P. 1
Pohon Rotan

Pohon Rotan

|Views: 19|Likes:
Publicado porrajaalfatih

More info:

Published by: rajaalfatih on Apr 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2014

pdf

text

original

Jenis-jenis Palem (Arecaceae) Di Indonesia

Posted on 12 Desember 2009

Suku (famili) Arecaceae atau suku pinang-pinangan (palem) adalah kelompok tumbuhan yang biasa disebut palma atau palem. Tumbuhan ini banyak dikenal dan mempunyai banyak jenis di Indonesia meskipun terkadang tidak sedikit yang bingung untuk membedakannya sehingga menyebutnya sebagai palem saja atau justru keliru dalam menyebutkan nama jenisnya. Secara umum suku Arecaceae mempunyai ciri-ciri:
       

Batangnya tumbuh tegak ke atas dan jarang bercabang Batangnya beruas-ruas dan tidak memiliki kambium sejati Akarnya tumbuh dari pangkal batang dan berbentuk akar serabut Berdaun majemuk Tangkai daun memiliki pelepah daun yang membungkus batang. Bunga tersusun dalam karangan bunga (mayang) Buahnya ditutupi lapisan luar yang relatif tebal (biasa disebut sabut) Biji buah relatif cair pada saat masih muda dan semakin mengeras ketika tua.

Suku (famili) Arecaceae terdiri atas puluhan genus dan ratusan spesies (jenis). Jenis-jenis yang umumnya dapat ditemui di Indonesia antara lain Enau atau Aren (Arenga pinata);Gebang (Corypha utan); Kelapa (Cocos nucifera); Kelapa Sawit (Elaeis guineensisdan Elaeis oleifera); Nibung (Oncosperma tigillarium); Nipah (Nypa fruticans); Rotan(Calamus rottan); Salak (Salacca zalacca); Sagu atau Rumbia (Metroxylon sago);Siwalan atau Lontar (Borassus flabellifer).

Pohon Aren atau Enau

yakni di akhir masa hidupnya. Genus: Arenga. Enau atau Aren (Arenga pinata) Enau atau Aren (Arenga pinata) disebut juga sebagai kolang kaling dan dalam bahasa inggris disebut sebagai sugar palm. Daunnya menyerupai daun Lontar. Kelas: Liliopsida Ordo:Arecales Famili: Arecaceae. Arenga pinnata Gebang (Corypha utan) Gebang (Corypha utan) Gebang atau Gabang (Corypha utan) merupakan palem berbentuk pohon tunggal dengan ketinggian antara 15-20 meter. Divisi: Magnoliophyta.Selain itu juga. dan Pinang (Areca catechu). Kelas:Liliopsida. Famili: Arecaceae. Palem Botol(Hyophorbe lagenicaulis). Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens). Gebang hanya berbunga dan berbuah sekali. Spesies:. Ordo: Arecales. Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae. Palem Raja (Roystonea regia). Divisi: Magnoliophyta. Palem Merah atau Pinang Merah (Cyrtostachys renda dan Areca vestiaria). Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Plantae. Genus: CoryphaSpesies: Corypha utan Kelapa (Cocos nucifera) Kelapa (Cocos nucifera) .

Famili: Arecaceae. . Famili: Arecaceae. Ordo: Arecales. Genus: Cocos. Sejak 1911 mulai dibudidayakan. Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae. Spesies: Cocos nucifera. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Liliopsida. Spesies: Elaeis guineensisdan Elaeis oleifera Nibung (Oncosperma tigillarium) Nibung (Oncosperma tigillarium) Nibung merupakan flora identitas provinsi Riau. Divisi: Magnoliophyta. Kelapa Sawit (Elaeis guineensis dan Elaeis oleifera) Kelapa Sawit Kelapa Sawit merupakan jenis palem yang berbentuk pohon. Sumatera Utara pada tahun 1870-an. Kelapa Sawit didatangkan ke Indonesia oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1848. (tidak termasuk Monocots danCommelinids). Genus: Elaeis. Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae. Ordo: Arecales. Kelas:Liliopsida.Kelapa (Cocos nucifera) adalah jenis Arecaceae yang paling bermanfaat bagi manusia. Beberapa bijinya ditanam di Kebun Raya Bogor. Hampir seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan orang. (tidak termasukMonocots dan Commelinids). sementara sisa benihnya ditanam di tepi-tepi jalan sebagai tanaman hias di Deli.

Ordo: Arecales. Genus: Oncosperma. Ordo: Arecales. Hanya daunnya yang muncul di atas tanah.). Salah satu spesiesnya adalah Calamus rotan. sehingga nipah nampak seolah-olah tak berbatang. sepert: . Asia dan Australasia. membentuk rimpang yang terendam oleh lumpur. Famili: Arecaceae. Famili: Arecaceae. Kelas:Liliopsida. dengan daerah persebaran di bagian tropis Afrika. Genus: Nypa. batang pohon nipah menjalar di tanah. Sebagaimana rumbia (Metroxylon spp.Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae. Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae. Calameae sendiri terdiri dari sekitar enam ratus spesies. Kelas: Liliopsida. Divisi: Magnoliophyta. Untuk jenis-jenis (spesies) dari famili arecaceae lainnya. Spesies: Oncosperma tigillarium Nipah (Nypa fruticans) Nipah (Nypa fruticans) Nipah (Nypa fruticans) merupakan jenis palem yang tumbuh di daerah rawa yang berair payau atau ditepi hutan bakau. Spesies: Nypa fruticans Rotan (Calamus rottan) Rotan (Calamus rottan) Rotan adalah sekelompok jenis palma yang tergabung dalam bangsa Calameae. Divisi: Magnoliophyta. Akar serabutnya dapat mencapai panjang 13 m.

Palem Raja (Roystonea regia). Sagu atau Rumbia (Metroxylon sago). . Siwalan atau Lontar (Borassus flabellifer). Palem Merah atau Pinang Merah (Cyrtostachys renda dan Areca vestiaria). Palem Botol (Hyophorbe lagenicaulis) Pinang (Areca catechu).        Salak (Salacca zalacca). Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens).

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->