PEMBAHASAN

USUS BESAR Setelah hasil dari pencernaan di dalam usus halus kemudian berlanjut ke usus besar, sebagian besar nutrien telah dicerna dan diabsorbsi dan hanya menyisakan zat-zat yang tidak dapat dicerna lagi. Makanan biasa memerlukan waktu sekitar2-5 hari untuk dapat menempuh ujung dari saluran cerna 2 sampai 6 jam makanan akan berada di dalam lambung kemudian 6 sampai 8 jam berada di dalam usus halus, dan sisa waktu lainnya sisa makanan akan berada pada usus besar sampai keluar menjadi feces.

Karakteristik umum usus besar 1. Usus besar tidak memiliki fili oleh karena itu usu besar tidak mempunyai bentuk yang berlipat-lipat seperti pada usus halus (lipatan sirkular--> plicae cirkulares), dan usus besar ini mempunyai diameter yang lebih lebar, mempunyai panjang yang lebih pendek dari usus halus, dan juga mempunyai daya regang yang lebih besar ini berguna untuki dapat memadatkan sisa makanan yang tadi berasal dari usus kecil sehingga pada saat keluar tidak berbentuk cair, dan juga daya regang berguna untuk prosesnya dalam menyarap air hingga air dapat tereabsorbsi dengan baik. 2. Serabut otot longitudinal dalam muskularis eksterna membentuk tiga buah pita, taenia coli, yang menarik kolon menjadi kantong-kantong besar yang disebut haustra. 3. Terdapat katup yang bernama katup ileosekal, katup tersebut merupakan sfungter atau katup sebagai penutup dari usus halus atau berguna sebagai penghalang agar sisa makanan tidak naik ke daerah usus halus. Pada keadaan normal katup ini dalam keadaan tertutup , dan kemudian katup ini akan dapat terbuka ketika pada saat untuk merespon gelombang peristaltik sehingga dapat menyebabkan kimus dapat mengalir 15 ml sekali masuk, untuk total alirannya bisa mencapai 500 ml dalam sehari.

b. 2. Kolon desenden merentang ke bawah pada sisi kiri abdomen dan menjadi kolon sigmoid berbentuk S yang bermuara di rektum. Apendiks verminform. tempatnya memutar ke b awah pada fleksura splenik. Kolon asenden merentang dari sekum dampai ke tepi bawah hati di sebelah kanan dan membalik secara horizontal pada fleksura hepatika. Sekum Sekum merupakan kantong yang tertutup yang menggantung du bawah area katup ileosekal. menonjol dari ujung sekum. Mukosa saluran anal dari kolumna rektal (anal). Rektum ini berakhir pada saluran anal dan membuka ke eksterior di anus. 3. suatu tabung buntu yang sempit berisi jaringan limfoid.Bagian bagian dari usus besar 1. a. b. Kolon transversal merentang menyilang abdomen di bawah hati dan lambung sampai ke tepi lateral ginjal kiri. Rektum Rektum merupakan bagian dari saluran akhir sebelum anus pada pencernaan yang mempunyai panjang 12 sampai 13 cm. yaitu lipatan-lipatan vertikal yang masing-masing berisi arteri dan vena. a. . c. antara lain. Sfingter anal internal otot polos (involunter) dan sfingter anal eksternal otot rangka (volunter) mengitari usus. Kolon ini mempunyai 3 bagian utama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful