P. 1
PENDALAMAN MATERI SOSIOLOGI.ppt

PENDALAMAN MATERI SOSIOLOGI.ppt

|Views: 810|Likes:
Publicado porNur Rochim

More info:

Published by: Nur Rochim on Jul 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/20/2014

pdf

text

original

SOSIOLOGI PLPG 2009

Dra.Elly Kismini, M.Si

1

KONSEP DASAR SOSIOLOGI
ASAL KATA Socius Logos KAWAN / MASYARAKAT ILMU / BERBICARA

SOSIOLOGI : ILMU TENTANG MASYARAKAT

2

KONSEP DASAR SOSIOLOGI
HAKEKAT SOSIOLOGI
      

SOSIOLOGI BAGIAN DARI ILMU SOSIAL SOSIOLOGI MEMBATASI DIRI PADA KEJADIAN DEWASA INI SOSIOLOGI MERUPAKAN ILMU PENGETAHUAN MURNI SOSIOLOGI MERUPAKAN ILMU PENGETAHUAN YANG ABSTRAK SOSIOLOGI MENELITI DAN MENCARI APA YANG MENJADI PRINSIP / HUKUM DALAM MASYARAKAT SOSIOLOGI MERUPAKAN ILMU PENGETAHUAN YANG EMPIRIS DAN RASIONAL  MENGGUNAKAN OBSERVASI SOSIOLOGIILMU PENGETAHUAN YANG UMUM, BUKAN KHUSUSMEMPELAJARI GEJALAGEJALA YANG ADA PADA SETIAP INTERAKSI ANTAR MANUSIA

3

KONSEP DASAR SOSIOLOGI UNSUR-UNSUR MASYARAKAT     Manusia yang hidup bersama Bercampur untuk waktu yang cukup lama Sadar bahwa mereka merupakan suatu kesatuan Merupakan suatu sistem hidup bersamakebudayaan 4 .

STRUKUTUR SOSIAL DAN PROSES SOSIAL Unsur-unsur struktur sosial menurut Raymond Firth: • • • • Kelompok-kelompok sosial Lembaga-lembaga sosial Norma-norma sosial Lapisan / strata sosial 5 .

KELOMPOK SOSIAL 6 .

KELOMPOK SOSIAL Pengertian: Suatu sistem sosial yang terdiri dari sejumlah orang yang berinteraksi satu sama lain dan terlibat dalam suatu kegiatan bersama Ciri dasar kelompok sosial:      Jumlah anggota minimal 2 orang Harus ada komunikasi dan interaksi Bersifat timbal balik Bersifat sementara atau sepanjang waktu Minat dan kepentingan bersama 7 .

KELOMPOK SOSIAL Sumber pembentukan kelompok:   Adanya minat dan kepentingan bersama Insting manusia yang selalu mendorong untuk berkelompok Persyaratan terbentuknya kelompok:     Kesadaran anggota kelompok Hubungan timbal-balik antar anggota kelompok Adanya suatu faktor yang dimiliki bersama Berstruktur dan mempunyai pola perilaku 8 .

biologi Hasil kesadaran manusia 9 .KELOMPOK SOSIAL KELOMPOK Emile Durkheim MEKANIK ORGANISATORIK FUNSIONAL Naluriah ditentukan oleh ikatan geografi.

KELOMPOK SOSIAL Bentuk-bentuk kelompok sosial:      Kelompok kekerabatan Kelompok utama dan kelompok sekunder Gemeinschaft dan gesellschaft Kelompk formal dan informal Membership group dan reference group 10 .

LEMBAGA SOSIAL 11 .

LEMBAGA SOSIAL LEMBAGA SOSIAL MERUPAKAN KUMPULAN NORMA-NORMA SOSIAL YANG DIANGGAP DAPAT MEMBANTU MASYARAKAT MEMENUHI HIDUPNYA DENGAN BERBAGAI POLA KEMASYARAKATAN FUNGSI LEMBAGA SOSIAL :   MEMBERI PEDOMAN DALAM MENGHADAPI MASALAH DI MASYARAKAT MENJAGA KEUTUHAN MASYARAKAT BENTUK-BENTUK LEMBAGA SOSIAL:      KELUARGA LEMBAGA EKONOMI LEMBAGA PEMERINTAHAN LEMBAGA PENDIDIKAN LEMBAGA AGAMA 12 .

