KELOMPOK VIII

UIN ALAUDDIN MAKASSAR

NURATIKA TAJUDDIN NURCHALIQ MAJID REZA AZIZ

[Type the abstract of the document here. The abstract is typically a short summary of the contents of the document. Type the abstract of the document here. The abstract is typically a short summary of the contents of the document.]

Samata. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para akademisi dan praktisi ahli hadits atau masyarakat pada umumnya. Dewasa ini. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah pada junjungan nabi besar Muhammad saw yang telah membawa cahaya terang benderang pada lembah kegelapan dunia. kritik dan saran sangat kami harapkan. Untuk itu. Kiranya Allah swt menggolongkan sebagai amal ibadah bagi kita semua. Ilmu hadits merupakan salah satu pilar-pilar tsaqofah islam yang memang sudah selayaknya dimiliki oleh setiap kaum muslim. Teringat pepatah “tak ada gading yang tak retak”. begitu banyak opini umum yang berkembang yang mengatakan bahwa ilmu hadits hanya cukup dipelajari oleh para salafus sholeh yang memang benar-benar memilki kredibilitas dalam ilmu agama sehingga stigma ini membuat sebagian kaum muslim merasa tidak harus untuk mempelajari ilmu hadits.Kata pengantar Puji syukur kami panjatkan kepada Allah swt yang telawh melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah yang berjudul “ ESENSI HADITS DHAIF” ini dapat terselesaikan. 2 oktober 2012 PENYUSUN 1 . Tentu kesalah dan kekurangan masih ditemukan dalam makalah ini.

Tujuan penulisan……………………………………………………...4 D.13 Daftar pustaka 2 .12 BAB III penutup A. Kesimpulan………………………………………………………….3 B. Kehujjahan hadits dhaif……………………………………………. Latar belakang……………………………………………………….Halaman judul Kata pengantar……………………………………………………………… 1 Daftar isi………………………………………………………………………2 BAB I pendahuluan A.. Rumusan masalah……………………………………………………4 C. Macam-macam hadits dhaif…………………………………………5 C. Pengertian hadits dhaif………………………………………………5 B. Manfaat penulisan……………………………………………………4 BAB II pembahasan A.13 B. Saran………………………………………………………………….

perlunya kita sebagai umat muslim memilki pengetahuan yang luas tentang ilmu hadits.BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Ilmu hadits merupakan salah satu pilar-pilar tsaqofah islam yang memang sudah selayaknya dimiliki oleh setiap kaum muslim. Terlebih dengan keadaan saat ini dimana sangat bayak beredar hadits-hadits dho‟if dan hadits palsu yang beredar di tengah-tengah kaum uslim dan tentunya hal ini akan membuat kaum muslimin menjadi pelaku bid‟ah. 3 . Oleh karena itulah. Jika kaum muslim masih memandang remeh tentang ilmu hadits ini maka tentu ini adalah suatu hal yang sangat berbahaya bagi aqidah kaumm muslimin dalam menjalankah sunnah rosul. begitu banyak opini umum yang berkembang yang mengatakan bahwa ilmu hadits hanya cukup dipelajari oleh para salafus sholeh yang memang benar-benar memilki kredibilitas dalam ilmu agama sehingga stigma ini membuat sebagian kaum muslim merasa tidak harus untuk mempelajari ilmu hadits. Dewasa ini. Hal ini tentu sangat tidak dibenarkan karena dapat membuat masyarakat muslim menjadi kurang tsaqofah islamnya terutama dalam menjalankan sunnah-sunnah rosul.

Mengetahui defenisi hadits dhaif 2. MANFAAT PENULISAN Adapun manfaat penulisan karya ini adalah sebagai berikut : 1. ada beberapa rumusan masalah yang harus diselesaikan diantaranya: 1. Mengetahui macam-macam hadits dhaif 3. Apa saja Macam-macam hadits dhoif? 3. Mengetahui bagaimana kehujjahan hadits dhaif 4 . D. RUMUSAN MASALAH Dari pembahasan materi tentang telaah krisis terhadap hadits dhoif ini.B. lebih jauh karya tulis ini dibuat untuk memberikan arahan agar ummat islam terlebih dahulu meneliti sebuah hadits sebelum dijadikan sebagai pedoman hidup. Apa itu hadits dhoif? 2. TUJUAN PENELITIAN Karya tulis ini bertujuan untuk untuk menabah sedikit pengetahuan kepada para akademisi mengenai hadits dhaif itu sendiri. Bagaimana kehujjahan hadits dhoif? C.

ag. studi hadits (hadits dhaif : pengertian hadits dhaif. masing-masing memiliki derajat yang berbeda satu sama lain. B.isi. MACAM-MACAM HADITS DHAIF Hadits dhaif sangat banyak macamnya. Hadits yang di dalamnya tidak terdapat syarat-syarat hadits shohih dan syaratsyarat hadits hasan. Pada definisi yang ketiga ini disebutkan secara tegas.bahwa Hadits dhoif adalah hadits yang jika satu syarat hadist shahih hilang maka itu dikategorikan dhaif. I. doa). idri. (kebenaran al-qur‟an dan hadis) hal. 177 3 mak·bul : diluluskan (tt permintaan.BAB II PEMBAHASAN A. Dhoif karena tidak bersambung sanadnya. 125. PENGERTIAN HADITS DHAIF Hadits dhoif 1secara bahasa berarti lemah atau hadits yang tidak kuat.A liliz fauziah. 126 2 Dr. 2010.misalnya : .diantaranya adalah sebagai berikut : 1. terkabul: 5 . M. 2 Sedangkan secara istilah para ulama terdapat perbedaan rumusan dalam mendefinisikan hadits dhoif ini akan tetapi pada dasarnya. Beberapa definisi. Hadits yang hilang salah satu syaratnya dari syarat-syarat hadits maqbul3(hadits shohih atau yang hasan) 3.)hlm.yaitu terbagi lagi menjadi: a. 2. Hadits dlaif yang memiliki kekurangan 1 syarat dari syaratsyarat hadits shahih dan hasan lebih baik daripada Hadits dlaif yang memiliki kekurangan 2 syarat dari syarat-syarat hadits shahih dan hasan dan begitu seterusnya. Dhoif pada segi sanad.Hadits munqathi‟ 1 R. dan maksudnya tidak berbeda. Berdasarkan sebab-sebab di atas maka macam-macam hadits dhoif ini digolongkan menjadi beberapa kelompok di antaranya .

sungguh dia itu kuat dan terpercaya„” . bahwa beliau bersabda: "Barangsiapa shalat dua puluh rakaat setelah maghrib. secara marfu 4’: „Kalau kalian menjadikan Abu Bakar sebagai pemimpin. dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga.Ag. ‫ ” إن وليتموها أبا بكر‬:ً‫عبد الرزاق عن الثوري عن أيب إسحاق عن زيد بن يثيع عن حذيفة مرفوعا‬ ‫ احلديث‬، ” ‫فقوي أمني‬ “Dari Abdur Razzaq: dari At Tsauri: dari Abu Ishaq: dari Zaid bin Yatsi‟: dari Hudzaifah. idri. hadits mursal adalah hadits yang dalam sanadnya 4 marfuk hadis yg mempunyai sanad sampai kpd Nabi Muhammad saw. "Diriwayatkan dari 'Aisyah. hadits mu‟allaq berarti hadits yang tergantung." . studi hadis hal. M.5 Contoh : ْ ‫ذ‬ َّ ‫صهَّي‬ ًْ ْ‫ي‬ ْ ‫شح َ ع‬ ْ ‫ًع‬ ْ َ‫وق‬ َ ِ‫ٍَ عَائ‬ ْ َ‫صهَّي ت‬ ْ َ‫عه‬ ‫ب‬ َ‫ع‬ َ ُ‫َّللا‬ َ ٍ َ َ‫ى ق‬ َ ‫و‬ َ ٌ َ ‫ُو‬ َ َ‫ع‬ َ َ‫ق‬ ِ ‫ز‬ َِ ِ ‫ال أَتُو‬ ِّ ِ‫ٍَ اننَّث‬ َ ‫و‬ َ ‫سي‬ َ ‫ان‬ َ ‫ال‬ َ َّ‫سه‬ ِ ‫ذر‬ ِ ‫غ‬ ْ ٌِ‫َتًا ف‬ َّ ‫عحً تَنَي‬ ْ‫ر‬ ْ ‫ع‬ ْ َ‫َّللاُ نَوُ ت‬ ‫ح‬ َ ‫ان‬ َ‫ك‬ َ ٍٍَ‫ز‬ ِ َّ‫جن‬ ِ ِ ‫ش‬ Abu Isa (Tirmidzi) berkata.seperti bila seorang tabiin mengatakan “Rasulullah SAW bersabda bagini atau berbuat seperti ini”.Hadits mursal Hadits mursal menurut bahasa. Para ulama memberi batasan bahwa hadits munqathi‟ adalah hadits yang gugur satu atau dua orang rawi sebelum sahabat di suatu tempat.Hadits munqathi‟ menurut etimologi ialah hadits yang terputus. Batasan para ulama tentang hadits ini ialah hadits yang gugur satu rawi atau lebih di awal sanad atau bisa juga bila semua rawinya digugurkan ( tidak disebutkan ).atau gugur pada dua tempat dalam keadaan tidak berturut turut. Manurut istilah adalah hadits yang gugur rawi dari sanadnya setelah tabiin.Hadits muallaq Menurut bahasa. Jadi.179 6 . berarti hadits yang terlepas.baik tabiin besar maupun kecil. atau yg tidak bersanad 5 Dr.

