Disusun Oleh

1.Boy chandra Ginting 2.Indra prima hasyim 3.Mustapa alihasmi Siregar

 Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) merupakan salah satu pembangkit listrik yang menggunakan energi terbarukan berupa air. Salah satu keunggulan dari pembangkit ini adalah responnya yang cepat sehingga sangat sesuai untuk kondisi beban puncak maupun saat terjadi gangguan di jaringan. . Berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai pembangkit listrik tenaga air serta keberadaan potensi energi air yang masih belum digunakan. pembangkit listrik tenaga air ini juga telah ada sejak dahulu kala. Selain kapasitas daya keluarannya yang paling besar diantara energi terbarukan lainnya.

 Sistem tenaga air mengubah energi dari air yang mengalir menjadi energi mekanik dan kemudian biasanya menjadi energi listrik. Energi yang dibangkitkan dapat digunakan secara langsung. . Air mengalir melalui kanal (penstock) melewati kincir air atau turbin dimana air akan menabrak sudu-sudu yang menyebabkan kincir air ataupun turbin berputar. perputaran turbin menyebabkan perputaran poros rotor pada generator. disimpan dalam baterai ataupun digunakan untuk memperbaiki kualitas listrik pada jaringan. Ketika digunakan untuk membangkitkan energi listrik.

.

Kapasitas beberapa pembangkit energi listrik tenaga air .

Generator di PLTA bekerja seperti halnya generator pembangkit listrik lainnya. .  Jalur Transmisi. gaya jatuh air yang mendorong baling-baling menyebabkan turbin berputar. Selain menyimpan air.  Generator. berfungsi menaikkan permukaan air sungai untuk menciptakan tinggi jatuh air. Turbin air kebanyakan seperti kincir angin. Generator selanjutnya merubah energi mekanik dari turbin menjadi energi elektrik. dengan menggantikan fungsi dorong angin untuk memutar baling-baling digantikan air untuk memutar turbin.Komponen PLTA  Bendungan. dihubungkan dengan turbin melalui gigi-gigi putar sehingga ketika baling-baling turbin berputar maka generator juga ikut berputar. bendungan juga dibangun dengan tujuan untuk menyimpan energi  Turbine. berfungsi menyalurkan energi listrik dari PLTA menuju rumah-rumah dan pusat industri. Selanjutnya turbin merubah energi kenetik yang disebabkan gaya jatuh air menjadi energi mekanik.

.

air jatuh dengan jarak dua satuan maka akan menghasilkan dua satuan energi lebih banyak  Jumlah air yang jatuh. Dengan kata lain. Semakin tinggi suatu bendungan.Besarnya listrik yang dihasilkan PLTA tergantung dua faktor  Berapa besar air yang jatuh. tinggi air jatuh tergantung tinggi dari suatu bendungan. Ilmuwan mengatakan bahwa tinggi jatuh air berbanding lurus dengan jarak jatuh. Jumlah air yang tersedia tergantung kepada jumlah air yang mengalir di sungai. Semakin tinggi air jatuh. Semakin besar sungai akan mempunyai aliran yang lebih besar dan dapat menghasilkan energi yang banyak. Semakin banyak air yang jatuh menyebabkan turbin akan menghasilkan tenaga yang lebih banyak. maka semakin besar tenaga yang dihasilkan. Biasanya. Tenaga juga berbanding lurus dengan aliran sungai. semakin tinggi air jatuh maka semakin besar tanaga yang dihasilkan. Dua kali sungai lebih besar dalam mengalirkan air akan menghasilkan dua kali lebih banyak energi .

THANK’S .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful