellata) yang bergerak dengan flagela. yaitu 1.

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->