PACKET TRACER 4.

01
A. PENGENALAN PACKET TRACER 4.01

1. Menu Bar Bagian ini menyediakan File, Pilihan, dan Menu Bantuan. Anda akan temukan perintah basis dasar seperti membuka, menyelamatkan (menyimpan), mencetak, dan Pilihan di dalam menu ini. Anda juga bisa mengakses aktifitas wizard dari Menu File. 2. Bar Alat Utama Bagian ini menyediakan, memerintahkan shortcut icon kepada Menu File, mencakup Aktifitas wizard. Pada sisi kanan, Anda akan temukan juga Tombol Informasi Jaringan [itu], yang mana dapat anda gunakan untuk memasukkan suatu uraian untuk jaringan yang sekarang atau teks manapun yang kamu inginkan. 3. Bar Alat Umum Bagian ini menyediakan akses ke ini, biasanya menggunakan alat workspace: Memilih, memindahkan;Gerakkan Tata ruang, Menempatkan Catatan, Menghapus, Memeriksa, Menambahkan PDU Sederhana, dan Menambahkan PDU Kompleks. Lihat " Workspace Dasar" untuk informasi lebih. 4. Bar Logical/Physical Workspace Anda dapat kotak antara Phisik Workspace dan Workspace Yang logis dengan label pada palang ini. 5. Workspace Area ini adalah di mana anda akan menciptakan jaringan mu, mengamati simulasi, dan memandang macam banyak orang informasi dan statistik. 6. Bar Simulasi Realtime

0. Menujulah terlebih dahulu ke kotak pemilihan jenis alat kemudian pilihlah alat yang ingin digunakan. Langkah dari pembuatannya adalah segagai berikut : 1. Pemilihan Kotak alat yang spesifik akan berubah tergantung jenis alat yang anda gunakan. 8. Kotak Pemilihan Jenis Alat Kotak ini berisi jenis alat dan koneksi Paket tersedia 4. Menggunakan Paket Window Yang Diciptakan Bagian ini mengatur paket yang kamu taruh pada jaringan selama skenario simulasi.Dalam bagian ini anda mendapat kotak Gaya Simulasi Dan Gaya Realtime dengan label ini. Misalnya akan memilih computer. 7. B. Kotak Komponen Jaringan Kotak ini adalah di mana anda memilih alat dan koneksi untuk menaruh ke workspace. 2. kliklah gambar computer yang berada pada kotak komponen jaringan lalu bawa ke workspace. Itu berisi jenis alat Kotak Pemilihan dan Pemilihan kotak alat yang spesifik. 10.Setelah computer telah berada pada kotak workspace silahkan mengulang kangkah 1 untuk meletakkan computer lebih dari satu. Berikut adalah cntoh penggunaan dari program Packet Tracer ini : Dari gambar diatas dapat dilihat di dalam workspace terdapat gambar rancangan dari system komunikasi / connecting computer menggunakan HUB & Switch. Kotak Alat Pemilihan Spesifik Kotak ini adalah di mana/jika anda memilih secara rinci alat yang mana yang jaringannya ingin anda taruh dan koneksi yang mana untuk membuatnya. Lihat mode Simulasi untuk bagian yang lebih detail. 9. .

6. 7. anda dapat menuju pada kotak pemilihan jenis alat. (lihat gambar di bawah). 4. lalu klik bagian yang bergambar seperti petir dan pilihlah kabel yang sesuai untuk HUB ataupun SWITCH yaitu kabel straight – cross ( copper straight – through ). .Untuk menghubungkan HUB ataupun SWITCH dengan beberapa computer ulangilah langkah no.(lihat gambar dibawah) 5. anda dapat memilih HUB ataupun SWITCH untuk mengkoneksikan computer yang satu dengan computer yang lainnya.Untuk pemilihan kabel.3.Kemudian setelah mengklik kabel yang telah dipilih yaitu kabel straight – cross ( copper straight – through ).Kemudian pada langkah yang ke 3 ini.Kemudian setelah computer dan HUB ataupun SWITCH telah berada pada workspace maka sekarang anda dapat memilih kabel yang sesuai untuk menghubungkan / mengkoneksikan computer satu dengan computer yang lainnya. lalu arahkan terlebih dahulu kabel ke SWITCH atau HUB kemudian barulah dihubungkan kesalah satu computer yang telah ada pada workspace. 6.

HUB dihubungkan dengan SWITC itu menandakan agar computer yang dikoneksikan dengan HUB agar dapat mengirim sesuatu ke computer lain yang dikoneksikan dengan SWITCH. (perhatikan gambar di bawah) . Setinglah terlebih dahulu IP Address seluruh computer yang ada pada workspace dengan cara: a.Kemudian pilih config. Setelah selesai mengkoneksikan computer tersebut maka simulasinya dapat dilihat dengn cara sebagai berikut : 1. 002.8. yang ada pada menu bar kotak edit PC.168. b. Kemudian isilah kolom IP addressnya dengan mengetik : (192. dan seterusnya. Kliklah 2X gambar computer yang ada pada workspace kemudian akan muncul kotak edit PC. ….Lalu pilih FastEthernet.) Titik-titik paling belakang dalam penomoran IP address dapat diisi dengan nomor sesuai dengan keinginan misalnya. 001. (lihat gambar di bawah) d.Seperti contoh gambar yang ada pada gambar Packet Tracer tersebut. c.0.

4. 5.Setelah memilih simulation akan muncul simulation panel dan dalan simulation panel ada tulisan auto capture/ play. Kemudian kluarlah dari kotak Edit PC. dan siap untuk disimulasikan.Menujulah ke bar alat umum dan pilihlah yang bergambarkan seperti amplop surat yang tertutup. 2. 6.Maka akan terlihat simulasi yang terjadi. 3.Dan untuk melihat simulasinya anda dapat menuju ke Bar Simulasi Realtime dan pilihlah simulation. Kemudian klik amplop tersebut dan arahkan ke salah satu computer manapun.Lalu setelah itu ulangi langkah 1 dan arahkan amplop ke computer yang lain.e. . 7. kliklah itu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful