P. 1
Sap-Dan-Materi Tanda Bahaya Kehamilan

Sap-Dan-Materi Tanda Bahaya Kehamilan

|Views: 96|Likes:
Publicado porAlex Rahma

More info:

Published by: Alex Rahma on Mar 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

Satuan acara penyuluhan

Tentang

Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Oleh

Merisa Ali 110201022

PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) PIALA SAKTI PARIAMAN

Latar Belakang : Tanda bahaya pada kehamilan : Pengunjung Puskesmas Pauh kambar : Merisa Ali : Puskesmas Pauh Kambar : 09. Sehingga bayi mereka bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Karena dengan kehadiran seorang bayilah mereka dapat meneruskan garis keturunan mereka. Pengetahuan tentang teknik menyusui bayi yang baik dan benar tidak hanya berguna bagi ibu-ibu yang telah berkeluarga. Tapi juga berguna bagi remaja putri agar kelak mereka bisa menyusui anak-anak mereka dengan baik dan benar B. Tujuan 1. Untuk menunjang perawatan tersebut. seorang ibu harus memperhatikan gizinya dan harus cukup pengetahuan tentang cara merawat seorang bayi dan cara/teknik menyusui bayi yang baik dan benar. Tujuan Umum . Seorang bayi tentu saja masih punya nilai ketergantungan yang tinggi kepada kedua ortunya harus ekstra cermat dan penuh perhatian dalam merawat bayi mereka. Sehingga kelak bisa menjadi anak yang cerdas. Dalam prosese pemberian ASI tersebut.00 WIB Kehamilan merupakan masa-masaKehadiran seorang bayi dalam sebuah keluarga adalah merupakan dambaan setiap orang. seorang ibu sangat dianjurkan untuk memberikan ASI (Air Susu Ibu) sebagai sumber makanan yang utama seelum meraka diperbolehkan untuk mendapatkan sumber makanan yang lainnya.2013 SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) TANDA BAHAYA PADA KEHAMILAN Pokok Bahasan Sasaran Penyaji Tempat Waktu A.

Tujuan Khusus Setelah dilakukan pendidikan kesehatan tentang tanda bahaya pada kehamilan diharapkan ibu hamil mampu: 1. Melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi tanda bahaya pada kehamilan 5. Setting Tempat Puskesmas Pauh Kambar I. 2. diharapkan ibu hamil dapat memahami tanda-tanda bahaya pada kehamilan dan dapat segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat agar tidak terjadi kematian baik pada ibu hamil maupun pada bayi. Menjelaskan tanda bahaya pada kehamilan 4.Setelah dilakukan pendidikan kesehatan tentang tanda bahaya pada kehamilan. Mengenali dan memahami tanda bahaya pada kehamilan 3. Menjelaskan pengertian tanda bahaya kehamilan 2. Target Ibu hamil D. Melakukan tindakan yang tepat dan cepat pada saat timbul tanda bahaya pada kehamilan C. SETTING TEMPAT Keterangan: Penyaji Moderator Observer .

1. Pengorganisasian Moderator Penyaji F. Kegiatan Pembukaa n Penyuluh     Peserta : : Pengunjung Puskesmas : Rifna Farzi Observer : Merisa Ali Peserta Keluarga    Mendengarkan Memperhatikan Memperhatikan Waktu 5 menit Memberi salam Memperkenalkan diri Menjelaskan tujuan 2. Susunan Acara Tahap Kegiatan Waktu No . Penutup  Memberikan kesempatan  kepada bertanya   Mengajukan kepada    pertanyaan untuk   ibu untuk Menjawab pertanyaan ibu menjawab pertanyaan Memberikan (aplaus dan pujian) Membuat kesimpulan reward Bertepuk tangan Memperhatikan dan mendengarkan Membagikan leaflet  Menerima leaflet . Isi Menjelaskan tanda kehamilan pengertian  pada Memperhatikan dan mendengarkan Memperhatikan dan mendengarkan 30 menit bahaya  Menjelaskan tanda bahaya  pada kehamilan  Menjelaskan pencegahan  dan penanganan tanda Memperhatikan dan mendengarkan Mendengarkan dan memberikan jawaban 10 menit bahaya pada kehamilan 3.E.

