MODUL XI KEWIRAUSAHAAN MEMULAI USAHA

CARA MEMASUKI DUNIA USAHA Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk memulai suatu usaha atau memasuki dunia usaha yaitu : 1. Merintis usaha baru ( starting), yaitu membentuk dan mendirikan usaha baru dengan menggunakan modal, ide, organisasi, dan manajemen yang dirancang sendiri. Ada tiga bentuk usaha baru yang dapat dirintis: (1) Perusahaan milik sendiri (sole proprietorship), yaitu bentuk usaha yang dimiliki dan dikelola sendiri oleh seseorang, (2) Persekutuan (partnership), yaitu suatu kerjasama (asosiasi) dua orang atau lebih yang secara bersama-sama menjalankan usaha bersama, dan (3) Perusahaan berbadan hukum (corporation), yaitu perusahaan yang didirikan atas dasar badan hukum dengan modal saham-saham. 2. Membeli perusahaan orang lain (buying), yaitu dengan membeli perusahaan yang telah didirikan atau dirintis dan diorganisasir oleh orang lain dengan nama (good will) dan organisasi usaha yang sudah ada. 3. Kerjasama manajemen (franchising) yaitu suatu kerjasama antara entrepreneur (franchisee) dengan perusahaan besar (franchisor/parent company) dalam mengadakan persetujuan jual-beli hak monopoli untuk menyelenggarakan usaha. Kerjasama ini biasanya dengan dukungan awal seperti pemilihan tempat, rencana bangunan, pembelian peralatan, pola arus kerja, pemilihan karyawan, advertensi, pembukuan, pencatatan dan akuntansi, konsultasi, standar, promosi, pengendalian kualitas, riset, nasehat hukum, dan sumber-sumber permodalan.

Merintis Usaha baru Pada bagian sebelumnya telah dikemukakan bahwa untuk memamsuki dunia usaha (business) seseorang harus berjiwa wirausaha. Wirausaha adalah seseorang yang mengorganisir, mengelola, dan memiliki keberanian Ir. Zulfitri MS KEWIRAUSAHAAN 1

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB

Sebagai pengelola dan pemilik usaha (business owner manager) atau pelaksana usaha kecil (small business operator). dan lebih menyukai tantangan. Sebanyak 15 persen lagi dari responden dengan mencobanya dan mereka merasa mampu dengan lebih baik. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Peggy Lambing (2000:90) hampir setengah atau 43 persen responden (wirausaha) menggunakan sumber ide bisnisnya dari mengetahui cara-cara pengalaman yang diperoleh ketika bekerja di Mereka perusahaan dari pengalaman beberapa perusahaan atau tempat-tempat profesional lainnya. yaitu pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang menentukan keberhasilan usaha.” Opportunity recognition” tidak lain adalah pengamatan lingkungan ( environment scanning) yai8tu alat untuk pengembangan yang akan ditransfer menjadi peluang-peluang ekonomi. kreatif. pendekatan “the out-side in” yang juga disebut :opportunity recognition”.menghadapi risiko. berkemampuan mengorganisir. Sebanyak 1 dari 10 responden (11 persen) dari wirausaha yang disurvai mengungkapkan memulai usaha untuk mencari peluang pasar. Laporan perodik tentang perubahan ekonomi c. mengoperasikan tersebut. pendekatan “inside-out” atau disebut dengan “idea Mereka melihat keterampilan sendiri. yaitu: Sedangkan sebanyak 46 persen lagi Menurut Lambing ada dua pendekatan utama yang digunakan para wirausaha untuk mencari peluang dengan mendirikan usaha Pertama. Berita-berita peluang tersebut menurut Lambing (2000:92) bersumber dari : a. Kedua. ia harus memiliki kecakapan untuk bekerja. Informasi lesensi produk yang disediakan oleh broker. baru. universitas. Zulfitri MS KEWIRAUSAHAAN 2 . Publikasi pemerintah e. yaitu pendekatan yang menekankan pada basis ide bahwa suatu perusahaan akan berhasil apabila merespon atau menciptakan suatu kebutuhan di pasar. generation”. Surat kabar b. Sebagai pengelola dan memiliki keberanian menghadapi resiko.latar belakang. Jurnal perdagangan dan pameran dagang d. dan sebagainya yang menentukan jenis usaha yang akan dirintis. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir. kemampuan. dan korporasi lainnya. dikarenakan hoby.

