P. 1
Perhitungan Rugi Daya Tegangan Menengah 20kv Bab 5

Perhitungan Rugi Daya Tegangan Menengah 20kv Bab 5

|Views: 47|Likes:
Publicado poradi nugroho

More info:

Published by: adi nugroho on Jun 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/08/2013

pdf

text

original

Politeknik Negeri Sriwijaya

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Dari hasil pembahasan yang telah dilakukan mengenai perhitungan rugi-rugi tegangan dan rugi-rugi daya pada atau saluran distribusi tegangan 20 KV di Gardu Induk Keramasan dapat diambil kesimpulan antara lain, yaitu :

5.1

Kesimpulan 1. Penyebab terjadinya kerugian tegangan adalah letak pusat distribusi yang jauh dari pusat beban, arus beban puncak yang mengalir pada saluran. 2. Dari hasil perhitungan rugi-rugi tegangan pada tiap-tiap penyulang atau feeder 20 KV di Gardu Induk Keramasan, dimana kerugian tegangan terbesar terjadi pada penyulang atau feeder Sulawesi, yaitu untuk siang hari sebesar 11,5 % dan untuk malam hari sebesar 10,19 %. Sedangkan rugi-rugi tegangan yang terkecil terjadi pada penyulang atau feeder Kalimantan, yaitu untuk siang hari sebesar 3,6 % dan untuk malam hari sebesar 2,96 %. 3. Kerugian daya yang terbesar terdapat pada penyulang atau feeder Sulawesi, untuk siang hari sebesar 9,0 % dan untuk malam hari sebesar 8,45 %. Sedangkan kerugian daya yang terkecil terdapat pada penyulang atau feeder Kalimantan, yaitu untuk siang hari 1,83 % dan untuk malam hari sebesar 1,47 %. 4. Pada penyulang Sulawesi sudah tidak efisien, karena rugi daya pada penyulang tersebut sudah melewati batas toleransi yang diizinkan sebesar 5%.

Laporan Kerja Praktek

dengan demikian membatasi panjang saluran catu primer.Politeknik Negeri Sriwijaya 5. Laporan Kerja Praktek . Memilih kapasitas daya untuk penghantar standar yang dipakai pada distribusi tengangan menengah. 2. sebaiknya dilakukan pengurangan beban dengan melakukan sosialisasi kepada konsumen dengan tidak memakai beban yang berlebihan sehingga kemungkinan terjadinya rugi tegangan dan rugi daya sangat kecil.2 Saran 1. Untuk penyulang yang memiliki tingkat kerugian daya dan kerugian tegangan yang telah melewati batas toleransi. Mengadakan perawatan yang sesuai dengan jadwal untuk melihat kondisi dari peralatan agar proses jalannya distribusi menjadi baik dan agar dilakukan penambahan gardu distribusi sisipan. 3.

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->