Buku KIA 2. Menyampaikan penutup salam  Menjawab salam E. Tanya jawab F. Leaflet . Ceramah 2. MEDIA 1. METODE 1.

atauperdarahan dengan nyeri.MATERI TANDA BAHAYA PADA KEHAMILAN A. Tanda-tanda bahaya pada kehamilan adalah tanda-tanda yang terjadi pada seorang ibu hamil yang merupakan suatu pertanda telah terjadinya siatu masalah yang serius pada ibu atau janin yang dikandungnya. Tanda bahaya pada kehamilan serta pencegahan dan penanganannya 1. akan terjadinya penyakit atau kematian sebelum maupun sesudah persalinan (Tiran. Tanda-tanda bahaya kehamilan adalah gejala yang menunjukkan bahwa ibu dan bayi dalam keadaan yang bahaya (Uswhaya. 2007). adanya jaringan yang abnormal dan melekat pada rahim. 2009). Ibu hamil mengalami perdarahan atau mengeluarkan bercak darah terus menerus dari jalan lahir. perlekatan plasenta pada rahim. 2008. Pada saat mengalami perdarahan ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang ibu hamil. Perdarahan dapat terjadi pada awal maupun akhir kehamilan. Pada menjelang akhir kehamilan (kira-kira pada minggu ke-20). perdarahan yang terjadi biasanya disebabkan perlekatan plasenta ke jalan lahir sehingga menyumbat jalan lahir atau biasa di sebut plasenta previa. p. B. Pengertian Tanda bahaya kehamilan adalah suatu kehamilan yang memiliki tanda bahaya atau resiko lebih besar dari biasanya (baik bagi ibu maupun bayinya). (Sinsin Lis.53). Perdarahan yang tidak normal pada awal kehamilan adalah perdarahan yang berwarna merah. kehamilan di luar kandungan atau biasa di sebut kehamilan ektopik terganggu (KET). perdarahan yang banyak. Bisa juga perdarahan terjadi karena plasenta yang terlepas di dalam rahim atau di sebut dengan solusio plasenta. yaitu: . atau infeksi penyakit. Perdarahan pada awal kehamilan terjadi pada trimester pertama (1-12 minggu) penyebabnya adalah abortus .

kaki dan wajah. Bengkak di tangan. Keadaan ini seringkali muncul pada trimester ke tiga kehamilan. kaki.1) Segera tirah baring agar perdarahan tidak semakin banyak. Pencegahan dan penanganan pada ibu hamil yang mengalami pembekakan di tangan. nyeri ulu hati dan pusing kepala bahkan kejang . Untuk mengetahui pembengkakan yang tidak normal antara lain dengan menekan pada daerah tungkai kaki yang bengkak.kejang mendadak dan disertai pertambahan berat badan berlebihan selama hamil juga perlu diwaspadai. Namun waspada bila terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tersebut dan diikuti dengan nyeri tengkuk. 2) Beri minum manis pada ibu hamil yang mengalami perdarahan. dan wajah yaitu: 1) Kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung natrium atau garam 2) Pada saat bekerja atau bepergian hindari pemakaian sepatu yang bertumit tinggi dan pakaian ketat . 2. Bengkak terjadi karena adanya peningkatan kadar garam atau natrium dalam tubuh ibu hamil. Garam atau natrium ini bersifat menahan cairan sehingga terjadi peningkatan tekanan darah. Bila perdarahan cukup banyak hingga menembus kain atau pakaian dan tempat pelayanan kesehatan jauh sebaiknya selama perjalanan menuju ke rumah sakit posisikan kedua kaki lebih tinggi dengan di ganjal bantal sedangkan kepala dibaringkan datar sejajar tubuh. kaki dan wajah Memasuki masa kehamilan beberapa perubahan tubuh pada ibu hamil antara lain adalah kenaikan berat badan dan sedikit pembengkakan pada bagian tubuh seperti tangan. bila bagian yang di tekan tampak cekung dan tidak segera kembali seperti semula berarti terdapat penumpukan cairan. 3) Segera mengunjungi tenaga kesehatan kesehatan. Semua tanda tersebut mengarah pada keadaan keracunan kehamilan atau disebut dengan preeklampsia dan eklampsia bila kejang.

11) Bila pembengkakan pada daerah kaki disertai keluhan pusing kepala berat. Selain itu bayi berpotensi mengalami keguguran dan terlahir prematur bahkan kematian bayi dalam kandungan. Keterlambatan penanganan dapat menimbulkan bahaya bagi ibu akibat infeksi. lalu kompres dengan handuk kecil yang di basahi air dingin.kunang dan bengkak bertambah berat sebaiknya segera mengunjungi tenaga kesehatan yang merawat kehamilan. 8) Lakukan rendam kaki dengan air hangat yang di beri garam setiap selesai mandi selama 15 menit. karena akan menghambat aliran darah di daerah kaki 4) Saat di rumah selalu memposisikan kaki lebih tinggi. 5) Hindari penggunaan pakaian yang ketat selama hamil 6) Ibu hamil yang bekerja dan terpaksa harus duduk terus menerus.3) Hindari menyilangkan kedua kaki saat berdiri. beri penopang untuk meletakkan telapak kaki dan pada saat istirahat upayakan untuk sejajarkan kedua kaki dan posisikan kaki lebih tinggi bisa dengan ditopang bangku kecil 7) Bagi ibu hamil yang bekerja dengan posisi berdiri terus menerus. Ibu hamil dengan panas tinggi tidak dianjurkan untuk minum obat penurun panas tanpa ada pemeriksaan dari tenaga kesehatan. 3. 9) Lakukan pijatan ringan pada daerah kaki menggunakan baby oil. pijatan dilakukan secara melingkar mulai dari telapak dan punggung kaki sampai mata kaki dan kedua betis hingga lutut. Demam tinggi Ibu hamil baik dalam usia kehamilan berapapun bila mengalami panas atau demam tinggi perlu segera di bawa kepada tenaga kesehatan atau pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pertolongan. hindari kedua kaki menggantung. dengan menggunakan bantal untuk penopang atau letakkan kaki di kursi sejajar. nyeri ulu hati dan mata berkunang . 10) Sebaiknya ibu hamil sesering mungkin mengkonsumsi rebusan air kacang hijau. pada saat istirahat. posisikan kaki lebih tinggi. .

sebaiknya ibu hamil istirahat tirah baring di atas tempat tidur hingga suhu tubuh kembali normal. Pada kehamilan yang masih belum cukup bulan. Air ketuban keluar sebelum waktunya Ketuban pecah dini atau ketuban pecah sebelum waktunya adalah keadaan dimana air ketuban mengalir dan merembes atau keluar terus menerus dari jalan lahir dan tidak disertai tanda persalinan. 4. pecahnya ketuban akan merangsang kontraksi sehingga terjadi pembukaan jalan lahir dan . Infeksi pada jalan lahir ibu. akhirnya bisa kering. Jika Ketuban sudah pecah. Bayi dengan aman berenang dan bergerak dalam kehangatan air ketuban.tanda di mulainya proses untuk bersalin. dan sebagainya. Ketika selaput itu robek. Bayi dalam kandungan ibarat berada dalam suatu gelembung selaput yang tipis mirip balon namun berisi air.Penanganan ibu hamil yang mengalami demam tinggi. Ketuban yang pecah pada kehaamilan muda maupun pada kehamilan tua tetap sama – sama beresiko infeksi pada bayi. Idealnya selaput ketuban yang melindungi janin dalam rahim baru robek atau pecah setelah kehamilan cukup bulan dan diikuti adanya tanda . 3) Bila sudah mendapat pengobatan. dan air ketuban berkurang jumlahnya. Idealnya cairan ketuban ini sekitar >500 cc sampai dengan1000 cc. maka ketuban akan mengalir terus menerus. berarti selaput yang melindungi janin sudah robek. benturan atau trauma fisik maupun psikis. Terutama bila air ketuban yang keluar berwarna kuning kental atau kehijauan bau. secara teori disebutkan bahwa akibat berkurangnya kekuatan selaput ketuban menahan tekanan yang berasal dari dalam kandungan. yaitu: 1) Selama mengalami demam ibu hamil minum air putih yang cukup agar tidak terjadi kekurangan cairan tubuh 2) Melakukan kompres untuk menurunkan suhu tubuh. Keutuhan selaput ketuban ini sangat penting bagi perlindungan janin dalam rahim. Faktor yang bisa menyebabkan ketuban pecah sebelum waktunya.