" . sebagai rawi yang seharusnya menerima langsung dari Rasulullah. Contoh hadits mudallas : 6 Dr. atau lebih. hal. Maka mulutnya pun ditutup„. hal. secara beriringan dalam sanadnya7.Hadits mu‟dhal Menurut bahasa. (Al Hadits) hadits mudallas Hadits mudallas adalah hadits yang diriwayatkan menurut cara yang diperkirakan bahwa hadits tersebut tidak bernoda. ilmu hadits praktis. 88 7 .tidak menyebutkan sahabat Nabi. Batasan yang diberikan para ulama bahwa hadits mu‟dhal adalah hadits yang gugur dua orang rawinya. Mahmud thahan. ‫ فيختم‬،‫ ال‬:‫كذا؛ فيقول‬ ‫ عملت كذا و‬:‫ ” ويقال للرجل يوم القيامة‬:‫وقد روى األعمش عن الشعيب قال‬ ‫ ألن الشعيب يرويه عن أنس عن النيب صلى اهلل عليه‬،‫ فقد أعضله األعمش‬:‫ احلديث قال‬، ” ‫على فيه‬ ً‫ فناسب أن يسمى معضل‬،‫ فقد أسقط منه األعمش أنساً والنيب صلى اهلل عليه وسلم‬:‫ قال‬،‫وسلم‬ Artinya : “Akan dikatakan pada seseorang di hari kiamat kelak: Engkau mengetahui ini dan itu? Ia berkata: Tidak.6 Contoh hadits mursal :: ْ ٌِ‫ٌ ف‬ َّ ‫ل‬ َّ ‫ذ‬ ْ َ‫ٍْ أَتٌِ ت‬ ْ‫ح‬ ْ ‫يانِك ع‬ ْ ‫ذثَنٌِ ٍَحْ ََي ع‬ َ ً‫ذ‬ َّ َ‫شو أ‬ َّ ‫ح‬ ْ‫ع‬ ‫صهَّي‬ ُ ‫رسُو‬ َ ٍَ َ ِ‫َّللا‬ َ ُ‫كتَثَو‬ َ ٍْ َ ِ َّ‫ب ان‬ ِ ‫كتَا‬ ِ ‫ان‬ ِ‫ث‬ َ ٍَ ِ ‫زت‬ ِ ‫َّللاِ ت‬ ِ ‫ك‬ ْ َ َّ َّ ُ َّ ْ ْ ‫وأ‬ َ ٌ ْ َ‫عه‬ ‫ىز‬ َ ُ‫َّللا‬ ْ‫ع‬ َ ٍْ َ ِ‫ى ن‬ َ ‫و‬ ِ ‫ًسَّ انقزْ آٌَ إَِل طَا‬ َِ ٍ ‫حش‬ َ ‫و‬ َ ٍَ ‫َل‬ َ ‫سه‬ ِ ‫زو ت‬ ِ ً “ Telah menceritakan kepadaku Yahya dari Malik dari Abdullah bin Abu Bakr bin Hazm bahwa di antara isi surat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang beliau tulis untuk 'Amru bin Hazm adalah: "Tidak ada yang boleh menyentuh al Qur'an kecuali yang telah bersuci.84 7 Dr. ilmu hadits praktis. Mahmud thahan. hadits mu‟dhal adalah hadits yang sulit dipahami.

