ANGGARAN DASAR UKM SENISTIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG

BAB I NAMA, WAKTU DAN TEMPAT Pasal 1 NAMA Organisasi ini bernama Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Kreasi Mahasiswa Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Pasal 2 WAKTU UKM Seni KREMAS YAPMA didirikan bertepatan pada tanggal 15 Juni 2007 di Tanjung Bayam, Makassar, Sulawesi Selatan. Pasal 3 TEMPAT UKM Seni berkedudukan dimana STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG berada.

BAB II AZAS

Pasal 4 Organisasi ini berazaskan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.

BAB III STATUS DAN FUNGSI Pasal 5 STATUS UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG adalah organisasi intra pada tingkat STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG yang bersifat otonom dan merupakan modifikasi struktural biro administrasi kemahasiswaan STIKES MUHAMMADIYAH dalam menjalankan tugas atau menentukan kebijakan khususnya dibidang seni Pasal 6 FUNGSI UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG berfungsi sebagai wadah pengembangan bakat dan minat anggota. 2. anggota UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG dapat memahami dan melaksanakan pokok – pokok program UKM Seni STIKES . Menyalurkan bakat dan minat anggota UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG dengan pembinaan intensif. serta sebagai ajang kreatifitas seni mahasiswa STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG BAB IV MAKSUD DAN TUJUAN Pasal 7 MAKSUD 1. Melalui pendekatan kreativitas seni.

Penelitian. Menjadi wadah kreativitas dengan melakukan pagelaran. 3.MUHAMMADIYAH PALEMBANG serta meningkatkan loyalitas terhadap Almamater dan STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. pengkajian. pengembangan seni dan budaya. .

negara. 2. Melalui UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. anggota dapat mengapresiasikan kreativitasnya ditengah-tengah masyarakat untuk agama. Berkarya dalam Perbedaan BAB VI KEGIATAN Pasal 10 UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG melakukan kegiatan : 1.Pasal 8 TUJUAN 1. bangsa. . Mengembangkan potensi anggota secara intensif. UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG adalah wadah untuk membina dan meningkatkan bakat dan minat anggota untuk menggali potensi seni. BAB V MOTTO Pasal 9 Bersatu dalam Inspirasi.

. 3.2. Mengadakan kerjasama dengan civitas intern maupun ekstern dalam usaha pengembangan organisasi dengan memperhatikan fungsi dan tujuan UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Melakukan kegiatan selain point 1 dan 2 diatas yang tidak bertentangan dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

Divisi Band BAB IX KEANGOTAAN Pasal 16 Anggota Anggota UKM Seni KREMAS YAPMA terdiri dari : 1. Anggota inti 2. Divisi Tari 2. Divisi Nasyid 3.BAB VII DIVISI Pasal 11 Divisi Dalam UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG: 1. Anggota biasa Pasal 17 Kewajiban Anggota . Divisi Paaduan Suara 4.

Persyaratan anggota dengan cara Seleksi Anggota Baru dan dinyatakan lulus. Pasal 18 Penerimaan anggota 1. Wajib menaati anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. 3. Bertanggung jawab atas perkembangan organisasi. Anggota yang terdaftar akan dibina dan dikader oleh Pembina atau instruktur sesuai dengan Divisi yang ada di dalam UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. 2. Penerimaan anggota dilaksanakan dengan sistem Angkatan. Menjalankan tugas yang dibebankan kepadanya dengan penuh rasa tanggung jawab. 4. . 3. Menjaga nama baik Almamater dan Organisasi. yakni : dalam satu periode minimal satu anggkatan.1. 2.

Pasal 19 Hak-hak anggota 1. Anggota biasa : · Berkesempatan atas pengembangan diri dibidang Seni baik melalui kegiatan Internal maupun External UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. 2. Anggota inti : · Mengembangkan diri di bidang seni dan budaya melalui kegiatan Internal Maupun External UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. · Mengeluarkan pendapat atau usul baik secara lisan maupun Tulisan yang bersifat membangun untuk kepentingan Organisasi. · Mendapatkan pembinaan dan perlindungan dalam melaksanakan kegiatan organisasi sepanjang tindakannya tidak bertentangan dengan AD/ART UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. · Mengeluarkan pendapat atau usul baik secara lisan maupun tulisan yang bersifat membangun untuk kepentingan Organisasi. · Memilih dan dipilih menjadi Presedium Sidang bagi yang berstatus Mahasiswa. . · Berkesempatan menjadi anggota luar biasa · Anggota biasa Memiliki hak suara.