c. keunggulan dari perusahaan baru datang ke pasar adalah dapat mengidentifikasi “kebutuhan pelanggan” dan “kemampuan pesaing” Berdasarkan pendekatan “in-side-out” di atas. Gambar 5. yaitu kemampuan tentang bagaimana cara mencarikan. yaitu kemampuan tentang bagaimana memperoleh sumber-sumber dana dan cara menggunakannya. memelihara dan mengembangkan relasi. Setelah ada ide.3. seorang dituntut tidak hanya memiliki kemampuan. Kemampuan teknik. Kemampuan finansial. tetapi juga harus memiliki ide dan kemauan. b. yaitu kemampuan tentang bagaimana memproduksi barang dan jasa serta cara menyajikannya. Effective Small Busines Management. Hal.1 di atas. Dalam memasuki arena bisnis atau memulai usaha baru.Menurut Lambing. dan kemampuan komunikasi serta negosiasi. Seperti telah disingung. seorang calon wirausaha harus memiliki kompetensi usaha. yaitu kemampuan tentang bagaimana menemukan pasar dan pelanggan serta harga yang tepat. bahwa ide dan kemauan tersebut harus mewujudkan dalam bentuk barang dan jasa yang laku di pasar. d. Kemampuan hubungan. bahwa untuk memulai usaha. Sumber dana PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir. 1993. kompetensi usaha yang diperlukan meliputi: a. Menurut Norman Scarborough. Zulfitri MS KEWIRAUSAHAAN 3 . ANDA IDE UANG + FASILITAS KREDIT ORANG BARAN G JASA PASA R UANG PROFI T Sumber: Norman Scarborough. langkah berikutnya adalah mencari sumber dana dan fasilitas baik barang uang maupun orang. bahwa untuk memulai usaha harus diawali dengan adanya ide. Pada Gambar 5.1 merupakan bagan proses bisnis yang diawali dengan kepribadian dan ide. Kemampuan pemasaran.

Bidang Jasa-jasa Umum ( Public Service ). meliputi usaha perbankan. Bidang Usaha Pertanian ( Agriculture ). Bidang Usaha Jasa Perorangan ( Personal Service ). pergudangan wartel.tersebut adalah berasal dari badan-badan keuangan seperti bank dalam bentuk kredit atau orang yang bersedia menjadi penyandang dana. batu. dan jalan raya e. Oleh karena itu. Bidang Usaha Perdagangan ( Trade ). jembatan. dan perkebunan. h. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikan yang akan dipilih 3. asuransi. salon loundry. catering. maka barang dan jasa akan mudah laku dan segera mendarangkan keuntungan. Bidang dan Jenis Usaha yang Dimasuki Beberapa bidang usaha yang bisa dimasuki. dan bata. pengarian. Bidang dan jenis usaha yang dimasuki 2. Apabila peluang pasar untuk barang dan jasa sudah tersedia. Bidang usaha Pabrikasi ( Manufacturing). meliputi usaha pengangkutan. Meliputi usaha potong rambut. b. c. Jaminan ushaa yang mungkin diperoleh 6. meliputi usaha perdagangan kecil ( retailer ). 5. meliputi usaha industri. galian tanah. agen. di antaranya : a. dan sintesis d. Tempat usaha yang akan dipilih 4. barang dan jasa yang akan dijadikan objek bisnis tersebut harus memiliki pasar. Bidang Usaha Jasa Keuangan ( Financial Service ). Bidang Usaha Pertambangan ( Mining ). dan koperasi. Organisasi usaha yang akan digunakan. Zulfitri MS KEWIRAUSAHAAN 4 . Tentu saja. Dalam merintis usaha baru. Lingkungan usaha yang akan berpengaruh. gorsir. ada beberapa hal yang harus diperhatikan : 1. meliputi usaha pertanian. perikanan. assemblasi. meliputi usaha galian pasir. dan ekspor-import f. dan distribusi PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir. mengamati peluang pasar merupakan langkah yang harus dilakukan sebelum produk barang dan jasa diciptakan. kehutanan. g. Bidang Usaha Kontruksi ( Contrucation ) meliputi usaha konstruksi bangunan.

9/1990 tentang Kepariwisataan ada 86 jenis usaha wisata yang bisa dirintis yang terbagi kedalam tiga kelompok usaha wisata yaitu : 1. meliputi berbagai kelompok. Jasa konvensi perjalanan intensive dan pameran e. Zulfitri MS KEWIRAUSAHAAN 5 . Jasa pramuwisata d. Kelompok Usaha Jasa pariwisata. Jasa impresariat f. Jasa agen perjalanan wisata c. Bidang Jasa Wisata ( Tourism ).i. meliputi : a. Jasa biro perjalanan wisata b. Berdasarkan UU No. Jasa konsultan pariwisata dan PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir.

