Está en la página 1de 5

A.

Pengertian Smart TV ( TV Pintar )


"TV pintar" istilah pertama kali digunakan oleh Samsung kembali pada tahun 2011 dan telah banyak diadopsi oleh produsen TV lainnya. Satu-satunya pengecualian adalah Sony, yang menyebut korban yang setara, TV internet. Tapi apa sebenarnya adalah TV pintar? Secara konseptual, panel ini cerdas seperti smartphone dengan aplikasi (app) dukungan, yang memungkinkan konsumen untuk menonton video, browsing Internet, bermain game dan melakukan lebih banyak pada layar besar.

B. Perkembangan Smart TV
Sebuah paten pertama diajukan pada tahun 1994 dan diperpanjang tahun berikutnya. Sebuah" cerdas "sistem televisi dihubungkan dengan sistem pengolahan data dengan menggunakan jaringan digital atau analog. Selain yang terkait dengan Data Networks, salah satu titik kunci adalah kemampuannya untuk secara otomatis men-download perangkat lunak yang diperlukan rutinitas sesuai dengan permintaan pengguna dan memproses kebutuhan mereka. Sebuah TV pintar, yang juga kadang-kadang disebut sebagai TV yang terhubung atau TV hybrid, (tidak harus bingung dengan IPTV , Internet TV , atau dengan Web TV ), adalah frase yang digunakan untuk menggambarkan kecenderungan integrasi Internet dan Web 2.0 fitur ke televisi dan set-top box , serta konvergensi teknologi antara komputer dan ini televisi / set-top box. Para perangkat memiliki fokus tinggi pada secara online media interaktif , TV Internet ,

over-the-top konten , serta on-demand streaming media , dan kurang fokus pada tradisional siaran media yang dibandingkan tradisional televisi dan set-top box .Mirip dengan bagaimana Internet, widget web , dan aplikasi perangkat lunak yang terintegrasi di modern smartphone , nama "TV pintar" ini mirip dengan "ponsel pintar". "Smart TV" s: 1. Memberikan konten dari komputer lain atau jaringan terpasang penyimpanan perangkat pada jaringan seperti foto, film dan musik baik menggunakan Living Network Alliance Digital / Universal Plug and Play server media atau program layanan serupa seperti Windows Media Player atau Jaringan-attached storage (NAS), atau melalui iTunes . 2. Menyediakan akses ke layanan berbasis Internet, termasuk saluran TV siaran tradisional, catch-up layanan , video-on-demand , panduan program elektronik , iklan interaktif, personalisasi, suara, permainan, jaringan sosial , dan aplikasi multimedia lainnya.

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, merek TV banyak juga memperkenalkan aplikasi jarak jauh yang kompatibel dengan perangkat iOS dan Android. Dua highlights dari aplikasi ini remote pelaksanaannya dari keyboard dan touchpad perangkat lunak untuk input teks lebih mudah dan navigasi app dibandingkan dengan remote tradisional. Sementara itu, LG ante up dengan motion-sensing controller Sihir jauh digambarkan di atas, sementara Samsung mendukung suara-dan pengenalan wajah.

c. Fitur-fitur Smart TV
1. Magic Remote

Pointing : Hanya "tunjuk" dan "klik" - Kemudahan Magic Motion untuk Smart TV Anda Gesture : Lakukan gerakan simpel pada Magic Motion Anda untuk melakukan perintah khusus dan mempersingkat waktu. Wheel : Lakukan gerakan Scroll naik dan turun seperti "mouse"

2. Search

Selamat datang di Universal Search dengan hanya mengetik kata kunci dari konten yang Anda inginkan. Universal Search akan mencari VOD konten, video online dari Youtube dan materi siaran yang ada.

3. Home Dashboard

Home dashboard baru dari LG Smart TV datang dengan desain yang lebih dinamis, simpel, dan memberikan banyak ruang untuk improvisasi.

4. Smart Share Plus Smart Share Plus memudahkan Anda dalam berbagi konten dan perangkat eksternal seperti Smartphone, Tablet, Laptop dengan menggunakan jaringan Wi-Fi. Anda juga dapat

menyaksikan tayangan TV di perangkat Anda dengan fitur ini.

5. K-POP Zone

Jika Anda adalah K-Pop Lovers, LG akan memenuhi kebutuhan Anda dengan aplikasi K-Pop Zone. K-Pop Zone memberikan Anda konten eksklusif dari konser, interview, K-Pop show yang tidak dapat Anda temukan dimanapun selain di aplikasi ini.

6. Skype

Dengan Skype di LG Smart TV, Anda dapat melakukan Video Call dengan orang-orang tercinta dan berbagi momen-momen istimewa Anda dengan mereka.

7. Social Center

Social Center/SNS memberikan fitur dimana Anda dapat menggunakan aplikasi jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sambil menonton TV. Pengalaman ini akan seperti menyaksikan TV bersama teman Anda, dimanapun mereka berada.

8. Premium Content

Premium Content yang kini berbentuk "Card" mengkategorisasikan konten-konten yang paling populer dan cocok dengan portal TV. Nikmati konten-konten tersebut kapan saja dimana saja.

D. Manfaat Smart Tv
Dengan ditemukannya smart tv, manusia menjadi semakin lebih dimanjakan dan dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan mereka terutama dalam hal meng-entertaint. Smart tv memiliki banyak manfaat, yaitu: 1. Untuk Mencari informasi dalam mencari informasi 2. Hiburan. Tingkat entertaintnya lebih tinggi karena dilengkapi dengan resolusi layar yang luar biasa tinggi sehingga sangat memanjakan mata para penggunanya 3. Memberikan konten dari komputer lain atau jaringan terpasang penyimpanan perangkat pada jaringan seperti foto, film dan musik baik menggunakan Living Network Alliance Digital / Universal Plug and Play server media atau program layanan serupa seperti Windows Media Player atau Jaringan-attached storage (NAS), atau melalui iTunes . 4. Menyediakan akses ke layanan berbasis Internet, termasuk saluran TV siaran tradisional. 5. Sarana komunikasi yang lebih bagus karena dilengkapi dengan skype sehingga dapat komunikasi secara audio dan visual

E. Kelebihan Smart TV
Smart tv Memiliki berberapa kelebihan, yaitu : 1. memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi (kadang-kadang tersedia melalui 'app store' distribusi digital Platform ), interaktif on-demand media, komunikasi pribadi, dan jaringan sosial fitur 2. Layanan menawarkan pengguna sarana untuk melacak dan menerima pengingat mengenai acara favorit atau acara olahraga , serta kemampuan untuk mengubah saluran untuk melihat langsung. 3. Memiliki resolusi gambar yang besar dan jernih dan tidak merusak mata 4. Memiliki banyak fitur-fitur yang menarik dan multifungsi 5. Perangkat Smart TV memfasilitasi penanggulangan konten tradisional dengan menggabungkan informasi dari Internet dengan konten dari Penyedia TV 6. Televisi yang memiliki webcamp untuk sosial media dengan kemampuan visual dan audio 7. Dapat menyimpan berbagai file-file pribadi seperti: foto,video,dll

F. Kekurangan Smart TV
Smart tv ini pun ternyata memiliki beberapa kekurangan, yaitu : 1. Harganya yang mahal sehingga hanya kalangan tertentu saja yang dapat memilikinya 2. Bobotnya yang besar mengakibatkan smart tv ini membutuhkan ruang yang lebih besar agar lebih comform dalam menikmatinya 3. Perangkat-perangkatnya yang masih langkah sehingga apabila rusak susah untuk merepairnya. Nama : Yohanes Clinton Sihombing NoBp : 12101152610247