2003). Bayi harus bergerak paling sedikit 3 kali dalam 1 jam jika ibu berbaring atau beristirahat dan jika ibu makan dan minum dengan baik (Pisdiknakes. Pencegahan jika terjadi ketuban pecah sebelum waktunya.makanan yang bisa meerangsang terjadinya kontraksi rahim. makanan yang mengandung zat fermentasi berlebihan 3) Hindari trauma atau benturan fisik pada daerah perut 4) Pada ibu hamil kembar. misalnya minuman beralkohol kadar tinggi. kurangi aktifitas yang berlebihan. Bila dalam keadaan terjaga diharapkan seorang ibu hamil bisa merasakan gerakan janin ±10 kali dalam 12 jam. maka kondisi bayi dalam keadaan waspada infeksi. Namun pada beberapa kasus misalnya bayi dengan lilitan tali pusat seringkali . bahkan ada beberapa kasus yang harus dilakukan seksio sesarea. oleh karena itu bayi sebaiknya dilahirkan jika sudah memenuhi ketentuan untuk mengakhiri kehamilan dengan dirangsang ( induksi )obat atau infus. Pada umumnya memasuki kehamilan lima bulan ibu hamil semakin sering meraskan gerakan gerakan janin dalam kandungan. karena kehamilan kembar sendiri sudah beresiko ketuban pecah sebelum waktunya akibat pereganagan rahim. 5) Jaga tubuh ibu hamil dari infeksi terutama infeksi pada daerah alat kelamin 6) Hindari stress berlebihan yang akan merangsang hormon tubuh untuk menimbulkan kontraaksi pada rahim. adalah: 1) Hindari perjalanan jauh yang melelahkan dan menimbulkan ketegangan fisik maupun mental bagi ibu hamil 2) Hindari makan .bayi terlahir sebelum aktunya. 5. Bila ibu tidak merasakan gerakan janin sebaiknya segera menuju ke tempat pelayanan kesehatan agar tidak terlambat dan terjadi kematian janin dalam kandungan. Pada kehamilan yang masih muda gerakan bayi memang belum dapat dirasakan. Bila ketuban sudah dinyatakan habis oleh dokter atau bidan. Gerakan bayi berkurang atau tidak bergerak sama sekali. Bagi ibu hamil penting memantau gerak bayi dalam kandungan.

Penangan untuk merangsang gerak bayi. Perubahan perubahan hormon dan pembesaran rahim tersebut menyebabkan gerakan usus terganggu.janin dalam kandungan setelah bergerak lincah tiba-tiba tidak bergerak sama sekali. selain nasi bisa di ganti dengan kentang dll 3) Makanlah dalam keadaan hidangan selagi masih hangat 4) Mengurangi makanan berlemak dan mengandung minyak agar lambung tidak memproduksi asam yang berlebihan. ataupun dalam keadaan setelah makan . yaitu: 1) Ibu berbaring miring ke satu sisi tubuh ke arah kiri dan usap perlahan perut ibu 2) Ajak bayi berkomunikasi sambil ibu relaksasi dan menarik nafas panjang. Hormon kehamilan tersebut meningkat pada saat pagi hari sehingga keluhan umum seperti mual – muntah. Pencegahan dan penanganan pada ibu hamil yang megalami muntah terus menerus dan tidak bisa makan sama sekali: 1) Makan dalam porsi kecil tetapi sering 2) Perbanyak konsumsi karbohidrat. terlalu asam 7) Menghindari stress yang membuat asam lambung semakin meningkat 8) Setiap bangun tidur biasakan minum air hangat dan manis sedikit demi sedikit 9) Segera membawa ibu hamil yang mengalami muntah berlebihan dan tidak bisa makan atau minum. 5) Hindari makan sambil minum agar lambung tidak terasa penuh 6) Hindari bumbu yang pedas. rasa penuh pada lambung. nyeri ulu hati terasa seperti terbakar lebih sering terjadi pada pagi hari. 6. Ibu mengalami muntah terus menerus dan tidak bisa makan sama sekali Pada kehamilan ada perubahan hormon tubuh yang berguna untuk mempertahankan pertumbuhan dan menjaga kehamilan. berbau tajam.

memberi keempatan duduk pada ibu hamil yang berdiri di bus kota atau kereta api. misalnya tidak merokok di depan ibu hamil. Ibu mengalami cedera atau trauma pada daerah perut. Semoga bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat dalam membantu meningkatkan kewaspadaan terhadap tanda bahaya pada ibu hamil dan semakin menyayangi para ibu hamil dengan memberi perhatian khusus mulai dari hal . Keadaan cedera tersebut bisa diakibatkan kecelakaan.Perlu adanya kerjasama dari lingkungan masyarakat untuk menyadarkan pentingnya menjaga keselamatan dan menyayangi ibu hamil. 8. Ibu hamil dengan tindakan kekerasan fisik hingga saat ini masih ditemukan. keguguran dan gangguan pertumbuhan dalam rahim. memberi dukungan mental pada ibu hamil dan sebagainya. . segera membantu mengantarkan ibu hamil ke petugas kesehatan bila menemukan keadaan ibu hamil dalam tanda bahaya.dan minum ibu hamil langsung muntah lagi dan terdapat demam ke tenaga kesehatan. Masalah pengelihatan Perubahan visual misalnya pandangan kabur atau berbayang dan ibu akan sakit kepala yang hebat dan mungkin merupakan suatu tanda pre eklamsia.hal sederhana. Keadaan seperti ini dapat berakibat ibu mengalami perdarahan. Saran : Bila melihat ibu hamil mengalami benturan pada perut atau terjatuh karena kecelakaan di lalulintas walaupun tidak terluka sebaiknya segera membawa ibu hamil kepada petugas kesehatan maupun pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapat pemeriksaan. 7. terjatuh maupun akibat tindakan kekerasan misalnya dipukul atau ditendang daerah perut.

ac. R. Tips Atasi Kaki Bengkak saat Hamil.com/ibu-dan anak/2010/07/09/Tips-MengatasiMual-dan-Muntah-pada-Kehamilan/ diakses 24 April 2012 Tari.kompasiana. Kenali Tujuh Tanda Bahaya dalam Kehamilan.com/ibu-dan-anak/2011/09/12/Kenali-TujuhTanda-Bahaya-dalam-Kehamilan/ diakses 24 April 2012 .kompasiana.pdf.com/ibu-dan-anak/2010/09/10WaspadaKetuban-Pecah-Sebelum-Waktunya/ diakses 24 April 2012 .kesehatan. www.kesehatan. 2010.id/files/disk1/112/jtptunimus-gdl-agustinset-5570-3babii. Tips Mengatasi Mual dan Muntah pada Kehamilan. 2011.kompasiana.kesehatan. Waspada Ketuban Pecah Sebelum Waktunya. www.kompasiana.DAFTAR PUSTAKA Tari. diakses 24 April 2012 .unimus. R. www.com/ibu-dan-anak/2011/02/16/Tips-AtasiKaki-Bengkan-saat-Hamil/ diakses 24 April 2012 /http://digilib. .kesehatan. www.

Maret 2013 ( Merisa Ali ) Disetujui Oleh : Pembimbing Akademik CI Puskesmas ( Febriyeni. M. Pauh Kambar.Biomed ) ( ) . S.SiT.PENUTUP Demikianlah SAP ini penulis buat. semoga dilaksanakan sesuai rencana.

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->