DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN Mata Pelajaran Tema Kompetensi Dasar Materi Jenis Media yang dipilih Rancangan Media

Bahan yang Diperlukan : Geografi : Objek Studi Geografi : Menjelaskan Konsep Geografi : Objek studi geografi : Make -A Mach Cards : Membuat Kartu yang berisikan objek studi geografi terbagi menjadi 2 bagian yang meliputi soal dan jawaban. : 1. Karton 2. Gambar yang berhubungan dengan kajian objek studi geografi 3. Sipdol 4. Gunting 5. Lem 6. Spotlight 7. Pensil 8. Laptop 9. LCD Proses Pembuatan : 1. Kertas karton di potong sesuai ukuran yang diperlukan 2. Potong gambar yang telah disiapkan sesuai dengan tema 3. Tempelkan gambar yang telah dipotong pada karton yang telah Disediakan dan dilipat secara tertutup. Penerapan Media dalam : Make A Match Card digunakan sebagai simulasi dalam membentuk konsep Objek studi geografi

Pembelajaran

ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN

Menjelaskan yang akan dilaksanakan siswa selama proses pembelajaran seperti . Bernyanyi bersama sebuah lagu berjudul Rindu aku rindu kamu (Doel Sumbang dan Nini Karlina). Tanya jawab tentang isi lagu berjudul rindu aku rindu kamu yang dihubungkan dengan kajian objek studi geografi. Kegiatan Inti ( 70 MENIT ) a.Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu mampu menjelaskan objek studi geografi dan mengidentifikasi bagianbagian geosfer 2. seperti unsur geografi apa saja yang ada dalam lagu tersebut? b.Siswa akan belajar tentang objek studi geografi menggunakan metode diskusi dengan . KOMPETENSI KEGIATAN DASAR PEMBELAJARAN Menjelaskan 1. Apersepsi dan Motivasi Menyapa siswa dan berdoa Mengecek kehadiran siswa dengan menanyakan yang tidak hadir. Kegiatan pendahuluan( 10 Konsep MENIT) Geografi a.Mata Pelajaran Tema Kelas/Semester N O : Geografi : Objek Studi Geografi : X/1 ALTERNATIF MEDIA YANG MEDIA DIPILIH Make A Mach Make A Mach Cards yang Cards Sederhana sangat sederhana yang dibuat dengan menggunakan kertas HVS yang ditulis dengan tangan.

e.b. c. . Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review.Guru menjelaskan teknik Make A Match yaitu siswa akan diberi kartu berisi pernyataan atau gambar yang berhubungan dengan objek studi geografi. Setiap peserta didik mendapat satu kartu Tiap peserta didik memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang Setiap peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban) Setiap peserta didik yang dapat mencocokkan . f. satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban dan lembar LKS.Guru menjelaskan pada model pembelajaran Make -A Match akan dibagi menjadi 2 zona yaitu zona aman dan zona bahaya. kemudian mencocokan dengan temannya. . Zona aman untuk yang sudah menemukan pasanagan dan zona bahaya untuk siswa yang belum menemukan pasangan. teknik Make -A Match .Jika sudah bertemu pasangan yang sesuai. siswa pindah pada zona aman. d.

Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran (nilai karakter bangsa yang diharapkan: mensyukuri ciptaan Tuhan. 3. i. h. bertanggung jawab). Kegiatan Penutup (10 MENIT) a. bersama-sama siswa menyimpulkan hasil diskusi b. Melaksanakan tes tertulis(soal terlampir) . Klarifikasi dari hasil diskusi siswa. melakukan refleksi tentang kegiatan yang dilakukan hari itu dengan meminta seorang siswa memberikan kesan setelah mengikuti pembelajaran pada pertemuan itu. Setiap siswa berdiskusi kembali dan menyelesaikan beberapa tugas yang terdapat pada LKS dengan bimbingan guru. disiplin. jujur. c.kartunya sebelum batas waktu diberi poin g.