Está en la página 1de 3

Analisa Data No 1.

Hari/Tanggal Data Selasa, DS: 15 November 2011 Pasien mengatakan nyeri pada perut bagian kanan sejak 1 tahun yang lalu. Nyeri timbul saat pasien berbaring/ duduk/ berdiri (P). Nyeri yang dirasakan seperti dipukul/ cenut-cenut (Q). Pada perut bagian kanan atas (R). Skala: 9 (S). Nyeri timbul walaupun perut tidak ditekan (T). Pasien mengatakan nyeri hilang timbul semenjak 1 tahun. Masalah Nyeri kronis Etiologi Penyakit yang diderita. Respon verbal. Respon non verbal. Laporan keluarga.

2.

3.

5.

6.

DO: Pasien terlihat menahan sakit dan memegang perutnya. Pemberian obat ketorolak , Diagnosa Hematozia. Selasa, DS: 15 November Pasien mengatakan BAB darah 1 tahun, dengan encer, dan 2011 berwarna merah segar. DO: Diagnosa keperawatan Anemiagravis dan Hematosezia. Selasa, DS: 15 November Pasien mengatakan tidak nafsu makan, berat badan turun 15 2011 kg, porsi makan porsi. Minum air baik. DO: Pasien hanya menghabiskan porsi makan, nilai albumin 1,98/9 dL. Selasa, DS: 15 November Pasien mengatakan bahwa untuk mandi dan berjalan harus 2011 dibantu oleh orang lain untuk ke kamar mandi. DO: Pasien tampak kesulitan dan lemah untuk berjalan. Selasa, DS: 15 November DO: 2011 Pasien terpasang IV line infuse RL 20 tpm 5 hari.

Eliminasi Bowel

Penyakit diderita.

yang

Ketidakseim bangan nutrisi kurang dari kebutuhan. Defisit perawatan dini: toileting Resiko infeksi:

Kurangnya asupan makanan.

Kelemahan Penyakit yang diderita

Kerusakan jaringan kulit. Prosedur infansif.

No. 1.

Hari/Tanggal Selasa, 22 November 2011

Data DS:

Pasien mengatakan nyeri pada tangan kanan, tangan kiri, muka dan bahu kanan. Nyeri timbul pada saat tersentuh (P), nyeri yang dirasakan cenut-cenut (Q), pada bagian muka, bahu kanan, dan tangan kanan-kiri (R), skala 8 (S), nyeri timbul jika luka tersenggol (T). Diagnosa ruptur tendo pada telapak tangan kanan dan kiri. Fraktur styloid ulna, luka derajat I pada muka dan bahu kanan. Pasien mengatakan bahwa selama 8 hari di RS, pasien hanya 2x BAB dengan konsistensi padat dan berwarna kuning. Perut pasien terasa keras.

Masalah Nyeri akut

DO:

Etiologi Nyeri yang diderita/ penyakit yang diderita. Respon verbal dan non verbal. Agen cereda. Kerusakan jaringan perifer.

2.

Selasa, 22 November 2011

DS:

Gangguan eliminasi Bowel

Penyakit yang diderita.

DO: 3. Selasa, 22 November 2011 DS: DO: 4. Selasa, 22 November 2011 DS: Pasien mengatakan tangan kiri hanya dapat diangkat kaku, tangan kanan hanya dapat diseret/ digeser, kaki dapat Pasien terpasang IV line yang tertutup perban. Tangan kanan dan kiri, muka dan bahu kanan terdapat luka yang ditutup perban. Gangguan mobilitas fisik. Resiko infeksi. Prosedur infansif. Kerusakan jaringan perifer.

Penurunan kendali otot.

bergerak namun 7 hari belum pernah berjalan. DO: 5. Selasa, 22 November 2011 Kedua tangan pasien terpasang perban. DS: Pasien mengatakan bahwa: Tidak dapat ke kamar mandi. Jika akan mandi, BAB dan BAK dibantu oleh suami. Tidak dapat banyak menggerakkan tangan kanan dan kiri. DO: Pasien terpasang perban pada tangan kanan dan kiri, pasien tampak kesakitan saat pergelangan tangan tersentuh. DS: Pasien mengatakan cemas akan bekas luka yang kemungkinan ada diwajah dan tangannya. DO: DS: Keluarga pasien mengatakan bahwa pasien menghabiskan porsi makan dan 4 butir telur. DO: Nilai Albumin pasien 1,88 9/dL (18/11/11) 2,05 9/dL (20/11/11) dan 3,42 9/dL (24/11/11). Defisit perawatan mandi. Defisit perawatan toileting. Gangguan neuro muscular.

diri: diri:

6.

Selasa, 22 November 2011

Cemas.

Penyakit yang diderita.

7.

Selasa, 22 November 2011

Ketidakseimban gan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh.

Kurangnya asupan makanan.