P. 1
ADULT LEARNING2.ppt

ADULT LEARNING2.ppt

|Views: 10|Likes:
Publicado porRosie Salazar
pembelajaran dewasa
pembelajaran dewasa

More info:

Published by: Rosie Salazar on Jul 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/27/2014

pdf

text

original

Adult Learning

Malcolm Knootes menggunakan istilah Andragogy yang diartikan sebagai “the art and science of helping adults learn”

sebagai berikut :      Orang dewasa adalah orang yang independent dan self directing Mereka memiliki pengalaman yang sangat luas dan kaya dengan sumber belajar Mereka memiliki pembelajaran sebagai hal terintegrasi dengan kebutuhan dan tuntutan kehidupan sehari-hari Mereka lebih tertarik pada problem centered approach dari pada subjek centered Mereka lebih termotivasi untuk belajar dorongan internal dari pada dorongan dari luar .Andragogy didasarkan atas 5 asumsi.

Prinsip – prinsip belajar orang dewasa Self learning direction  Saling percaya dan menghargai  Saling menolong  Kebebasan mengemukakan pendapat  Dapat menerima perbedaan  Learning issuesnya sesuai dengan kepentingan masing .masing  .

Berbagai FK mengadaptasi PBL sesuai dengan lingkungan dan kemampuan akademik masing – masing → sehingga muncul berbagai wujud ragam PBL .

Bagaimana wujud PBL yang sesungguhnya? Adalah yang memungkinkan mahasiswa untuk melakukan :          Belajar mandiri secara aktif Berorientasi pada adult learning Berpusat pada problem Berpusat pada mahasiswa Bersifat kerjasama Integrasi intern disiplin dari berbagai cabang ilmu Terdiri dari kelompok – kelompok kecil 5 – 10 mahasiswa Dilaksanakan dalam konteks klinik Mahasiswa menentukan arah belajarnya sendiri .

Sesuai dengan tahap – tahap perkembangan kognitif Sensorimotor  Preoperational  Operational konkrit  Operational formal → PBL  .

Proses Belajar    Bukan sekedar suatu proses pengumpulan informasi baru dari orang lain tentng apa yang ingin diketahuinya Tetapi memerlukan motivasi yang tinggi dan suasana yang mendukung proses belajar Anak didik memerlukan classroom of life yang di dalamnya terdapat semangat self directed learning (belajar secara mandiri) .

dimana dan kapan belajar tentang suatu hal yang mereka anggap merupakan hal yang penting .BSM adalah    Suatu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student – centred approach) Disini proses dan pengalaman belajar diatur dan dikontrol peserta didik sendiri Para peserta didik memutuskan sendiri tentang bagaimana.

Dalam hal ini BSM menuntut peserta didik untuk      Mengidentifikasi berbagai masalah yang perlu dipelajari lebih jauh Tahu dimana harus mencari sumber-sumber belajar yang berkaitan dengan masalah tadi Mampu menetukan prioritas dan merancang penelusuran sumber belajar Mampu mempelajari materi yang ada dalam sumber belajar tadi Kemudian menghubungkan informasi yang telah terkumpul dengan topik bahasan yang sedang dipelajarinya .

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->