Dr. bahwasannya rasulullah SAW bersabda tidak pernah sekalikali memukul seorang perempuan dan juga tidak seorang pelayan. bertakbir pada hari Arafah dari semenjak shalat shubuh dan berhenti pada waktu shalat ashar di terakhir dari hari tasyrik” [1] 8 ra·wi n 1 orang yg meriwayatkan hadis Nabi Muhammad saw 9 Prof. pokok-pokok ilmu dirayah hadits (jilid 1). Para ulama memberikan batasan bahwa hadits matruk adalah hadits yang diriwayatkan oleh orang-orang yang pernah dituduh berdusta dalam buku lain definisi hadits matruk adalah hadits yang pada sanadnya ada seorang rawi 8yang tertuduh Dusta9. hasbi ash shiddieqy. b) Dhoif karena tidak ada syarat adil - Hadits matruk Hadits ini.M. dari zuhri dari urwah dari aisyah. 262 8 . menurut bahasa berarti hadits yang ditinggalkan / dibuang. melainkan jika ia berjihad dijalan Allah. T.‫روى اننعًاٌ تٍ راشذ عٍ انشىشً عٍ عزوج عٍ عائشح اٌ رسول َّللا صهي َّللا عهَو وسهى نى‬ ‫ٍضزب ايزأج قظ وَل خاديا اَل ٍجاىذ في سثَم َّللا‬ Diriwayatkan oleh nu‟man ibn rasyid. Contoh : Hadits ‘Amr bin Syamir al-Ju’fi Al-Kufi asy-Syi’i dari Jabir dari Abu at-Thufail dari „Ali dan „Ammar bahwa mereka berdua berkata : ‫كاٌ اننثٌ صهي َّللا عهَو و سهى ٍقنت فٌ انفجز وٍكثز ٍوو عزفح يٍ صالج انغذاج وٍقطع صالج‬ ‫انعصز آخز أٍاو انتشزٍق‬ “Nabi Sallallahu 'Alahi Wasallam selalu membaca qunut pada shalat fajar. hal.

gelar. bahwasan-nya Ali merajam orang homoseksual c) Dhoif karena tidak ada dhobit . ilmu hadits praktis. 10 . Mahmud thahan.- hadits majhul hadits majhul adalah hadits yang tak diketahui akan kondisi perawinya karna banyaknya sebutan.Hadits munkar hadits munkar adalah hadits yang diriwayatkan oleh orang yang lemah (perawi yang dhoif) yang bertentangan dengan periwayatan orang yang lebih terpercaya. ْ ٍ ْ ٍ ْ‫ع‬ ْ ‫ذع‬ َّ َ‫و أ‬ ْ ِ ‫ون‬ ْ ‫ى‬ ْ ‫َز‬ ‫طًَّا‬ َ ُ‫ٌ َّللا‬ َ ٌ َ ‫ك‬ ٍ ٍ َ ‫ر‬ َ ُ ‫نو‬ َ ‫عهًَِّا‬ ِ ْ‫ى نُو‬ ِ ‫ر‬ ِ‫ي‬ ِ ْ‫ْض قَو‬ َِ ِ ‫انقَا‬ َ ‫ان‬ ِ‫س‬ َ‫ج‬ َ ‫ض‬ ِ ‫ت‬ ِ ‫ع‬ ِ ‫ش‬ ِ ‫ٍَ تَع‬ Syarik dari al-Qasim bin al-Walid.93 9 . dari Yazid -Arah bin Madzkur. yang sebenarnya bukan bagian dari hadits itu. Hal. dan juga nasabnya. 11 Contohnya hadis mudraj : ‫يا رواه انخطَة يٍ رواٍح أتٌ قطٍ وشثاتح عٍ شعثح عٍ يحًذ تٍ سٍاد عٍ أتٌ ىزٍزج‬ ‫ وٍم نألعقاب يٍ اننار‬،‫ “أسثغوا انوضوء‬: ‫ قال رسول َّللا صهي َّللا عهَو وسهى‬:‫”قال‬ 10 Dr. Contoh hadis majhul Hadis yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi di dalam as-Sunan al-Kubra. sifat.Hadits mudraj Hadist ini memiliki pengertian hadits yang dimasuki sisipan.

dari Al-A‟masy.“Diriwayatkan oleh Khatib Al Baghdadi. dari Abu Hurairah radliyallaahu „anhu secara marfu‟ : ‫كني فـي الطريق فل تـبدءوهم بالسلم‬ ‫فإذا لقيتم املشر‬ “Jika kalian bertemu dengan orang-orang musyrik di suatu jalan. ilmu hadit spraktis. 13 Dr. dr. pokok-pokok ilmu dirayah hadits (jilid 1).dua atau lebih atau dari dua perawi atau lebih yang berdekatan(dan tidak bisa ditarjih15). hasbi ash shiddieqy.13 Contoh:” Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Hammad bin „Amr An-Nashibi (seorang pendusta). 104 14 Prof. 2 rentetan rawi hadis sampai kpd Nabi Muhammad saw. T.Hadits mudhtharib Hadits mudtharib14 adalah hadits yang diriwayatkan dengan periwayatannya yang berbeda-beda padahal berasal dari satu perawi(yang meriwayatkan). Mahmud thahan. neraka wail bagi tumit-tumit (milik orang-orang yang tidak membasuh dengan sempurna ketika berwudhu)" . . Telah bersabda sempurnakanlah wudhumu. Contoh Hadits Mudhat harib pada sanad Adapun ciontoh Mudhatharib pada sanad a dalah s eperti hadits Abu Bakar 12 sa·nad Ar n 1 sandaran. hal.Hadits maqlub Menurut bahasa. hubungan. 280 15 tar·jih v memilih pendapat yg dalihnya paling kuat di antara yg telah ada 10 . Para ulama menerangkan bahwa terjadi pemutarbalikkan pada matannya atau pada nama rawi dalam sanadnya atau penukaran suatu sanad12 untuk matan yang lain. hal. maka janganlah kalian memulai mengucapkan salam kepada mereka”. Riwayat Abu Qathan dan Syababah dari Syu`bah dari Muhammad bin Ziad dari Abu Hurairah berkata Rasululllah saw. dari Abu Shalih. M. atau rangkaian perkara yg dapat dipercayai. berarti hadits yang diputarbalikkan.

berdasarkan kesepakatan para ulama hadits. .Hadits mushahhaf Hadits mushahhaf adalah hadits yang perbedaannya(dengan hadits riwayat lain) terjadi karena perubahan titik kata. 11 .14 18 Yutanto. sedangkan bentuk tulisannya tidak berubah.‫يا ر سو ل اهلل ار يك شبت ؟ شيبتىن هو د وا خوا ته‬ “Ya Rosulullah saya lihat anda telah berubah. Kehujjahan hadits dhoif Hadits dhoif ada kalanya tidak bisa ditolerir kedhoiffannya misalnya karena kemaudhu‟annya. studi kritis tentang pengaruh israiliah dan nasraniah. Untuk yang pertama tersebut.. ِ ‫َّه‬ ِ ‫ن مر‬ ِ َّ ‫ن الْع‬ ٍ ‫اج‬ ِ ْ‫ن عُثْمان ب‬ ِ‫ع‬ ‫ قال رسول‬:‫َّان رضي اهلل عنه قال‬ ‫ن عف‬ ِّ ‫د‬ ُ ‫يب‬ ْ ‫عثْمان النـ‬ ْ‫يع‬ ْ‫مع‬ ُ ِ ْ‫وام ب‬ ْ ِ‫ن أ‬ َّ ‫ لتُـؤد‬:‫اهلل صلى اهلل عليه وسلم‬ ‫هلِها‬ ْ ‫ن‬ ُُ‫احل‬ ْ ‫وق إِىل أ‬ ْ‫ق‬ Dari „Awwam bin Murajim dari Abu „Utsman An-Nahdiy dari „Utsman bin „Affan beliau berkata: Rasulullah saw bersabda: “Hendaklah kamu tunaikan hak-hak kepada orang yang berhak. Hal 78. tidak diperbolehkan mengamalkannya baik dalam penetapan hukum-hukum.” Yahya bin Ma‟in telah melakukan tashhif 16dengan mengatakan „Awwam bin Muzahim yang seharusnya „Awwam bin Murajim C. Al. et. Nabi SAW menjawab Surah Hud dan saudara – saudaranya telah menyebutkan saya beruban.17 Sementara untuk jenis yang kedua dalam hal kehujjahannya18 hadits dhoif tersebut 17 Ahmad sutardi. Muhammad ismail (prinsip-prinsip pemahaman al-qur’an dan al-hadits). Hal. ada juga yang bisa tertutupi kedhoiffannya(karena ada faktor yang lainnya).akidah maupun fadhail al „amal.

Di antara yang berpendapat seperti ini adalah imam al Bukhari. M. Mereka berpendapat bahwa megamalkan hadits dhoif ini lebih disukai dibandingkan mendasrkan pendapatnya kepada akal pikiran atau qiyas. hadits nabi menurut pembela. An-Nasa‟i dan juga Abu dawud. Al-Qasiny memaparkan pendapat-pendpat ulama hadits yang lain tentang penerimaan terhadap hadits dhoif ini.166 12 . ulumul hadits. tercakup dalam dasar hadits yang masih dibenarkan atau tidak bertentangan dengan hadits yang shohih(yang bisa diamalkan).M. 57 21 Dr. studi kritis tentang pengaruh israiliah dan nasraniah. dan Abu bakr abnu Al „Araby.Ag.21 19 Ahmad sutardi.ada yang berpendapat menolak secara mutlak baik unuk penetapan hukumhukum. abdul majid hkon.20 Kedua. Misalnya. hal.. H. Sementara Ibnu Hajar mengemukakan tiga syarat yang harus ada pada hadits dhoif yang bisa diterima dan diamalkan. yang juga tidak jauh berbeda dengan pemaparan di atas. pengingkar dan pemalsunya.tidak termasuk urusan penetapan hukum seperti halal dan haram atau masalah akidah19.yaitu:   pertama. tingkat kelemahannya tidak parah: orang yang meriwayatkan bukan termasuk pembohong atau tertuduh berbohong atau kesalahannya abanyak. Sementara bagi kelompok yang membolehkan beramal dengan hadits dhoif ini secara mutlak adalah imam Abu Hanifah.imam muslim.Abd Al-Rahman ibn Al-Mahdy dan Abdullah ibn Al mubarak menerima pengalaman hadits dhoif sebatas fadhail al „amal saja. H. Imam ibnu Hambal. selain kata „‟hendaknya tentang fadhail dan semisalnya‟‟.15 20 Prof. ia mengutip pendapat ibnu Sholeah bahwa ia sendiri dalam kitabnya yang biasa dikenal „‟Muqaddimah Ibnu Al-Sholah‟‟ tidak banyak mengulas tentang hal ini. Hal.165. syuhudi ismail. Hal.Dr.akidah maupun fadhail al „amal dengan alasan karena hadits dhoif ini tidak dapat dipastikan datang dari Rosulullah SAW.

ada yang membolehkannya dan ada juga yang secara mutlak tidak membolehkan beramal dengan hadits dhoif tersebut. kiranya terlebih dahulu mengkaji hadits tersebut sebelum di amalkan. Saran 1. 13 . 2. dengan makalah ini dapat dijadikan bahan kajian bagi para akademisi yang ingin lebih mengetahui lebih dalam tentang hadirs dhaif. 2. Hadits dhoif ini memilki penyebeb mengapa bisa tertolak di antaranya dengan sebabsebab dari segi sanad dan juga dari segi matan. Hadits dhoif merupakan hadits yang di dalamnya tidak terdapat syaratsyarat hadits shohih dan syarat-syarat hadits hasan. B. Hadits dhoif terbagi menjadi beberapa kelompok baik itu yang didasarkan pada pembagian berdasarkan sanad hadits atau juga matan hadits. Terkhusus kepada para muslimin muslimat. 3. Kesimpulan 1. Dalam menyikapi penerimaan dan pengamalan hadits dhoif ini terhadi khilafiah di kalangan ulama. Kami berharap.BAB III PENUTUP A.

Al. karya unipress.. Semarang : gema insani press. Mahmud thahan. H. Majid Khon. Yayasan kalimah.. A. Ulumul hadis. H. M. M. H. Prof. Dr... ciputat. 2008. Hadits nabi menurut pembela. Dr.. M. pengingkar dan pemalsunya. dr. Dr. Abd. syuhudi ismail.. 2005.. 1987. satyawan. T. Muhammad ismail. HADITS DHAIF (studi kritis tentang pengaruh israiliah dan nasraniah).. M.Ag. Studi hadis. khairul bayan sumber pemikiran islam R. 2002 prinsip-prinsip pemahaman alqur’an dan al-hadits Jakarta. Jakarta: Amzah. ilmu hadits praktis bogor :pustaka thariqul izzah Yutanto.Daftar pustaka Idri. Liliz fauziah. Pamulan timur. Prof.. Dr. andi... Ahmad sutarmadi. Pokok-pokok ilmu dirayah hadits (jilid 1).... 2009.Ag. Jakarta: kencana prrenada media group... 2010. et. Hasbi ash shiddieqy. 2008 kebenaran al-qur’an dan hadis Solo: PT. tiga serangkai pustaka mandiri... 14 . Jakarta: PT. 1999. Dr.