P. 1
Fungsi Peripheral

Fungsi Peripheral

|Views: 17|Likes:
Publicado porGohim Oey
Menjelaskan tentang Fungsi Peripheral dan juga contohnya
Menjelaskan tentang Fungsi Peripheral dan juga contohnya

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Gohim Oey on Aug 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2013

pdf

text

original

Peripheral adalah perangkat keras ( hardware ) tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang

sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.

Peripheral terbagi menjadi 2 bagian : 1. Peripheral Utama : yaitu peripheral yang harus ada dalam pengoprasian komputer. contohnya yaitu : mouse, keyboard, dan monitor. 2. Peripheral Pendukung : Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.

Berikut beberapa contoh Peripheral beserta Fungsinya :

MOUSE

mouse USB Selain menggerakkan cursor, mouse juga di lengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri yang digunakan sebagai pengganti ENTER dan fungsi select pada keyboard, misalnya pada klik kiri mouse pada keybord digunakan fungsi tab atau panah arah untuk menavigasi menu halaman, untuk fungsi enter pada keyboard pada mouse biasanya di guankan klik 2 kali.

Pada mouse terbaru saat ini di lengkapi dengan fungsi scroll untuk menarik scroll pada kebanyakan program saat ini yang sebelumnya menggunakan fungsi page up atau page down pada keyboard, Fungsi mouse saat ini sudah hampir menggantikan keyboard pada kondisi tertentu, misalnya ketika melakukan editing gambar maka peran mouse sangat berguna dalam mendesain objek, pada saat beramain game mouse juga sangat berperan penting. khususnya monitor yang di gunakan untuk menampilkan gambar dari PC dekstop, ada banyak jenis monitor yang sering di pakai.

KEYBOARD

Pengertian dan fungsi keyboard dapat diartikan sebagai perangkat keras komputer untuk mengirim input ke CPU komputer, Fungsi keyboard memainkan peran penting dalam “masukan informasi”. Hanya dengan bantuan keyboard, pengguna dapat masukan perintah operasi yang diperlukan berupa data dan teks ke dalam komputer. Jika tidak ada komputer tidak ada proses, dan tidak dapat menerima petunjuk pengguna

operasi. Fungsi keyboard digunakan untuk mengetik teks dan angka ke dalam pengolah kata, editor teks atau program lainnya. Sebuah keyboard komputer membedakan setiap tombol fisik dari setiap lain dan laporan semua penekanan tombol pada software. Keyboard juga digunakan untuk game komputer, baik dengan keyboard biasa atau dengan menggunakan keyboard dengan fitur-fitur game khusus, yang dapat mempercepat kombinasi keystroke yang sering digunakan. Keyboard juga digunakan untuk memberikan perintah ke sistem operasi komputer, seperti ‘ kombinasi Windows Control-Alt-Delete, yang menampilkan jendela task manager.

TRACKBALL

Trackball memiliki fungsi yang sama dengan

mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki. Trackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat menghemat ruang gerak, karena dapat ditempelkan langsung pada laptop. Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna.

MONITOR

Monitor atau dengan istilah lain disebut VDU (Video Display Unit), merupakan salah satau bagian terpenting dari suatau unit komputer. Bagian monitor inilah yang paling sering kita pandang bila kita memakai komputer. Fungsi monitor adalah memperagakan data atau proses yang terjadi dalam CPU secara visual. Proses yang terjadi dalam CPU (Central Processing Unit) dikonversikan oleh suatau “ Adapter Video / Video board “ dari data yang digital menjadi sinyal yang akan disalurkan melalui kabel penghubung ke monitor.

PRINTER

Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang

dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.

SCANNER

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar

SPEAKER

Speaker adalah periferal yang digunakan untuk mengeluarkan data berupa suara. Walaupun mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengeluarkan data berupa suara, namun speaker memiliki kemampuan yang berbeda yang diukur dari kualitas keluaran suaranya.

JOYPAD/GAMEPAD

Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tomboltombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.

LCD PROYEKTOR

Berfungsi untuk menampilkan gambar secara besar dilayar, dengan cara menembakan cahaya / memproyeksikan gambar. Dari segi teknologi, proyektor ada dua tipe yaitu proyektor yang menggunakan teknologi DLP dan satu lagi menggunakan teknologi 3 LCD.

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->