Berhalangan tetap. Permintaan sendiri yang diajukan secara tertulis 5. jika telah mendapat : · Teguran lisan . Telah 3 kali mendapat skorsing. Pasal 21 Sangsi – Sangsi Sangsi dapat dilakukan terhadap anggota karena tindakannya tidak sesuai dengan AD/ART UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. 6. Loyalitas 4. Merusak nama baik UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG 3.Pasal 20 Berakhirnya masa keanggotaan Berakhirnya masa keanggotaan karena : 1. Meninggal dunia 2.

Penanggung jawab . Ketua Badan Pelaksana Harian b. Struktur Organisasi . Pembina UKM Seni KREMAS YAPMA II. 3. 2. Dewan pengurus organisasi 1.· Teguran tulisan · Skorsing · Pemberhentian BAB X Kepengurusan Pasal 22 Badan pengurus I. Pelindung/Penasehat sebagai berikut : a. Ketua STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG.Pembantu Ketua III STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

Penggurus harian ialah ketua umum. Wakil ketua Umum. Wakil ketua Umum. c. . sekertaris dan bendahara hanya dapat dipilih selama satu periode. Anggota Kehormatan memangku jabatan sesuai dengan waktu yang ditentukan 2. Koordinator Divisi Pasal 23 Masa jabatan Pengurus 1.1. Pengurus yang telah habis masa baktinya dapat dipilih kembali sesuai dengan kesediaannya. bendahara dan Koordinator setiap divisi. d. b. Wakil Ketua Umum 3. Untuk jabatan ketua umum. Bendahara 5. Ketua Umum 2. sekertaris. Masa bakti pengurus harian selama 1 tahun terhitung dari dikeluarkannya keputusan KETUA STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Sekertaris 4. Pengurus harian : a.

Pasal 24 Pertanggung jawaban 1.Sidang Pasal 26 Jenis sidang 1. Laporan pertanggung jawaban penggurus harian disampaikan pada akhir periode dalam sidang umum UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG Kepada pengurus dan peserta Forum dan diteruskan ke tingkat STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. 2. Laporan pertanggung jawaban kepanitiaan dilaporkan kepada pengurus harian UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG setiap kegiatan (pelaksanaan). 2. Sidang UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG terdiri dari : . BAB XI SUMBER DANA Pasal 25 1. Usaha-usaha lain yang tidak mengikat dan bersifat halal BAB XII Sidang. Donasi/sumbangsih STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

3. Sidang istimewa c. Sidang dianggap sah apabila dihadiri oleh 2/3 anggota UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. 3. Sidang umum bersifat terbuka. Pasal 27 Sifat-Sifat Sidang 1. Sidang komisi 2. maka sidang ditunda 1 x 30 menit. Sidang pleno bersifat terbuka dan atau tertutup berdasarkan kesepakatan peserta sidang. 2. Apabila tidak memenuhi poin 2. kemudian dinyatakan sah.a. Sidang istimewa bersifat tertutup. Sidang komisi bersifat tertutup BAB XIII Rapat-Rapat . 4. Sidang pleno d. Sidang umum b.

Rapat evaluasi BAB XIV PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN PEMBUBARAN ORGANISASI Pasal 29 PERUBAHAN ANGGARAN DASAR/ANGGARAN RUMAH TANGGA Perubahan AD/ART UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG hanya dapat dilakukan melalui sidang umum yang disetujui oleh 2/3 peserta sidang umum UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Rapat tahunan 2. Pasal 30 PEMBUBARAN ORGANISASI Pembubaran UKM Seni KREMAS YAPMA dilakukan jika disetujui 2/3 anggota UKM Seni KREMAS YAPMA dan akan diputuskan pada sidang umum UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG serta disetujui 2/3 anggota sidang umum kemudian diteruskan ketingkat STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. . Rapat konsolidasi 3.Pasal 28 1. Rapat kerja 4.

BAB XV PENUTUP Pasal 31 Hal – hal yang belum diatur dalam anggaran dasar ini akan diatur kemudian dalam anggaran rumah tangga dan aturan tambahan. .

ANGGARAN RUMAH TANGGA UKM SENI STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG BAB I NAMA. WAKTU DAN TEMPAT Pasal 1 NAMA Sudah jelas Pasal 2 WAKTU Sudah jelas Pasal 3 TEMPAT Sudah jelas BAB II AZAS Pasal 4 .

Sudah jelas BAB III STATUS DAN FUNGSI Pasal 5 STATUS Sudah jelas Pasal 6 FUNGSI Sudah jelas BAB IV MAKSUD DAN TUJUAN Pasal 7 MAKSUD Sudah jelas. Pasal 8 TUJUAN Sudah jelas .

Mengadakan kerjasama dalam bidang seni dengan civitas intern yaitu Institusi di lingkup yayasan pendidikan makassar dan yayasan pendidikan makassar. beserta pihak-pihak terkait dengan memperhatikan fungsi dan tujuan UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. 3.: . maupun ekstern dalam hal ini adalah UKM Seni kampus lain. 2. BAB VII DIVISI Pasal 11 Divisi Dalam UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG.BAB V MOTTO Pasal 9 Sudah jelas BAB VI KEGIATAN Pasal 10 UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG melakukan kegiatan : 1. Sudah Jelas. Sudah jelas.

. Divisi Paduan Suara : divisi yang fokus dalam pembinaan pada bidang Paduan suara 4. 3.. Divisi Nasyid : Divisi yang fokus dalam pembinaan pada bisang Nasyid BAB VIII KEANGGOTAAN Pasal 16 Anggota Anggota UKM Seni KREMAS YAPMA terdiri dari : 1. Penetapannya dikeluarkan oleh pengurus setelah mempertimbangkan usul dan saran yang masuk dari pengurus. Anggota biasa adalah mereka yang telah mengikuti latihan dasar kesenian atau Gladi Mula pada UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG.selama periode berlangsung. Divisi Band : divisi yang fokus dalam pembinaan pada bidang Musik 3. Divisi Tari : divisi yang fokus dalam pembinaan pada bidang tari 2. Anggota kehormatan adalah mereka yang banyak berjasa terhadap UKM Seni KREMAS STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG.1. Anggota Luar Biasa adalah mereka yang telah mengabdi terhadap UKM Seni KREMAS YAPMA dan telah memperlihatkan kreativitas perorang serta loyalitas terhadap UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Pasal 17 . 2.

4.Kewajiban Anggota 1. Pasal 18 Penerimaan anggota 1. 3. 2. Sudah jelas. Sudah jelas. Sudah jelas. Sudah jelas Pasal 19 Hak-hak anggota Anggota inti : . 3. Seleksi Anggota Baru : · Tes Wawancara · Basic Training (Indoor & Outdoor) · Sumbangsih (Karya) Awal atau Pementasan Awal 2. Sudah jelas. Sudah jelas.

BAB X Kepengurusan . Pasal 21 Sangsi – Sangsi Sangsi dapat dilakukan terhadap anggota Karena tindakannya tidak sesuai dengan AD/ART UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. · Skorsing dapat dilakukan/dikenakan kepada anggota biasa dari anggota luar biasa · Pemberhentian dapat dilakukan oleh penggurus setelah memberikan teguran sebanyak 3 kali · Pemberhentian dapat dilakukan oleh penggurus setelah memberikan skorsing sebanyak 3 kali · Terhadap penggurus.. pemberhentian dapat dilakukan setelah melewati tata cara seperti pada poin satu dan dua pada pasal ini · Anggota dapat mengajukan pembelaan secara tertulis atau lisan kepada penggurus harian.Sudah Jelas Anggota biasa : Sudah Jelas Pasal 20 Berakhirnya masa keanggotaan Sudah Jelas.

II. Pelindung/Penasehat sebagai berikut : a. Dewan pengurus organisasi 1. 2. Penanggung jawab adalah Pembantu Ketua III STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG.. Struktur Organisasi KETUA UMUM SEKRETARIS UMUM BENDAHARA UMUM DEVISI TARI DEVISI NSYID DEVISI BAND DEVISI NASYID .Pasal 22 Badan pengurus I. Ketua Badan Pelaksana Harian STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Ketua STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. 3. Dewan Pembina UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBAN .ialah pembina/pelatih disetiap Divisi-Divisi direkomendasikan dan di SK kan oleh penggurus periode berjalan. b.

Pasal 23 Masa jabatan Pengurus 1. Sudah jelas d. Sudah jelas. c. Laporan pertanggung jawaban penggurus harian disampaikan pada akhir periode dalam sidang umum UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG Kepada pengurus dan peserta Forum 2. Sudah jelas BAB XI SUMBER DANA . Anggota Kehormatan memangku jabatan sesuai dengan waktu yang ditentukan atau kebijakan dari penggurus. 2. Sudah jelas. b. Pasal 24 Pertanggung jawaban 1. Sudah jelas. Pengurus harian : a.

Sidang umum adalah sidang yang diadakan satu kali dalam masa kepengurusan b. Sudah jelas BAB XII Sidang. 2. d. Sidang UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG terdiri dari : a.Sidang Pasal 26 Jenis sidang 1. Sidang pleno adalah sidang yang diadakan dan dihadiri oleh seluruh peserta.Pasal 25 1. Sudah jelas 3. c. Sidang komisi adalah sidang yang dihadiri oleh seluruh anggota divisi. Sidang istimewa adalah sidang yang diadakan oleh pengurus atau permintaan 2/3 anggota. 2. Sudah jelas Pasal 27 . Donasi/sumbangsih STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

Sifat-Sifat Sidang 1. Rapat kerja adalah rapat yang membahas program-program kerja selama 1 tahun kepengurusan dan dilaksanakan 1 kali selama masa kepengurusan. Sudah jelas 4. BAB XIV PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN PEMBUBARAN ORGANISASI . Sudah jelas BAB XIII Rapat-Rapat Pasal 28 1. 2. Sudah jelas 3. 4. Rapat evaluasi adalah rapat kepengurusan dalam menerima laporan pertanggung jawaban kegiatan dalam kondisi tertentu selama periode kepengurusan. Rapat konsolidasi adalah rapat yang diadakan oleh pengurus dalam membahas koordinasi pengurus oleh anggota. 3. Rapat tahunan adalah rapat yang diadakan oleh pengurus dalam membahas sidang umum. Sudah jelas 2.

Setiap anggota UKM Seni STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG dianggap telah mengetahui dan menerima isi AD/ART ini setelah disepakati berlakunya dan setiap anggota harus mentaatinya. Segala sesuatu yang belum diatur dalam ART ini yang dianggap perlu akan diatur dalam kebijakan Organisasi. 2. ATURAN TAMBAHAN .Pasal 29 PERUBAHAN ANGGARAN DASAR/ANGGARAN RUMAH TANGGA Sudah Jelas Pasal 30 PEMBUBARAN ORGANISASI Sudah Jelas BAB XV PENUTUP Pasal 31 Aturan Tambahan 1.

Setiap anggota UKM SENI STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG di larang meminjamkan atribut kepada pihak lain atau di luar anggota UKM SENI STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG.. Setiap anggota hanya memiliki I divisi kecuali dibutuhkan divisi lain. 7. maka diberikan 1x teguran. . maka akan di kenakan denda/ sanggsi sebesar Rp 10. Apabila anggota tidak mengikuti rapat 3x berturut-berturut. Di wajibkan setiap anggota UKM SENI KREMAS YAPMA terlibat dalam kegiatan institusi/Pihak terkait wajib melaporkan diri pada pengurus Harian secara lisan. 8. 5. Apabila sarana dan prasarana UKM SENI Kremas YAPMA yang di pinjamkan hilang atau rusak di tanggung sepenuhnya oleh peminjam Apabila sarana dan apabila prasarana UKM SENI STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG terlambat di kembalikan sesuai waktu di tetapkan.000. apabila dikemudian hari ditemukan akan dikenakan sanksi sesuai kebijakan penggurus harian. Apabila terdapat suatu kegiatan yang mengatas namakan UKM SENI STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG maka di wajibkan untuk melakukan persuratan ke pengurus Harian UKM SENI STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG.(MUSYAWARAH LUAR BIASA) Tanggal 20 Desember 2008 1.terhitung 2 hari batas pengembalian. 3. 6. 4. 2. Setiap kegiatan UKM SENI STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG ibawahi oleh masingmasing koordinator divisi. Setiap kegiatan yang menggunakan sarana dan prasarana di luar dari kegiatan UKM SENI STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG di wajibkan melakukan persuratan atau perizinan pada pengurus harian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful