PROPOSAL BEASISWA BERPRESTASI PROGRAM STRATA 1 (SATU) FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI A.

Dasar Pemikiran Dewasa ini, masalah peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi topik pembicaraan yang menarik dan berkelanjutan, tidak hanya pemberitaan di media massa, tapi juga menjadi pembahasan dalam diskudi dan seminar yang dilakukan kelompok masyarakat. Harus diakui, maupun kulturalisasi peran sumber daya manusia sangat penting dan cukup menentukan serta menjadi prioritas sendiri, maka perlu merealisasikannya dengan memberikan perhatian dan pembinaan yang serius pada sektor intelektualitas. Perhatian khusus adalah penekanan motivasi para kader generasi muda daerah untuk terus melanjutkan jenjang pendidikannya secara kontiniutas dalam rangka meningkatkan kemampuan intelektualisasinya serta mampu beraktivitas secara profesional yang tinggi sehingga mereka dapat membuktikan eksistensinya sebagai “Khalifah fil Ardh“ dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, semua pihak instansi maupun kelompok msyarakat diharapkan dapat melakukan aktivitasnya secara nyata dalam rangka mencapai tujuan itu. Selayaknya kita berbuat riil dengan kemampuan yang dimiliki baik secara materi maupun non materi. Dasar keinginan ini dalam rangka amanah UUD 1945 yang telah dituangkan dalam GBHN. Di mana pembinaan Sumber Daya Manusia sudah seharusnya dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sejak Repelita VI dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Disatu sisi disadari pula bahwa peningkatan SDM ini dalam realita pelaksanaanya dirasakan sangat berat karena disamping membutuhkan biaya yang banyak juga memakan waktu yang lama. Untuk itu kita semua dituntut untuk mempunyai tekad yang sungguh-sungguh dan semangat juang yang tinggi serta menyatakan pendapat yang sama, keinginan yang sejalan bahwa peningkatan kulitas SDM merupakan suatu yang sangat penting dan menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk itu dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas perlu melakukan beberapa langkah strategis, diantaranya melalui jenjang pendidikan formal. Maka perlu disadari bahwa kualitas kemampuan intelegansi serta cara berfikir (thinking) seseorang sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan yang telah dilaluinya. Semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang, sudah barang tentu semakin tinggi kemampuan berpikirnya, karena sulit untuk dibantah, bahwa dunia pendidikan dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan kecerdasan seseorang serta diharapkan mampu memanfaatkan sarana yang ada mengolah sumber yang tersedia dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat banyak. Dan Tidak dapat dipungkiri, khususnya putra daerah BENGKULU tidak kalah bersaing dengan potensi mahasiswa daerah lainnya dalam berkompetisi, serta juga peran sumbangsihnya sebagai intelektualitas muda demi kemajuan bangsa Indonesia dan Propinsi Bengkulu

Untuk meningkatkan ilmu dalam bidang Akuntansi khususnya tentang Keuangan Daerah 3. Penutup Demikianlah proposal ini saya buat. dengan perincian sebagaimana terlampir. Nama Pemilik : A.5 (Tiga setengah) tahun D. Perbaikan sarana penunjang belajar 5. Dengan tanpa menghilangkan rasa hormat saya kepada Bapak. Yogyakarta.khususnya. seperti sekarang ini. Rodes Medo Nama Bank : Bank Muamalat No. 4 April 2009 Pemohon.. saya ucapkan terimakasih. Sebagai salah satu wujud nyata kepedulian Pemerintah Propinsi Bengkulu terhadap peningkatan SDM Putra Daerah C. Memacu daya saing untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan dalam mengembangkan potensi diri 4. Nama dan Tujuan Nama : Program Strata 1 ( S1 ) Fakultas Ekonomi Jur. Akuntansi Tujuan : 1. Tempat dan Waktu Tempat : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Beasiswa yang diharapkan selama : 5 (lima) Semester Target Waktu Penyelesaian : 3.450. Rekening : 911 3091 999 (Atau tata cara pemberian Beasiswa Berprestasi ini melalui Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang nantinya akan dikelolah oleh pihak Fakultas Ekonomi dalam penyaluran dana Beasiswa kepada saya sebagai penerima) E. saya sebagai Putra Daerah Bengkulu memiliki beban untuk dapat menjaga dan membawa nama baik Propinsi Bengkulu di pentas nasional.000.(EMPAT BELAS JUTA EMPAT RATUS LIMA PULUH RIBU RUPIAH). Oleh karena itu. dengan ini saya mencantumkan No. apabila nantinya proposal ini dikabulkan oleh Bapak. Rekening Bank. Untuk meringankan beban orang tua dalam membiayai kuliah 2. semoga dapat dijadikan pertimbangan atas perhatian dan bantuan Bapak. Biaya Pendidikan Biaya pendidikan diperkirakan sebesar Rp14. B. RODES MEDO Lampiran : Rincian dana proposal Beasiswa Strata 1 (S1) Akuntansi selama 5 (lima) semester adalah sebagai berikut : .

000.000.Menyelesaikan Praktikum Komputer Perkantoran di Lab.Kursus Bahasa Inggris Conversation Class di American Corner UMY—sekarang KEORGANISASIAN .x 5 smt Biaya SKS Variabel harga per SKS @Rp 70.x 24 SKS x 5 semester Biaya Praktikum 7 SKS x Rp150.Menyelesaikan Keterampilan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Curup tahun 2006 .Wakil Ketua Seksi IV Budi Pekerti Luhur dan Kepribadian SMA N 1 Curup tahun 2004-2005 .Sekretaris MIPA BIOLOGI SMA N 1 Curup tahun 2004-2005 .SMA NEGERI 1 CURUP TAMAT TAHUN 2000 . Lebong Tengah K ab.000.Sekretaris Kelompok Tani ”Cahaya Muda” Desa Semelako Kec.Kursus Bahasa Inggris di Texas Course Curup tahun 2001 .Menyelesaikan Keterampilan bidang Komputer di SLTP Negeri 1 CURUP tahun 2003 .Piagam Penghargaan sebagai Panitia Pelaksana HUT PMR SMA N 1 Curup tahun 2005 .Piagam Penghargaan sebagai peserta Lomba Kepalangmerahan Tingkat Propinsi Bengkulu tahun 2004 1.Ketua Umum PMR (Palang Merah Remaja) Wira SMA Negeri 1 Curup tahun 2004-2005 .SLTP NEGERI 1 CURUP TAMAT TAHUN 2000 .NO 1 2 3 JUMLAH Nama Kebutuhan Biaya SPP tetap per semester @Rp1.UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)—sekarang PENDIDIKAN INFORMAL . 1.000.SD NEGERI 14 CURUP TAMAT TAHUN 2000 .- TERBILANG : EMPAT BELAS JUTA EMPAT RATUS LIMA PULUH RIBU RUPIAH DATA AKADEMIK DAN KEORGANISASIAN PENDIDIKAN FORMAL . 1.. . 1..Seksi HUMAS IKTJY (Ikatan Keluarga Tun Te Jang) Yogyakarta–sekarang PIAGAM/ SERTIFIKAT/ TANDA PENGHARGAAN/ SEMINAR . Lebong tahun 2006-2008 .Piagam penghargaan sebagai Purna OSIS SMA Negeri 1 Curup tahun 2004-2005 . AKuntansi UMY tahun 2008 .Bendahara Umum IKPM (Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa) Lebong-Yogyakarta masa bhakti 2008-2009 .

Piagam Penghargaan sebagai Panitia Pelaksana Festival Band se-Prop.Bengkulu tahun 2005 .Sertifikat diberikan sebagai peserta dalam seminar ”How to be A Successful Scholarship Applicant” diselenggarakan oleh American Corner UMY tahun 2008 ..Piagam Penghargaan sebagai peserta Lomba Kepalangmerahan Tingkat Se-SUMBAGSEL di Universitas Bengkulu tahun 2004 .Sertifikat diberikan sebagai peserta acara Bedah Buku Akuntansi Pengantar 1 Berbasis Matematika tahun 2008 .Sertifikat LULUS diberikan sebagai peserta dalam acara Pendampingan Mahasiswa Angkatan 1 tahun 2008 .Sertifikat diberikan sebagai peserta OSDI (Orientasi Studi Dasar Islam) di UMY tahun 2008 .Piagam Penghargaan sebagai peserta kegiatan dalam rangka memperingati hari Pramuka ke44 tahun 2005 .

Untuk itu. profesionalisme dan wawasan SDM diperlukan motivasi yang tinggi dengan memberikan kesempatan terhadap kader-kader terbaik bangsa mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya. pengelolaan. Program ini dalam konteks Otonomi Daerah yang berarti desentralisasi kebijakan dan tanggung jawab pembangunan menjadi kewenangan daerah terutama dimaksudkan untuk pihak-pihak yang terkait dengan pembangunan daerah dalam menyediakan tenaga ahli yang handal di bidang mikrohidro (energi terbarukan). dalam upaya memperbaiki kondisi bangsa. Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta memberikan kesempatan kepada kader-kader terbaik bangsa di masing-masing daerah untuk mengikuti pendidikan pada Program Magister Sistem Teknik Konsentrasi Mikrohidro (energi terbarukan). B. perancangan. Secara menyeluruh. masyarakat dan pemerintah karena pendidikan sangat menentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan jati diri bangsa.000 MW baru memanfaatkan potensi tersebut sebesar 2. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan yang sebesar-besarnya potensi sumber daya air untuk menghasilkan listrik karena Indonesia yang memiliki potensi tenaga air sebesar 75.5 %. MAKSUD DAN TUJUAN Program Magister Sistem Teknik Konsentrasi Mikrohidro (energi terbarukan) dimaksudkan untuk menyediakan tenaga ahli yang handal bidang mikrohidro (energi terbarukan) bagi pihak- . keberhasilan pembangunan fisik sangat ditentukan oleh adanya perencanaan. A.PROPOSAL BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN (BEASISWA) PADA PROGRAM MAGISTER SISTEM TEKNIK KONSENTRASI MIKROHIDRO (ENERGI TERBARUKAN) FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA – YOGYAKARTA 1. Untuk memenuhi tuntutan dan percepatan pembangunan fisik terutama di daerah-daerah. RASIONAL Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara kelurga. layak dan bermutu. organisasi dan sistem yang baik dan tepat. 1. mempersiapkan dan meningkatkan intelektualitas.

Mampu merencanakan dan mengembangkan pemanfaatan energi terbarukan menjadi sumber tenaga yang bermanfaat. 2. Mampu melakukan studi potensi tenaga listrik mikrohidro (energi terbarukan). Sedangkan kelompok Mata Kuliah Topik (MKT) dengan jumlah 18 SKS mewadahi materi keminatan khusus yang lebih dalam yang terkait langsung dengan tesis.pihak yang terkait dengan pembangunan daerah di Kabupaten/Kota maupun Propinsi. Mampu memahami permasalahan yang ada dan membuat penyelesaiannya dengan merencanakan dan mengambil keputusan tentang strategi pengelolaan sumber tenaga listrik mikrohidro secara terpadu dan berkesinambungan. 4. Adapun maksud dan tujuan proposal ini adalah untuk mengajukan permohonan bantuan biaya pendidikan (beasiswa) kepada instansi pemerintah. Kelompok Mata Kuliah Umum (MKU) memuat tentang pengetahuan dasar Sistem Teknik dengan jumlah 8 SKS. KURIKULUM DAN LAMA PENDIDIKAN Kurikulum Program Magister Sistem Teknik Konsentrasi Mikrohidro (energi terbarukan) dirancang untuk diselesaikan dalam 15 bulan (1 tahun 3 bulan). Kelompok Mata Kuliah Konsentrasi (MKK) berisi materi di bidang ilmu teknik tertentu yang diminati peserta dan kombinasinya dengan jumlah 14 SKS. Terdiri atas sejumlah mata kuliah dengan jumlah seluruhnya 40 SKS termasuk 8 SKS Tesis (Penelitian). Mampu membuat peralatan. C. membangun. 3. sponsor atau lembagalembaga terkait yang peduli dan memiliki rasa tanggung jawab yang sangat tinggi terhadap masalah-masalah pendidikan dan peningkatan SDM terutama pendidikan di bidang mikrohidro (energi terbarukan). mengoperasikan dan memelihara bangunan mikrohidro (energi terbarukan). para donatur. Mampu merencanakan. membangun dan mengembangkan PLTMh (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro) terutama dalam menyediakan kebutuhan energi listrik dan mengatasi krisis energi listrik di Indonesia. Sedangkan tujuan penyelenggaraan program ini adalah menyiapkan SDM sebagai tenaga profesional yang diharapkan: 1. 5. . 1.

D. Biaya pendidikan (uang SPP selama 4 trimester) 2.000. 1. praktek. seminar.Rp 3. sehingga lama waktu program secara normal adalah 15 bulan. SISTEM. PESERTA Peserta program Magister Sistem Teknik Konsentrasi Mikrohidro (energi terbarukan) terdiri dari utusan masing-masing Instansi Pemerintah (Pegawai Negeri dan Pemda Kabupaten/Kota) dan swadaya masyarakat (fresh graduate) di seluruh Indonesia yang memenuhi persyaratan dan telah lulus seleksi. F.000.- . SUMBER DAN KOMPONEN BIAYA Pembiayaan peserta Program Magister Sistem Teknik Konsentrasi Mikrohidro (energi terbarukan) dilakukan dengan sistem sharing.000. Sedangkan peserta program swadaya masyarakat (fresh graduate) biaya pendidikannya dibebankan pada peserta yang bersangkutan. tutorial.1. diskusi. kuliah umum (guest lecture) dan studi lapangan. Semua bentuk proses pembelajaran ini terintegrasi dalam satu kesatuan program yang menyeluruh dan terpadu. praktek mandiri. PELAKSANAAN PROGRAM Program Magister Sistem Teknik Konsentrasi Mikrohidro (energi terbarukan) dilaksanakan selama 4 (empat) trimester yang terdiri atas 3 (tiga) trimester perkuliahan tatap muka dan 1 (satu) trimester untuk penulisan dan penyusunan tesis. 1 (satu) orang peserta dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dibiayai dari dana program beasiswa unggulan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Depdiknas dan 1 (satu) orang peserta dibiayai dari dana APBD masing-masing Kabupaten/Kota yang mengirim utusannya. E.000.(empat puluh juta rupiah) yang terdiri atas: 1. Biaya matrikulasi dasar Rp 37. Komponen biaya 1 (satu) orang peserta Program Magister Sistem Teknik Konsentrasi Mikrohidro (energi terbarukan) yang harus dibayarkan ke MST UGM sebesar Rp 40. Pelaksanaan perkuliahan (pembelajaran) pada Magister Sistem Teknik Konsentrasi Mikrohidro (energi terbarukan) dilaksanakan dalam bentuk kelas kuliah. 1.000. tugas mandiri. Lama waktu 1 (satu) trimester adalah 4 (empat) bulan untuk trimester perkuliahan tatap muka dan 3 (tiga) bulan untuk trimester tesis.000.

para donatur/sponsor/masyarakat maupun berbagai pihak yang peduli dengan dunia pendidikan demi keberlanjutan kami menyelesaikan studi S2 pada Program Magister Sistem Teknik Konsentrasi Mikrohidro Universitas Gadjah Mada. 14 Mei 2008 Mengetahui Magister Sistem Teknik Universitas Gajah Mada Mahasiswa yang Bermohon . H.- 1. G. bantuan dan kemurahan hati Bapak/Ibu kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setulus-tulusnya.Total biaya pendidikan Rp 40. RENCANA ANGGARAN BIAYA Rencana anggaran biaya untuk seluruh biaya yang dibutuhkan 1 (satu) orang peserta selama mengikuti pendidikan pada Program Magister Sistem Teknik Konsentrasi Mikrohidro (energi terbarukan) Magister Sistem Teknik UGM adalah sebagaimana tertera pada lampiran 1 proposal ini. Akhirnya. Yogyakarta. 1. PENUTUP Demikianlah proposal bantuan biaya pendidikan (beasiswa) ini diajukan dengan harapan mendapat perhatian dan bantuan dari instansi pemerintah.000. atas segala perhatian.000.

5. Pendidikan Bahasa Inggris (TOEFL) : Rp.000.000.000. 6. 12. 3.000. Biaya Hidup (keperluan mahasiswa.000. tidak dibayar ke UGM) 1. 40. 37.000.: Rp.: Rp.000 x 18 bln) 2. Biaya Pendidikan (SPP) 2.- 1. Biaya Pendidikan (dibayar ke UGM) 1. 850.000.000. Biaya Buku/Literatur 4. Uang Bulanan (Rp.- Rp.: Rp.- . Biaya Matrikulasi Dasar : Rp.000.Nama Pengelola Asisten Pengelola Lampiran 1 Nama Kita NIM : PERINCIAN BIAYA PENDIDIKAN PADA PROGRAM MAGISTER SISTEM TEKNIK KONSENTRASI MIKROHIDRO (ENERGI TERBARUKAN) FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA – YOGYAKARTA 1.000. 700.000.000.: Rp.600. Sewa Rumah (2 tahun) 3.

5. 14 Mei 2008 Mengetahui Program Magister Sistem Teknik Universitas Gajah Mada Mahasiswa yang Bermohon .- Terbilang : Delapan Puluh Empat Juta Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah Yogyakarta.000.000.450.000. 84. 44.000. Biaya Transportasi (Bengkalis – Jogja) PP : Rp. Biaya Tesis 8.: Rp.- Rp. 1.: Rp.000.000. 4. Biaya Kunjung Lapangan 6.000.- Total Rp.5.450.000.000.: Rp.000. Biaya Magang 7. 10.

(delapan puluh enam juta seratus ribu rupiah) Yogyakarta..Nama Pengelola Asisten Pengelola NamaKita NIM : USULAN KEGIATAN NAMA KEGIATAN : PERMOHONAN BANTUAN BEA SISWA PROGRAM MAGISTER (S2) SISTEM TEKNIK KONSENTRASI MIKROHIDRO UNIVERSITAS GAJAH MADA KEPADA GUBERNUR RIAU PEMOHON : Nama Kita LAMA KEGIATAN : 18 (Delapan Belas Bulan) TOTAL BIAYA : Rp.000. 3 Januari 2008 Mengetahui . 86.100.

Ketua Program Magister Sistem Teknik Universitas Gajah Mada Mahasiswa yang Bermohon Nama Pengelola NIP : Nama Kita NIM : .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.