LEMBAGA SOSIAL KELUARGA KARAKTER KELUARGA :  IKATAN DARAH/ADOPSI  HIDUP BERSAMA DALAM SUATU RUMAHTANGGA  PERAN MASING-MASING  MEMPUNYAI CIRI YANG BERLAINAN FUNGSI KELUARGA:  FUNGSI BIOLOGIK  FUNGSI AFEKSI  FUNGSI SOSIALISASI LEMBAGA EKONOMI BERPUSAT DI SEKITAR PRODUKSI. DISTRIBUSI DAN KONSUMSI BARANG DAN JASA TERJADI PERUBAHAN DALAM LEMBAGA EKONOMI DARI MASYARAKAT TRADISIONAL KE MASYARAKAT MODERN 13 .

LEMBAGA SOSIAL LEMBAGA PEMERINTAHAN LEMBAGA PEMERINTAHAN MEMPUNYAI KEWENANGAN UNTUK MENGATUR.ADMINISTRASI. MENJALANKAN. PERADILAN DAN MELINDUNGI WARGA MASYARAKAT DARI BAHAYA LUAR LEMBAGA PENDIDIKAN      PENDIDIKAN DIATRIKAN SEBAGAI SOSIALISASI AWALNYA SEBAGAI PROSES PENDEWASAAN ANAK PROSES MEMENUSIAKAN MANUSIA SECARA MANUSIAWI MANUSIA BERBEDA DENGAN HEWAN LONG LIVE EDUCATION 14 .

LEMBAGA SOSIAL LEMBAGA AGAMA   BERTUJUAN MEMBERIKAN DASAR BAGI PERILAKU YANG AJEG DALAM MASYARAKAT MEMBERIKAN SANKSI/GANJARAN MELALUI PERATURAN-PERATUARAN 15 .

NILAI DAN NORMA SOSIAL 16 .

MERUPAKAN PENULARAN DARI ORANG LAIN  TERBENTUK MELALUI PROSESE BELAJAR  DAPAT MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN PRIBADI SESEORANG  BERVARIASI ANTARA BUDAYA YANG SATU DENGAN YANG LAIN  MEMPENGARUHI KEJIWAAN SESEORANG 17 .NILAI DAN NORMA SOSIAL NILAI SOSIAL PENGERTIAN : GAMBARAN MENGENAI APA YANG DIINGINKAN YANG PANTAS. YANG MEMPENGARUHI PERILAKU DARI ORANG YANG MEMILIKI NILAI ITU CIRI-CIRI NILAI SOSIAL:  MERUPAKAN HASIL INTERAKSI SOSIAL ANTAR WARGA MASYARAKAT  BUKAN BAWAAN SEJAK LAHIR. YANG BERHARGA.

YAITU:  CARA (USAGE)  CELAAN  (CONTOH : MAKAN BERDECAK)  KEBIASAAN (FOLKSWAY)  TEGURAN  (CONTOH:MENENGOK ORANG SAKIT)  TATA KELAKUAN ( MORES )  SANKSI LEBIH BERAT  (CONTOH:BERTAMU MALAM HARI)  ADAT ISTIADAT (CUSTOM)  SANKSI SANGAT BERAT  (CONTOH:PERKOSAAN) 18 .NILAI DAN NORMA SOSIAL NORMA SOSIAL PENGERTIAN : PATOKAN PERILAKU DALAM SUATU KELOMPOK TERTENTU YANG BERUPA ATURAN –ATURAN DAN DISERTAI DENGAN SANKSI-SANKSI NORMA DAPAT DIKLASIFIKASIKAN MEMJADI EMPAT.

LAPISAN / STRATA SOSIAL 19 .

LAPISAN / STRATA SOSIAL PRIVILESE (HAK ISTIMEWA) PRESTISE (HARGA DIRI) EKONOMI BUDAYA LAKI-LAKI PEREMPUAN LAKI-LAKI PUBLIK DOMESTIK PEREMPUAN GENDER  TEORI NATURE: PERBEDAAN PSIKOLOGIS ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DISEBABKAN KARENA FAKTOR-FAKTOR BIOLOGIS TEORI NURTURE: PERBEDAAN PSIKOLOGIS ANTARA LAKI-LAKI DENGAN PEREMPUAN MELALUI PROSES BELAJAR DARI LINGKUNGAN. TERCIPTA  20 .

PROSES SOSIAL 21 .

PROSES SOSIAL PENGERTIAN : HUBUNGAN YANG DINAMIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT PROSES SOSIAL INTERAKSI SOSIAL SYARAT TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL :  KONTAK SOSIAL  KOMUNIKASI KONTAK : HUBUNGAN ANTARA SATU ORANG ATAU LEBIH DENGAN SALING MENGERTI MAKSUD DAN TUJUAN 22 .

PROSES SOSIAL KONTAK SOSIAL MENURUT SIFATNYA:  PRIMER : LANGSUNG  SEKUNDER : TIDAK LANGSUNG KONTAK SOSIAL MENURUT BENTUKNYA :  POSITIF : SALING MENGUNTUNGKAN  KERJA SAMA  NEGATIF : MERUGIKAN MASING-MASING/SALAH SATU PIHAK  PERSELISIHAN KOMUNIKASI : SESEORANG MEMBERI ARTI/TAFSIRAN PADA PERILAKU ORANG LAIN DALAM KOMUNIKASI DAPAT TERJADI BERBAGAI MACAM PENAPSIRAN  CONTOH:ORANG TERSENYUM CIRI-CIRI INTERAKSI SOSIAL :  JUMLAH PELAKU LEBIH DARI SATU ORANG  ADANYA KOMUNIKASI ANTAR PELAKU DENGAN MENGGUNAKAN SIMBOL-SIMBOL  ADANYA DIMENSI WAKTU  ADANYA TUJUAN TERTENTU 23 .

PROSES SOSIAL FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERAKSI :  IMITASI  SUGESTI  IDENTIFIKASI  SIMPATI BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL:  ASOSIATIF  DISOSIATIF KELOMPOK SOSIAL INTERAKSI SOSIAL 24 .

PERUBAHAN SOSIAL 25 .

PERUBAHAN SOSIAL PENGERTIAN : PERUBAHAN DALAM STRUKTUR SOSIAL SASARAN PERUBAHAN SOSIAL :  NILAI-NILAI SOSIAL  NORMA-NORMA SOSIAL  POLA PERILAKU  ORGANISASI SOSIAL  LEMBAGA KEMASYARAKATAN  LAPISAN-LAPISAN DALAM MASYARAKAT  KEKUASAAN DAN WEWENANG  INTERAKSI SOSIAL CARA MENGAMATI PERUBAHAN SOSIAL: MEMBANDINGKAN SUATU KEADAAN DENGAN KEADAAN SEBELUMNYA 26 .

PERUBAHAN SOSIAL FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN SOSIAL BERSUMBER DARI DALAM MASYARAKAT:     BERTAMBAH/BERKURANGNYA PENDUDUK PENEMUAN-PENEMUAN BARU PERTENTANGAN DALAM MASYARAKAT PEMBERONTAKAN/REVOLUSI DI DALAM TUBUH MASYARAKAT ITU SENDIRI BERSUMBER DARI LUAR MASYARAKAT:    LINGKUNGAN FISIK YANG ADA DI SEKITAR MANUSIA PEPERANGAN DENGAN NEGARA LAIN PENGARUH KEBUDAYAAN MASYARAKAT LAIN 27 .

PERUBAHAN SOSIAL FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JALANNYA PROSES PERUBAHAN FAKTOR PENDORONG:        KONTAK DENGAN KEBUDAYAAN LAIN SISTEM PENDIDIKAN YANG MAJU MENGHARGAI KARYA ORANG LAIN TOLERANSI TERHADAP PERBUATAN-PERBUATAN MENYIMPANG SISTEM LAPISAN MASYARAKAT YANG TERBUKA KETIDAK PUASAN MASYARAKAT TERHADAP BIDANG-BIDANG TERTENTU ORIENTASI KE DEPAN NILAI MENINGKATKAN TARAF HIDUP FAKTOR PENGHAMBAT:          KURANGNYA HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT LAIN PERKEMBANGAN ILMUN PENGETAHUAN YANG TERHAMBAT SIKAP MASYARAKAT YANG TRADISIONAL ADANYA KEPENTINGAN-KEPENTINGAN YANG TELAH TERTANAM DENGAN KUAT RASA TAKUT TERJADINYA KEGOYAHAN TERHADAP INTEGRASI KEBUDAYAAN PRASANGKAN TERHADAP HAL-HAL BARU/ASING KEBIASAAN NILAI PASRAH 28 .

PERUBAHAN SOSIAL BENTUK-BENTUK PERUBAHAN SOSIAL:    EVOLUSI DAN REVOLUSI PERUBAHAN YANG DIRENCANAKAN DAN TIDAK DIRENCANAKAN PERUBAHAN KECIL DAN PERUBANAH BESAR 29 .

Religi / kepercayaan 30 . Bahasa 6. Kesenian 7. Sistim kemasyarakatan 4. Sistim pengetahuan 5. Sistim peralatan dan perlengkapan kehidupan 3. Sistim mata pencaharian 2.7 UNSUR KEBUDAYAAN YANG BERSIFAT UNIVERSAL (MENURUT KOENTJORONINGRAT) 1.

-SELESAITERIMA KASIH 31 .

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->