yaitu suatu kerjasama (asosiasi) dua orang atau lebih yang secara bersama-sama menjalankan usaha bersama. Kerjasama manajemen (franchising) yaitu suatu kerjasama antara entrepreneur (franchisee) dengan perusahaan besar (franchisor/parent company) dalam mengadakan persetujuan jual-beli hak monopoli untuk menyelenggarakan usaha. Membeli perusahaan orang lain (buying). yaitu membentuk dan mendirikan usaha baru dengan menggunakan modal. rencana bangunan. Zulfitri MS standar. dan (3) Perusahaan berbadan hukum (corporation). Kerjasama ini biasanya dengan dukungan awal seperti pemilihan tempat. promosi. pemilihan karyawan. yaitu bentuk usaha yang dimiliki dan dikelola sendiri oleh seseorang. pola arus kerja. organisasi. advertensi. (2) Persekutuan (partnership). yaitu dengan membeli perusahaan yang telah didirikan atau dirintis dan diorganisasir oleh orang lain dengan nama (good will) dan organisasi usaha yang sudah ada. 6.XI. MEMULAI USAHA CARA MEMASUKI DUNIA USAHA Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk memulai suatu usaha atau memasuki dunia usaha yaitu : 4. Ada tiga bentuk usaha baru yang dapat dirintis: (1) Perusahaan milik sendiri (sole proprietorship). pencatatan dan akuntansi. pembukuan. ide. pembelian peralatan. dan manajemen yang dirancang sendiri. Ir. 6 PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB KEWIRAUSAHAAN . yaitu perusahaan yang didirikan atas dasar badan hukum dengan modal saham-saham. konsultasi. 5. Merintis usaha baru ( starting).

latar belakang. melihat keterampilan sendiri. kreatif. berkemampuan mengorganisir. Menurut Lambing ada dua pendekatan utama yang digunakan para wirausaha untuk mencari peluang dengan mendirikan usaha baru. Sebanyak 1 dari 10 responden (11 persen) dari wirausaha yang disurvai mengungkapkan memulai usaha untuk mencari peluang pasar. dan sumbersumber permodalan. nasehat hukum. Zulfitri MS KEWIRAUSAHAAN 7 . Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Peggy Lambing (2000:90) hampir setengah atau 43 persen responden (wirausaha) menggunakan sumber ide bisnisnya dari tempat profesional lainnya. kemampuan. ia harus memiliki kecakapan untuk bekerja. Sebagai pengelola dan pemilik usaha (business owner manager) atau pelaksana usaha kecil (small business operator). riset. dan PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir. mengoperasikan perusahaan pengalaman yang diperoleh ketika bekerja di beberapa perusahaan atau tempatMereka mengetahui cara-cara dari pengalaman tersebut. mengelola. dan lebih menyukai tantangan.pengendalian kualitas. yaitu: Pertama. Sebanyak 15 persen lagi dari responden dengan mencobanya dan mereka merasa mampu dengan lebih baik. Sebagai pengelola dan memiliki keberanian menghadapi resiko. pendekatan “inside-out” atau disebut Mereka dengan “idea generation”. Sedangkan sebanyak 46 persen lagi dikarenakan hoby. yaitu pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang menentukan keberhasilan usaha. Merintis Usaha baru Pada bagian sebelumnya telah dikemukakan bahwa untuk memamsuki dunia usaha (business) seseorang harus berjiwa wirausaha. dan memiliki keberanian menghadapi risiko. Wirausaha adalah seseorang yang mengorganisir.

Menurut Norman Scarborough. yaitu kemampuan tentang bagaimana memproduksi barang dan jasa serta cara menyajikannya. bahwa untuk memulai usaha. g. Publikasi pemerintah j. yaitu kemampuan tentang bagaimana memperoleh sumber-sumber dana dan cara menggunakannya. Jurnal perdagangan dan pameran dagang i. yaitu kemampuan tentang bagaimana menemukan pasar dan pelanggan serta harga yang tepat. universitas. Surat kabar g. Kemampuan teknik. Menurut Lambing. Zulfitri MS KEWIRAUSAHAAN 8 . dan korporasi lainnya. Laporan perodik tentang perubahan ekonomi h. seorang calon wirausaha harus memiliki kompetensi usaha.” Opportunity recognition” tidak lain adalah pengamatan lingkungan ( environment scanning) yai8tu alat untuk pengembangan yang akan ditransfer menjadi peluang-peluang ekonomi. f. pendekatan “the out-side in” yang juga disebut :opportunity recognition”. Informasi lesensi produk yang disediakan oleh broker. Berita-berita peluang tersebut menurut Lambing (2000:92) bersumber dari : f. Kemampuan finansial. keunggulan dari perusahaan baru datang ke pasar adalah dapat mengidentifikasi “kebutuhan pelanggan” dan “kemampuan pesaing” Berdasarkan pendekatan “in-side-out” di atas. kompetensi usaha yang diperlukan meliputi: e. Kedua. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir. yaitu pendekatan yang menekankan pada basis ide bahwa suatu perusahaan akan berhasil apabila merespon atau menciptakan suatu kebutuhan di pasar. Kemampuan pemasaran.sebagainya yang menentukan jenis usaha yang akan dirintis.

mengamati peluang pasar merupakan langkah yang harus dilakukan sebelum produk barang dan jasa diciptakan. 1993. tetapi juga harus memiliki ide dan kemauan. Apabila peluang pasar untuk barang dan jasa sudah tersedia. Seperti telah disingung. Dalam memasuki arena bisnis atau memulai usaha baru. ANDA IDE UANG + FASILITAS KREDIT ORANG BARAN G JASA PASA R UANG PROFI T Sumber: Norman Scarborough. langkah berikutnya adalah mencari sumber dana dan fasilitas baik barang uang maupun orang. memiliki pasar. Hal. memelihara dan mengembangkan relasi. Sumber dana tersebut adalah berasal dari badan-badan keuangan seperti bank dalam bentuk kredit atau orang yang bersedia menjadi penyandang dana. Setelah ada ide. Kemampuan hubungan. Pada Gambar 5. dan kemampuan komunikasi serta negosiasi. bahwa ide dan kemauan tersebut harus mewujudkan dalam bentuk barang dan jasa yang laku di pasar. yaitu kemampuan tentang bagaimana cara mencarikan. Gambar 5. seorang dituntut tidak hanya memiliki kemampuan.1 di atas.1 merupakan bagan proses bisnis yang diawali dengan kepribadian dan ide. Oleh karena itu.h. barang dan jasa yang akan dijadikan objek bisnis tersebut harus PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir. Tentu saja. Effective Small Busines Management. maka barang dan jasa akan mudah laku dan segera mendarangkan keuntungan. bahwa untuk memulai usaha harus diawali dengan adanya ide. Zulfitri MS KEWIRAUSAHAAN 9 .3.

Jaminan ushaa yang mungkin diperoleh Lingkungan usaha yang akan berpengaruh. galian tanah. dan distribusi r. Bidang dan Jenis Usaha yang Dimasuki Beberapa bidang usaha yang bisa dimasuki. perikanan. dan sintesis m. kehutanan. meliputi usaha industri. Berdasarkan UU No. meliputi usaha pengangkutan. Bidang Usaha Perdagangan ( Trade ). Bidang usaha Pabrikasi ( Manufacturing). gorsir. Tempat usaha yang akan dipilih 10. assemblasi. salon loundry. q. Bidang Usaha Jasa Perorangan ( Personal Service ). Bidang Jasa-jasa Umum ( Public Service ). dan perkebunan. asuransi. Meliputi usaha potong rambut. pergudangan wartel. jembatan. 11. dan koperasi. 12. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikan yang akan dipilih 9. Bidang Usaha Pertambangan ( Mining ). meliputi usaha perbankan. Bidang Jasa Wisata ( Tourism ). dan ekspor-import o. Bidang Usaha Kontruksi ( Contrucation ) meliputi usaha konstruksi bangunan.Dalam merintis usaha baru. p. pengarian. l. meliputi usaha pertanian. k. catering. Bidang Usaha Jasa Keuangan ( Financial Service ). meliputi usaha perdagangan kecil ( retailer ). Zulfitri MS KEWIRAUSAHAAN 10 . meliputi usaha galian pasir. Bidang Usaha Pertanian ( Agriculture ). agen. ada beberapa hal yang harus diperhatikan : 7. dan bata. batu. Organisasi usaha yang akan digunakan.9/1990 tentang Kepariwisataan ada 86 PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir. Bidang dan jenis usaha yang dimasuki 8. meliputi berbagai kelompok. di antaranya : j. dan jalan raya n.

jenis usaha wisata yang bisa dirintis yang terbagi kedalam tiga kelompok usaha wisata yaitu : 2. Jasa biro perjalanan wisata h. Zulfitri MS KEWIRAUSAHAAN 11 . Jasa impresariat l. Jasa pramuwisata j. Jasa konvensi perjalanan intensive dan pameran k. meliputi : g. Jasa konsultan pariwisata Selamat Belajar PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Ir. Kelompok Usaha Jasa pariwisata. Jasa agen perjalanan wisata i.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful