MACAM MACAM ALIRAN SENI LUKIS

1. Realisme Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu pada usaha dalam seni rupa untuk menampilkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun. Tokoh-tokoh realism ialah : Gustove Corbert, Fransisco de Goya dan Honore Umier. 2. Surrealisme Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya. Pelopor surrealism : Joan Miro, Salvador Dali dan Andre Masson. Di Indonesia bisa disebut : Sudibio; Sudiardjo dan Amang Rahman. 3. Kubisme Kubisme lahir pada saat pameran retpektif Cezanne yakni pada tahun 1907. Corak ini menggambarkan alam menjadi bentuk-bentuk geometris seperti segitiga, segi empat, lingkaran, silinder, bola, kerucut, kubus dan kotak-kotak. Disini seni bukanlah peniruan alam. Pelopor kubisme : Gezanne, Pablo Picasso, Metzinger, Braque, Albert Glazes, Fernand Leger, Robert Delaunay, Francis Picabia dan Juan Gris. 4. Romantisme Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objekyang sering diambil sebagai latar belakang lukisan. Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di jaman colonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh. 5. Abstraksionisme Seni abstrak dalam seni lukis ialah seni yang berusaha mengambil objek yang berasal dari dunia batin. Objek itu bissa fantasi, imajinasi dan mungkin juga intuisi para seniman. Karena timbul dari dalam batin. Dalam seni, abstrak terbagi dua kategori besar yaitu : a. Abstrak ekspresionisme Di Amerika abstrak ini terdapat dua kecenderungan yaitu: - Color Field Painting, yaitu lukisan yang menampilkan bidangbidang lebar dan warna yang cerah. Pelopornya : Mark Rothko,

? Suprematisme. Tokohnya : Vladimir Tatlin. yaitu lukisan yang tidak memerhatikan bentuk.? Op Art (Optical Art). besi. adik Twarkov. Di Perancis abstrak ekspresionisme diikuti oleh : H. Naum Gabo dan A. Ekspresionisme Berusaha menampilkan emosional atau sensasi dari dalam di hubungkan dengan tragedi atau apa yang terjadi. Setelah itu bermunculan abstrak geometrisme yang lain dengan nama berbeda antara lain : . Yacov Gipstein dan Todasuke Kawayama. sebuah corak seni rupa 3 dimensi yang berusaha menampilkan bentuk-bentuk abstrak dengan menggunakan alat-alat modern seperti seperti kawat. Tokohnya adalah : Piet Mondarian. kayu dan plastik. Kemudian yang diberi nama Technisme dipelopori oleh : Wols Aechinsky dan Asger Yorn. Hartum Gerard Schneider.Tokohnya adalah : Jackson Polack. disebut juga Retinal Art yaitu corak seni lukis yang penggambarannya merupakan susunan geometris dengan pengulangan yang teratur rapi. yaitu lukisan yang menampilkan abstraksi bentuk-bentuk geometris mumi dengan tokohnya adalah kasimir Malevich. Robert Montherwell dan Bornet Newman. Aliran ini berusaha pewarna kepada warna pokok dan bentuk yang siku-siku.? Neo Plastisisme (De Stijil).Konstruktivisme. . Antonic Pevner. Action Painting. Karya ini menarik perhatian karena warnanya yang cemerlang dan seakan mengecohkan mata dengan ilusi ruang. Theo Van Daesburg dan Bart Van Leck. Dipelopori oleh Kandinsdy. 6. Definisi lain adalah kebebasan distorsi bentuk dan warna untuk melahirkan emosi ataupun menyatakan sensasi dari . Tokoh corak ini adalah : Victor Vaserelly. Seni ini lahir karena situasi teknologi industri yang tinggi dan karyanya cenderung arsitektual. . Adolf Got Lieb. di Amerika patung yang dapat bergerak disebut Kinetic Sculpture. yang penting adalah aksi atau cara dalam melukiskannya. G. Abstrak geometrisme Disebut juga seni non objektif. yaitu corak seni abstrak yang menampilkan keuniversalan ilmu pasti.- Clyfford Stll. . Willem de Koning Frans Kliner dan. bisa seperti papan catur. Rodehenko Alexander Calder karena patungnya dapat bergerak disebut Mobilisme. b. Mathiew dan Piere Souloges. Bridget Riley. Minimal Art juga termasuk dalam kelompok Konstruktivisme.

Disamping itu juga menentukan sikap bahwa tidak ada pendahuluan secara teoritis terhadap warna agar cocok untuk suatu pembentukan objek. pewarnaan dan lainnya diusahakan setepat mungkin sesuai mata kita melihat. Karl Schmidt. Faufisme masih memakai teori ini tetapi lebih dikembangkan lagi. namun akademisi mementingkan garis. Maurice de Vlamink.Tokoh aliran ini : Claude Monet. Andre Dirrain. yaitu Zűrich. Edward Degas dan Mary Cassat. faufisme adalah suatu reksi terhadap post impresionisme yang mempunyai teknik yang lamban dan lambat. 7. Zaini dan Popo Iskandar. Kandinsky dan Paul Klee. JJ. Emile Nolde. Yang kemudian diungkapkan dalam bentuk main-main. tahun 1905. William Hogart dan Frans Hall. Aliran ini masih dipengaruhi oleh teori cezanne tentang impresionisme. Basuki Abdullah. ini artinya proporsi. 9. Abdullah Sudrio Subroto.dalam (baik objeknya maupun senimannya). Naturalisme Naturalisme merupakan corak atau aliran dalam seni rupa yang berusaha melukiskan sesuatu objek sesuai dengan alam (nature). Untuk memberi kesan mirip diusahakan bentuk yang persis. Pelopor ekspresionisme : Vincent Van Gogh. keseimbangan. Bahwa tatanan warna masih harus mempunyai struktur yang kuat. Di Indonesia penganut aliran ini adalah : Kusnadi . 10. juga ada tanda-tanda merusak yang telah ada. Dadaisme Ciri khas dari karya dadaisme sini dan tidak mau ilusi atau ketiadaan ilusi. sesuatu yang menimbulkan goncangan jiwa yang mendadak. Paul Gaugiuin. Impresionisme Berusaha menampilkan kesan yang di tangkap dari objek. mistis. Tokoh-tokoh naturalisme : Rembrant. Rauol Dufi dan Kess Van Dongen. Sisley. . 8. perspektif. Aguste Renoir. Ernast Ludwig. Gambir Anom dan Trubus. Tokoh-tokoh aliran ini : Henry Matisse. Solihin dan Affandi (sebelum ekspresionisme). kemudian harus di padatkan lagi dan di olah lagi. yang dibangun hubungan interaksi antara warna-warna tertentu. Menurut Matisse yang menjadi tokoh dalam aliran ini. Di Indonesia penganut ini adalah : Affandi. dan juga mempunyai teori devision yang kurang tepat. Objek yang digambarkan diungkapkan seperti mata melihat. Casmile Pissaro. Yang menjadi masalah dalam hal teknik adalah sebagian kaum impresionis sangat mementingkan warna yang ditimbulkan oleh bias cahaya. Faufisme Nama faufisme diberikan oleh seorang kritikus bernama Louis Vauxceles yang terkejut melihat liarnya sekelompok artis muda yang sedang berpameran di salon d`Automne. Di Indonesia yang menganut corak ini : Raden Saleh. Dada atau Dadaisme merupakan gerakan budaya yang lahir di wilayah netral. ialah bahwa warna-warna itu jika diamati. sesuai dengan sifat lingkungan perang.

