P. 1
narasi

narasi

|Views: 52|Likes:
Publicado porJungZee

More info:

Published by: JungZee on Jan 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2013

pdf

text

original

CONTOH TEKS NARASI

LAHIR di Yogyakarta, 18 Septemberr 1943, Kuntowijoyo sudah bergelut dengan kegiatan tulis-menulis sejak 1958 ketika ia masih duduk di kelas tiga SMP. Cerpen-cerpen awalnya muncul di majalah Sastera dan Horison. Meraih gelar doktor dalam bidang sejarah pada Universitas Columbia (1980) dengan disertasi berjudul Social in An Agrarian Society Madura 1 1 (kini dalam proses penerjemahan ulang untuk diterbitkan dalam edisi bahasa Indonesia), Kunto dikenal sebagai sejarawan sekaligus sastrawan andal. Beberapa karya sastranya sudah dibukukan, di antaranya Dilarang Mencintai Bunga- Bunga (kumpulan cerpen); umput- umput Danau Bento (1968) dan Topeng (1973): naskah drama; Kereta Api yang Berangkat Pagi Hari (1966), Pasar (1972), dan Khotbah di Atas Bukit (1976): novel; Isyarat dan Suluk Awang- wung (kumpulan puisi). Buku-bukunya di bidang sejarah, sosial, dan budaya juga telah terbit, seperti Dinamika Sejarah mat Islam Indonesia (1985); Budaya dan Masyarakat (1987); Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi (1991), dan adikalisme Petani (1993). Tiga di antara sekian banyak cerpennya yang dimuat di Kompas terpilih sebagai cerpen terbaik Kompas dalam tiga tahun berturut-turut, yakni Laki-laki yang Kawin dengan Peri (1995); Pistol Perdamaian (1996); dan Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan (1997). Ketika novel ini dalam prosespenerbitan, Kuntowijoyo yang kini tercatat sebagai Koordinator Mata Kuliah Jurusan Sejarah Fakultas Sastra UGM tengah mempersiapkan naskah pidato untuk upacara pengukuhan dirinya sebagai guru besar tetap pada Fakultas Sastra UGM.

pedesaan. CONTOH TEKS DESKRIPSI "Pemandangan Pantai Parangtritis . kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut" . Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Anak-anak miskin di kota. Sebaliknya di pinggiran kota. Di perkotaan sekolah berlomba-lomba meningkatkan sarana dan prasaran dengan jalan menaikkan pungutan dengan dalil sumbangan pendidikan. dan pedalaman tetap mengalami kesulitan untuk mengakses pendidikan yang layak.CONTOH TEKS ARGUMENTASI Pendidikan gratis hanya janji yang bergema luas saat kampanye dan pemilihan pimpinan daerah maupun pusat. uang gedung. desa.Yogya sangat mempesona. Para siswa harus puas dengan kondisi fasilitas pendidikan yang jauh dari kata layak. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah. Di pantai Parangtritis ini kita bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. di sebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Disore hari. Saat pemilihan usai akan lain ceritanya. dan pedalaman. sekolah tidak bisa mengenakan pungutan kepada orang tua siswa karena tidak ada lagi yang bisa dipungut dari masyarakat. dan lain-lain karena biasanya masyarakat perkotaan lebih memilih sekolah yang mempunyai sarana pendidikan yang baik sehingga mereka tidak akan segan untuk membayar mahal demi memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka.

Ejaan itu dikenal dengan nama ejaan Suwandi karena yang menandatangani peresmian penggunaan ejaan itu seorang menteri bernama Mr. Van Ophuisen atas perintah Pemerintah Hindia Belanda pada waktu itu. tidak terpikirkan hal yang akan ditimbulkannya. tetapi kepedualian seseorang terhadap sampah sangat kurang. yang disusun oleh Prof. kamu sebaiknya menyadari dan memiliki sikap peduli terhadap sampah. Kebersihan adalah hal terpenting dalam kehidupan. Banyak orang yang meremehkan sampah. Ejaan bahasa Indonesia yang berlaku sekarang adalah Ejaan yang Disempurnakan (EYD) yang berlaku sejak tahun 1972 CONTOH TEKS PERSUASI 1. . Tanpa kebersihan. 2. buanglah sampah pada tempat sampah. Beragam bencana pun akan timbul. Sebagai siswa. Dimana .mana terjangkit beragam jenis penyakit yang akan menghantui manusia. Oleh karena itu. Bahkan. Ch. Mula-mula ejaan Van Ophuisen. Walaupun tempat sampah banyak disesidakan.CONTOH TEKS EXPOSISI Ejaan bahasa Indonesia denagn huruf latin sudah beberapa kali mengalami perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan bahasa dan masyarakat pemakainya. marilah kita ciptakan kebersihan dimanapun kita berada. Selanjutnya pada tahun 1947 berlaku ejaan baru utuk bahasa Indonesia . Suwandi. Oleh karena itu. yaitu ejaan resmi untuk bahasa Melayu dengan huruf latin. mungkin dunia kita akan dipenuhi dengan sampah.

You're Reading a Free Preview

Descarga
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->