Arthur Rimbaud. Max Ernst. yakni bahwa ala mini hanyalah sebagai batu loncatan untuk menyatakan perhatian yang lebih tentang manusia yang hidup. Gerakan ini mengilhami kemunculan gerakan-gerakan sesudahnya : Avant-Garde. 11. seni rupa harus menghadirkan sensasi menyenangkan mata. keadaan atau kejadian pada masa lalu yang mengalami puncak kejayaan. pertunjukan seni. Gerakan ini berfokus kepada politik anti perangnya melalui penolakan pada aturan seni yang berlaku melalui karya budaya anti seni. sastra (puisi. Jika tidak. seni rupa harus merupakan produk magis dari aura sang seniman dan seterusnya. Pop Art dan Fluxus. Misalnya Hikayat Kalilah dan Dimnah. Tokoh-tokoh aliran ini : Juan Gross. namun hingga kini sifat-sifat itu masih dirasakan . demonstrasi dan publikasi jurnal seni/sastra. Sejak akhir abad ke18. Gerak-gerik dan sifat ikan itu dilukiskannya sebagai lukisan manusia yang beraneka ragam sifatnya. Paul Verlaine. Hikayat Panca Tantra. 13. Neoklasikisme Modernisme dipandang sebagai gerakan penghapusan dan pembongkaran seni yang telah berjalan beberapa decade. sering terlihat seperti sindiran. harus memiliki subjek penggambaran (subject matter).Switzerland. dibuatlah karangan yang simbolis. atau kemasyuran. Aliran simbolik sejalan dengan surrealism. Syair si Burung Pungguk. Marcel Duchamp dan Picabia. gerakan modernisme telah membongkar konsep seni rupa klasik bahwa seni rupa harus indah. keunggulan kehebatan. sensor atas kerangan-karangan amat keras. Untuk mencoba melepaskan diri dari jaringan sensor itu. Tokoh yang menganut aliran ini : Charles Baudelaire. Klasikisme Sebutan kata klasik mengandung pengertian sifat dari suatu hal. teori seni). politik dan budaya menjadi topik utama dalam publikasi mereka. Gerakan meliputi seni visual. teater dan desain grafis. selama masa Perang Dunia I (1916-1920). kita lihat misalnya karangan Amin. Dalam kesusastraan Indonesia. Stephane Mallarme. Simbolisme Lukisan secara simbolik adalah lukisan yang mengambil sesuatu sebagai pelambang. Dalam karangan yang simbolis biasanya binatang atau tumbuhan dilukiskan sebagai manusia dengan sifatsifatnya. serta gerakan lain seperti surrealisme. Pada masa Jepang berkuasa di tanah air kita. Hans Arp. 12. Kegiatan gerakan ini antara lain pertemuan umum. Tinjaulah Dunia Sana. gerakan musik kota. selangkah demi selangkah mulai dicampakkan. Seniman modernis mencampakkan keindahan sebagai faktor ideal dalam seni rupa. Nouveau Rēalisme. misalnya terlihat pada penggambaran wanita secara kubistis oleh Pablo Picasso pada lukisan „Les Demoiselles d‟ Avignon‟. maka karangan di tambah lagi dengan kalimat-kalimat yang tak berarti sekedar untuk mengelabui mata sensor Jepang. Seni. Tokohnya ikan-ikan dala akuarium.

Futurisme mengabdikan diri pada gerak sehingga pada lukisan anjing di gambarkan berkaki lebih dari empat. Aliran ini mengatakan gerak dan dipandang sebagai pendobrak aliran kubisme yang dianggap statis dalam komposisi.. Aristoteles. Plotinus. Dalam mengambil objek tidak memilih-milih. Yoseph Benys. 14. di improvisasi dengan ruang. atau merupakan input respons terhadap ruang ataupun yang mengelilinginya. Boccioni. 16.atau diakui. itulah instalasi. keadaan atau kejadian tersebut memiliki nilai atau mutu tinggi yang diakui dan menjadi tolak ukur kesempurnaan yang abadi. Pop Art (Popular Art) Seni Pop atau Pop Art mula-mula berkembang di Amerika pada tahun 1956. Seni ini muncul karena kejenuhan dengan seni tanpa objek dan mengingatkan kita akan keadaan sekeliling yang telah lama kita lupakan. Sifat yang demikian itu disebabkan hal. sesuatu yang klasik akan tetap bertahan sampai kapanpun seakan tak lekang oleh zaman. Aliran estetika klasik ini berkembang pada era munculnya. garis dan pewarnaan. Severini. susunan dalam sebuah fungsi dirakit dengan objek-objek lain jadilah sebuah system. Tokoh-tokoh filsuf besar. Plato. Bahkan bisa saja mereka mengambil sepasang sandal disandarkan diatas rongsokan meja kemudian diatur sedemikian rupa kemudian dipamerkan. Di Indonesia yang menganut aliran ini adalah seniman-seniman yang memproklamirkan diri : “Kaum Seni Rupa Baru Indonesia”. Seni Instalasi Berarti sejumlah kanvas atau objek ide instalasi dimulai dari barang-barang yang ditemukan di mana-mana dan kemudian dikembangkan. Nama aslinya adalah Popular Images. Agustinus dan Thomas Aquinas. Kesan umum dari karya-karya Pop Art menampilkan suasana sindiran. Tokoh-tokohnya antara lain : Tom Wasselman. Tokoh aliran ini : Umberto. humor dan apa adanya. karikaturis. Gioccomo Ballad dan Ruigi Russalo. . yang terkenal karena kecermelangan pemikirannya hingga sekarang antara lain seperti Socrates. apa yang mereka jumpai dijadikan objek. direkayasa di work shop. 15. Carlo Cara. Futurisme Futurisme ialah sebuah aliran seni lukis yang lahir pada tahun 1909. George Segal. Karena itu. Claes Oldenburg dan Cristo.

ABSEN : 43 SMP NEGERI 44 BANDUNG .TUGAS SENI BUDAYA MACAM-MACAM ALIRAN DALAM SENI LUKIS NAMA : THIFAL BASHIROH KELAS : IX G NO.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful